Connect with us
close

Virtual.co.id

22 Kebiasaan Penyebab Gemuk yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

22 Kebiasaan Penyebab Gemuk yang Perlu Diwaspadai

Banyak orang begitu khawatir akan kondisi tubuhnya yang gemuk tapi tidak terlalu sadar atau bahkan ingin mengubah kebiasaan penyebab gemuk yang paling umum. Untuk dapat mengatasi masalah obesitas atau kegemukan, Anda harus tahu betul kebiasaan-kebiasaan apa saja yang biasa dilakukan dan mampu memicu gemuk.

Berat badan meningkat bisa terjadi dikarenakan oleh banyak hal dan kebiasaan, jadi bila ingin jarum timbangan segera mengarah ke kiri tanda bobot tubuh menurun, kebiasaan penyebab gemuk berikut dapat diperhatikan.

Kebiasaan Penyebab Gemuk, Kebiasaan Dampak Penyebab Gemuk, Kebiasaan Penyebab Tubuh Gemuk

1. Ngemil

kebiasaan penyebab gemuk  yang pertama yakni ngemil, cara menaikkan berat badan dengan cepat karena kalori akan meningkat secara pasti. Ngemil yang dilanjutkan dengan tidur adalah kebiasaan yang sangat membantu bagi orang-orang yang ingin cepat gemuk, tapi tidak bagi yang ingin memiliki tubuh ideal. Hindari ngemil berlebihan atau ngemil makanan-makanan yang tak sehat sehingga tak terjadi obesitas.

2. Makan Berdasarkan Emosi

Demi melupakan segala stres, kecemasan, dan juga depresi, serta menghindari segala masalah yang ada, banyak orang memilih untuk makan. Bahkan ada sebuah perkiraan di mana 75 persen orang justru makan karena memang tengah emosi. Hati-hati, sadari apa yang Anda lakukan ketika sedang emosi dan jauhi makan banyak sebagai pelampiasannya.

3. Sering Merasa Bosan

Priory Group di Inggris pernah melakukan survey dan akhirnya memperoleh hasil di mana orang-orang yang makan rupanya jauh lebih banyak saat mereka merasa bosan dan tidak ada kerjaan. Makan di sini adalah pelampiasan rasa bosan dan bukan karena memang lapar.

4. Mengabaikan Timbangan

Diketahui dari hasil studi Universitas Minnesota, mereka yang sangat sadar dan bahkan peduli timbangan justru adalah yang mampu menurunkan bobot tubuh per tahunnya sampai 12 pon. Sementara itu, bagi yang tidak peduli akan timbangan memang tetap turun, tapi per tahunnya hanya 4 pon.

Loading...

5. Menonton TV

Kegemukan juga bisa didorong oleh kebiasaan menonton TV terlalu lama. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Harvard Universitu bahwa mereka yang dalam sehari bisa menonton TV 2 jam lebih akan meningkatkan risiko terkena obesitas ketimbang mereka yang sehari hanya menonton TV ½ jam saja.

6. Mengonsumsi Junk Food

junk food dan makanan cepat saji  mengandung lemak jenuh tinggi adalah junk food, berikut juga dengan kadar garam serta lemak trans super tinggi.

7. Makan Terlalu Cepat

Ketika seseorang hidup di dalam suatu keadaan dan lingkungan serba cepat di mana waktu adalah uang, maka kemungkinan orang-orang tersebut tak akan santai ketika waktunya makan. Makan yang terlalu cepat hanya akan membuat Anda cepat lapar kembali. Inilah salah satu alasan mengapa tak berapa lama kemudian seseorang memutuskan untuk ngemil.

8. Jarang atau Kurang Olahraga

Bagi orang yang benar-benar sibuk dengan jadwal pekerjaan yang padat, seketika ada waktu luang, maka akan mereka pergunakan sebaik mungkin hanya untuk bersantai. Namun, malas berolahraga juga bisa menjadi kebiasaan buruk dan menyebabkan kegemukan. Melakukan peregangan saja tidak akan membutuhkan waktu banyak bila Anda memiliki niat.

9. Melewatkan Makan Pagi

Melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan bagi beberapa orang, tapi makanan amat dibutuhkan oleh metabolisme tubuh kita. Ketika menahan lapar, hormon ghrelin bakal terproduksi lebih banyak dan karena hormon inilah rasa lapar terus menghantui.
Sementara itu, hormon yang tubuh butuhkan sebetulnya adalah hormon leptin di mana rasa kenyang sebetulnya terstimulasi dari hormon ini. Saat rasa lapar yang dialami terlalu berlebihan, otomatis makanan yang dikonsumsi pun menjadi berlebihan, khususnya di siang hari.

10. Minum Minuman dengan Kandungan Kalori Tinggi

Kebiasaan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kalori tinggi sebaiknya mulai dihindari jika tak ingin menjadi gemuk. Contoh minuman yang berkalori tinggi adalah minuman bersoda, minuman berkafein yang ditambah dengan whip cream (terbuat dari putih telur).

Baca Juga 16 Dampak Penyebab Penyakit Eksim Kering Menahun

Selain 10 kebiasaan penyebab gemuk, ada  12 kebiasaan lainnya yang perlu anda ketahui berikut ini:

12 Kebiasaan Penyebab Gemuk Lainnya

11. Kurang Minum
12. Makan setelah Makan Malam
13. Kurang Tidur
14. Saat Makan Tidak Fokus
15. Makan Apa Saja
16. Belanja ketika Lapar
17. Makan dengan Banyak Sekali Suap
18. Memiliki Teman-teman Gemuk
19. Tidak Menyadari Lemak maupun Kalori
20. Mengenakan Pakaian yang Tak Nyaman
21. Konsumsi Makanan dengan Label Rendah Lemak
22. Hipertiroid

Kebiasaan penyebab gemuk tersebut kiranya bisa Anda hindari mulai sekarang jika memang merasa sering melakukannya. Upayakan pola hidup sehat plus seimbang agar tidak mudah gemuk apalagi sampai terkena penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top