Connect with us
close

Virtual.co.id

Kebiasaan Sehat Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Uncategorized

Kebiasaan Sehat Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Mungkin selama ini kita kurang memperhatikan gigi karena ukurannya yang kecil dan sepertinya kuat. Tapi, anggapan kita itu salah, kesehatan dan kebersihan gigi adalah hal penting yang harus kamu jaga setiap hari. Apa yang terjadi jika gigi berlubang dan menimbulkan rasa sakit? pasti kamu sulit makan atau minum. Untuk itu, kamu harus menjalankan kebiasaan sehat mencegah gigi berlubang.

Cara mencegah gigi berlubang adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Ingat, jangan kebanyakan makanan asam dan manis, karena memberikan efek buruk terhadap gigi. Asam secara perlahan dapat mengikis dan membuat lubang pada gigi. Apabila gigi sudah berlubang dan tidak memperoleh perawatan yang tepat, bisa terjadi infeksi  bahkan lebih berbahaya lagi.

Namun, jika kamu ingin berusaha ada cara mudah untuk mencegah munculnya masalah pada gigi, terutama infeksi bakteri. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan secara rutin untuk mempunyai gigi sehat tanpa gangguan.

8 Kebiasaan Sehat Mencegah Gigi Berlubang

Sikat gigi 2 kali sehari
Setiap hari usahakan untuk menyikan gigi 2 kali sehari. Di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Langkah ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang menimbulkan karang gigi. Selain itu juga membuatmu terhindar dari masalah lain pada mulut seperti penumpukan plak gigi dan gusi bengkak. Meski nampak sepele, tapi harus selalu dilaksanakan. Jika tidak, sama saja kamu membiarkan bakteri hidup pada sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan gusi.

Berkumurlah sehabis makanan manis
Kandungan gula dalam makanan manis bisa merusak gigimu dan membentuk lubang. Cara untuk mencegah gigi berlubang adalah dianjurkan untuk berkumur menggunakan air bersih setelah mengkonsumsi makanan manis. Terutama, makanan ringan, minuman manis atau permen.

Jangan konsumsi selain air putih sebelum tidur
Usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman manis atau minuman selain air putih sebelum tidur. Sebab, minuman yang mengandung gula dan konten buatan dapat membuat gigi rentan terhadap infeksi bakteri. Ingatlah kebiasaan sehat mencegah gigi berlubang ini agar gigimu sehat dan kuat walau sudah tua sekalipun.

Loading...

Periksakan gigi secara rutin
Periksakan gigi secara rutin termasuk kebiasaan sehat mencegah gigi berlubang. Banyak orang yang melupakan hal ini, entah itu karena kesibukan ataukah karena malas bertemu dokter. Setidaknya, konsultasi dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Setelah gigi pertama anak-anak keluar bawalah ke dokter gigi.

Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride
Flouride merupakan mineral mempunyai fungsi untuk mencegah kerusakan gigi, yang bisa dimanfaatkan secara internal maupun eksternal. Secara internal kamu bisa memperoleh flouride dari makanan laut. Sedangkan secara eksternal, kamu bisa mendapatkannya melalui pasta gigi yang kamu gunakan. Untuk itu, pastikan pasta gigimu mengandung flouride, kamu bisa membaca kandungannya pada kemasan.

baca juga : Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Diet sehat
Diet sehat sangat merupakan kebiasaan sehat mencegah gigi berlubang. Karena makanan yang kamu konsumsi setiap hari adalah sayur dan buah, kandungannya baik untuk kesehatan gigi. Selain itu, susu dan produk olahannya juga mempunyai protein dan kalsium di dalamnya. Makanan laut, telur, ayam, kacang-kacangan dan biji-bijian juga memperkuat enamel gigi.

Lakukan perawatan khusus setelah mengkonsumsi karbohidrat
Setelah kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat entah itu nasi, roti, soda kue, keripik dan lainnya segera lakukan perawatan khusus. Berkumur dengan air bersih atau obat kumur dapat membersihkan gigimu dari sisa-sisa makanan yang menimbulkan plak.

Gosok gigi setelah minum obat cair
Kebisaan sehat mencegah gigi berlubang tak kalah pentingnya adalah menggosok gigi setela meminum obat cair. Sebagian besar obat cair mempunyai kadar gula tinggi, jadi tidak baik jika dibiarkan. Terlebih lagi untuk anak-anak yang menderita asma yang diberi inhaler harus berkumur menggunakan air setelah pengobatan.

Ingatlah semua kebiasaan sehat mencegah gigi berlubang di atas. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika kamu mengalami sakit gigi, segera atasi dengan obat sakit gigi berlubang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top