Connect with us
close

Virtual.co.id

Ketahui Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Uncategorized

Ketahui Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar glukosa dalam darah karena proses metabolisme tubuh, sehingga pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk tubuh. Glukosa adalah salah satu zat terpenting bagi tubuh, yakni menghasilkan energi untuk otot dan jaringan tubuh. Apabila tubuh kelebihan jumlah glukosa juga berakibat tidak baik dan berpengaruh pada organ-organ dalam tubuh.

Beberapa keluhan yang sering diutarakan tentang penyakit ini adalah bagaimana cara menyembuhkan luka diabetes? Jika tidak segera disembuhkan, kuman akan menyebar luas dan terjadi pembusukkan. Dan kalau pembusukkan juga dibiarkan malah bisa berakibat bagian tubuh yang busuk dihilangkan atau dipotong. Tentu tidak ada yang mau mengalami hal itu. Tapi, mengingat penyakit diabetes yang umum dialami oleh banyak orang, maka kalian harus tahu cara mengurus luka tersebut dengan baik.

Lalu bagaimana cara mengatasi luka diabetes dengan baik? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tapi, harus dengan kontrol dokter. Jadi, sebaiknya setiap ada perubahan pada luka tersebut, secepatnya periksa ke dokter. Yuk, simak ulasan cara menyembuhkan luka penderita diabetes!

Cara mengobati luka diabetes

Karena luka diabetes memang sulit disembuhkan dan sangat berbahaya, maka perlu diwaspadai. Apabila sudah terlanjur kamu perlu tahu tentang perawatan luka diabetes yang benar. Sehingga, tidak menyabar dan bisa disembuhkan seperti sediakala.

Kontrol luka secara rutin
Jika dilihat dari bentuk fisiknya luka diabetes terbagi menjadi 2 jenis yakni luka kering dan luka basah, penanganannya pun berbeda. Apabila luka diabetes itu kering, sebaiknya dibalut menggunakan perban supaya tidak terkena debu atau air penyebab bakteri tumbuh. Dengan begitu, luka akan cepat sembuh dan tidak menimbulkan infeksi menjadi luka basah.

Tapi, kalau luka diabetes basah, perlu diangin-anginkan beberapa saat supaya cepat kering dan segera sembuh. Mengontrol luka diabetes itu penting dilakukan, jangan sampai menimbulkan infeksi baru dan semakin parah serta merusak jaringan lainnya. Untuk mengontrol luka diabetes bisa kamu lakukan sendiri. Namun, jika belum tahu mintalah bantuan atau pengarahan tenaga ahli dan rutin periksakan ke dokter.

Loading...

Menghentikan pendarahan
Apabila luka kaki diabetes mengalami pendarahan, secepatnya hentikan pendarahan itu dengan menekan luka. Gunakan kain kasa yang sudah disterilkan untuk menekan luka itu sampi pendarahan berhenti.

Gunakan antiseptik
Pamakaian antiseptik dalam menyembuhkan luka diabetes adalah untuk membantumu membersihkan lukanya. Sebab, di dalam luka kaki diabetes terkandung virus dan bakteri yang dapat menginfeksi jaringan lain. Antiseptik ini berguna untuk mencegah serta menghambat perkembangan kuman, virus atau bakteri agar tidak menyabar ke jaringan lainnya.

Balutlah luka diabetes
Jika luka diabetes basad dan bernanah, bersihkanlah secara rutin. Manfaatkan rivanol dan kain kasa steril jangan dengan kapas. Lalu taburkan juga norit halus ke luka itu, kemudian balu menggunakan kain kasa dan perban.

Cara mengeringkan luka diabetes

Setelah kamu tahu bagaimana cara merawat luka diabetes diatas, kamu juga perlu tahu cara mengobati luka diabetes dengan bahan herbal.

baca juga : 9 Tanda Ini Mengartikan Jika Diabetes Mengintaimu

Habbatussauda atau jintan hitam
Semua sudah tahu manfaat habbatussauda dalam mengobati berbagai penyakit. Nah, sekarang mari gunakan habbatussauda ini untuk menyembuhkan luka diabetes. Caranya, dengan merendam kain perban ke dalam cairan habbatussauda. Lalu, kompreskan kain perban ke luka diabetes dan lakukan hal ini setiap pagi dan sore secara rutin. Bahkan, kamu juga bisa menurunkan kadar gula darah dengan meminum pil atau sirupnya.

Jahe
Mengeringkan luka diabetes dengan jahe cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Parutlah jahe secukupnya lalu, balurkan ke bagian luka pada tubuhmu. Sebelum melakukannya, bersihkan lukamu menggunakan cairan rivanol agar hasil maksimal.

Siput atau bekicot
Memang rasanya agak geli ketika melihat siput atau bekicot. Tapi, dibalik itu tersimpan manfaat yang luar biasa termasuk mengobati luka diabetes. Caranya, ambillah siput yang tubuhnya cukup besar, lalu ambil dagingnya dan letakkan lendir siput ke lukamu. Lakukan setiap hari sampai luka benar-benar sembuh.

Itulah cara menyembuhkan luka diabetes yang cukup efektif dan aman digunakan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top