Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Kebiasaan Hal Penyebab Kegemukan yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

19 Kebiasaan Hal Penyebab Kegemukan yang Perlu Diwaspadai

Beberapa orang mengeluh karena kegemukan juga bisa menjadi sumber penyakit. Tubuh ideal sebenarnya tak hanya didambakan oleh para wanita saja, para pria pun tentu menginginkan tubuh yang bagus dengan berat yang sesuai. Masalahnya, lebih banyak orang yang naik berat badan dengan mudah ketimbang yang sulit.

Berat badan tak bakal naik dengan begitu saja karena pada dasarnya tak mungkin terjadi tanpa alasan. Kelebihan kalori memang adalah penyebab dibalik kegemukan atau obesitas, tapi tentunya hal ini tak bakal terjadi kalau tidak dipicu oleh kebiasaan penyebab kegemukan seperti yang ada di bawah ini.

Kebiasaan Penyebab Kegemukan, Kebiasaan Hal Penyebab Kegemukan, Kebiasaan Penyebab Obesitas

1. Stres

Kebiasaan penyebab kegemukan yang pertama yakni stress, Stres bisa berpengaruh cukup besar terhadap pola makan seseorang. Nafsu makan bisa saja tiba-tiba menjadi naik saat sedang stres yang diakibatkan adanya produksi lebih hormon kortisol. Makan banyak biasanya juga menjadi cara menghindari stresbagi beberapa orang yang padahal itu hanya pelampiasan saja.

2. Tidak Makan pada Waktunya

Makan sebanyak-banyaknya di waktu siang akan membantu mereka merasa kenyang hingga malam. Cara ini termasuk tidak benar karena tingkat metabolisme tubuh dapat dipengaruhi oleh cara ini sehingga menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Makan sesuai waktunya adalah yang paling baik dan dianjurkan demi menghindari penumpukan lemak tersebut.

3. Kurang Asupan Air Putih

Dehidrasi, gangguan pencernaan juga kegemukan bisa mengancam ketika Anda memiliki kebiasaan jarang minum air putih. Air putih juga adalah cara ampuh bagi Anda untuk menyerap lemak sekaligus mencerna makanan sehingga bakal mencegah penumpukan lemak dan kelebihan kalori di dalam tubuh.

4. Sering Makan di Luar

Makan di luar sebaiknya dikurangi karena jumlah kalori pada makanan yang dibeli kita tidak pernah tahu. Biasanya, makanan di luar justru bergaram, berkolesterol, berkalori dan berlemak tinggi sehingga gampang meningkatkan berat badan, maka dari itu makan makanan rumah selalu yang paling baik.

Loading...

5. Diet Soda

Pada minuman soda yang menjanjikan turunnya berat badan tersebut justru diketahui memiliki kandungan pemanis buatan yang bisa berbahaya bagi tubuh. Karena seseorang menganggap minuman soda diet ini lebih aman, maka akan ada kecenderungan untuk minum lebih banyak. Itulah yang akhirnya menjadikan pengonsumsinya malah meningkatkan berat badannya sendiri.

6. Malas Olahraga

Jarang berolahraga ditambah pola makan yang tak sehat hanya akan membuat risiko kegemukan meningkat. Jangan biasakan untuk berdiam diri apalagi bermalas-malasan sambil ngemil saja, tapi mulailah untuk berolahraga yang paling tidak dengan melakukan peregangan 10 menit setiap hari atau berjalan-jalan di sekitar rumah.

7. Olahraga Berlebihan

Ada bahaya olahraga yang berlebihan dan selain bisa mencederai tubuh kita sendiri, ada juga risiko kegemukan yang dipicunya. Olahraga berlebihan yang dimaksud di sini adalah olahraga seminggu sekali tapi dengan waktu 3-4 jam secara langsung. Hal tersebut tidaklah baik dan perlu dihindari.

8. Makan Terlalu Cepat

Makan yang terlalu cepat menjadikan seseorang menjadi lebih cepat gemuk. Makanlah dengan lambat (tak perlu terlalu lambat) dan santai sambil menikmati benar-benar makanan Anda. Cara dan kebiasaan makan lambat akan membuat perut kenyang lebih cepat. Mengunyah makanan dengan cepat justru hanya akan membuat lemak susah untuk dicerna di dalam tubuh.

9. Mengonsumsi Makanan dengan Kadar Lemak Rendah

Makanan rendah lemak yang ada di pasaran justru biasanya malah kaya akan pemanis buatan. Jadi, hindarilah mulai dari sekarang kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman yang dikatakan rendah lemak. Untuk lebih amannya, selalu konsumsi rutin madu murni (2 sendok makan) setiap hari untuk membantu menjaga berat badan tetap ideal.

10. Melakukan Diet yang Salah

Setiap orang memiliki kebutuhan diet yang berbeda-beda sehingga memang ada yang cocok dengan diet ini dan ada yang tidak cocok. Daripada menentukan sendiri jenis diet seperti apa yang perlu Anda lakukan, sebaiknya langsung ke pakar gizi untuk berkonsultasi. Diet yang salah bisa-bisa malah menjadi penyebab obesitas.

Baca Juga 22 Kebiasaan Penyebab Gemuk yang Perlu Diwaspadai

Selain 10 kebiasaan penyebab kegemukan di atas, adapula 9 kebiasaan lainnya yang perlu anda ketahui, di antaranya:

11. Kurang Tidur
12. Mengonsumsi Makanan yang Salah di Waktu yang Tak Tepat
13. Minum Obat Antidepresan
14. Mengonsumsi Minuman Manis
15. Hobi Ngemil
16. Tidak Teraturnya Porsi Makan
17. Kebanyakan Tidur
18. Tidur setelah Makan
19. Melakukan program diet tanpa di awasi oleh ahli gizi

Itulah serangkaian kebiasaan penyebab kegemukan yang cukup meresahkan meski memang sulit untuk berhenti dari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Ubahlah gaya hidup dan kebiasaan yang kurang sehat tersebut. Perhatikan kesehatan Anda karena kegemukan mampu menjadi pelopor bagi penyakit penyakit kronis untuk menyerang tubuh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top