Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Kebiasaan Penyebab Usus Buntu yang Wajib dihindari

Uncategorized

6 Kebiasaan Penyebab Usus Buntu yang Wajib dihindari

Usus merupakan salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh karena fungsinya untuk mencerna makanan yang masuk menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh bagian tubuh. namun tidak jarang pula karena pola hidup yang tidak sehat usus sering terkena gangguan salah satunya usus buntu. Banyak hal yang menjadi penyebab penyakit ini. Bahkan banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kebiasaan tahan kentut jadi penyebab usus buntu.

Usus buntu merupakan kondisi dimana bagian usus buntu atau apendiks mengalami pembengkakan atau peradangan. Apendiks merupakan organ kecil berbentuk tabung berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung dengan usus besar.

Penyakit usus buntu ini merupakan salah satu penyakit yang paling banyak di derita oleh seseorang. Keadaan yang begitu parah membuat seseorang yang menderitanya harus menentukan pilihan operasi dengan biaya yang tidak murah. Padahal penyebabnya pun dapat di sebabkan oleh hal yang sangat sepele seperti kebiasaan tahan kentut jadi penyebab usus buntu. Berikut ini merupakan kebiasaan – kebiasaan lain yang dapat menyebabkan usus buntu dan jarang di ketahui orang.

Tahan Kentut Jadi Penyebab Usus Buntu, Tahan Kentut Jadi Penyebab Penyakit Usus Buntu, Kebiasan Penyebab Usus Buntu

1. Tahan kentut

Jika kamu ingin mengeluarkan gas atau kentut, segera keluar ruangan atau ke kamar mandi. Memang benar kentut merupakan hal yang memalukan bagi orang namun kebiasaan kentut jadi penyebab usus buntu. Kentut merupakan gas yang terdapat dalam organ pencernaan yang harus segera dikeluarkan, apabila tidak maka akan menyebabkan dinding usus tipis sehingga timbullah penyakit usus buntu.

2. Makan sembarangan

Usus buntu juga mungkin disebabkan oleh bakteri berbahaya seperti salmonela dan E.Coli. Bakteri ini biasanya hinggap di makanan yang tidak higenis dan tidak terjaga kebersihannya hingga masuk kedalam tubuh ketika kita memakannya. Oleh sebab itu selalu pilih makanan yang higenis dan terjaga kebersihannya agar terhindar dari penyakit usus buntu ini karena debu dan polusi akan menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit berbahaya.

3. Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar menggunakan arang juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan usus buntu. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dalam arang akan menyerap pada makanan. Selain itu makanan yang dibakar langsung menggunakan arang mengandung karsinogen yang tinggi sehingga memicu timbulnya kanker di dalam usus buntu. Oleh sebab itu kurangi makanan makanan yang dimasak dengan cara dibakar.

Loading...


4. Suka daging unggas

Jika mengonsumsi makanan jenis unggas dari ternak yang wajar tidaklah menjadi masalah. Namun apabila unggasnya sering mengalami penyuntikan bahan kimia maka akan sangat berbahaya. Memang benar unggas yang disuntik dengan vaksin akan menyebabkan unggas lebih besar dan sehat, namun apabila unggas tersebut dikonsumsi oleh manusia akan menyebabkan bahaya termasuk usus buntu.

5. Suka mengonsumsi daging instan

Bahan makanan instan memang cenderung lebih berbahaya daripada yang masih murni. Tidak terkecuali daging instan dengan kemasan. Memang benar, daging instan tampak segar dan bersih, namun ternyata daging instan tersebut banyak mengandung pengawet dan perasa tambahan buatan pabrik. Apabila makanan tersebut terus dikonsumsi akan menyebabkan kerusakan pada bagian – bagian tubuh bahkan akan memicu timbulnya kanker.

6. Banyak makan gorengan

Gorengan memiliki zat berbahaya yang di sebut dengan karsinogen. Zat tersebut merupakan pemicu utama timbulnya kanker pada manusia. Selain itu zat ini dapat merusak seluruh bagian tubuh. oleh sebab itu seseorang yang sering mengonsumsi gorengan akan memiliki risiko munculnya kanker usus buntu lebih besar. Sebaiknya pilihlah makanan yang diolah dengan cara direbus karena selain tidak mengurangi nutrisinya, makanan yang direbus lebih sehat karena tidak ditambahkan bahan berbahaya.

Baca Juga 7 Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan Pada Penyakit Angin Duduk

Itulah 6 kebiasaan penyebab usus buntu yang harus di hindari. Hal – hal tersebut merupakan hal yang tidak begitu diperhatikan. Padahal akibatnya bisa sangat fatal bagi kesehatan. Misalnya saja dengan kebiasaan tahan kentut jadi penyebab penyakit usus buntu. Kebanyakan orang pasti akan menahannya karena akan merasa malu apabila sampai berbunyi suara kentut. Namun tindakan ini bukanlah hal yang benar. Sebaiknya segera cari tempat yang sepi atau kamar mandi untuk melepaskan kentutnya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top