Connect with us
close

Virtual.co.id

Kenali Kode Bahan Plastik! Ini Efeknya Bagi kesehatan

Uncategorized

Kenali Kode Bahan Plastik! Ini Efeknya Bagi kesehatan

Dari peralatan atau perabot plastik yang kita gunakan untuk keperluan sehari-hari, sebenarnya mempunyai kode. Nah, kode bahan plastik tersebut bisa dipakai untuk mengenali dan mengetahui sifat beserta efeknya bagi kesehatan. Kamu harus mengerti tentang hal ini agar tidak salah dalam menggunakan peralatan yang berbahan plastik. Jangan sampai mengganggu kesehatan tubuhmu.

Pada kemasan plastik, umumnya terdapat simbol daur ulang yang bentuknya segitiga dengan kode-kode tertentu. Kode tersebut diterbitkan oleh The Society of Plastic Industry  tahun 1998 di Amerika Serikat. Lalu diadopsi oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode diantaranya, International Organization for Standardization (ISO).

Yang bisa dijadikan contoh dan sering dimanfaatkan sehari-hari adalah galon air mineral, botol air dan tupperware. Pada setiap produk plastik itu teradapat simbol beserta kodenya yang mengartikan bahan yang dikandungnya. Apakah aman ataukah malah berbahaya? Yuk, simak ulasannya!

Inilah 7 kode bahan plastik yang bisa kamu baca

Polyethylene Terephthalate (PET)
Simbol bahan plastik yang bertuliskan PET merupakan gambar daur ulang nomor 1. PET adalah salah satu jenis plastik yang sering dimanfaatkan untuk produk minuman. Khususnya botol plastik yang warnannya jernih atau transparan, seperti botol air mineral. Yang perlu kamu cermati dari kode PET ini adalah botol harus digunakan sekali pakai saja. Tidak dsarankan untuk dipakai berulangkali, terlebih lagi mengisinya dengan air panas atau hangat.
Kalau diisi dengan air panas dapat menyebabkan lapisan polimer di dalam botol meleleh yang kemudian mengeluarkan zat karsinogenik. Karsinogenik merupakan zat penyebab kanker. Sehingga, jika kamu melihat kode PET dalam botol kemasan sebaiknya jangan dipakai kembali.

Kode High–Density Polyethylene atau HDPE
Bahan plastik yang berkode HDPE mempunyai simbol daur ulang bernomor 2. Bahan ini umumnya dipakai untuk galon air mineral, deterjen, botol susu, botol minyak dan tupperware. HDPE mengartikan jika bahan ini dapat mencegah reaksi kimia terhadap makanan atau minuman yang dikemasnya.
Bahan HDPR termasuk jenis plastik yang sering didaur ulang dan dianggap paling aman digunakan. Kamu tak perlu khawatir untuk menggunakannnya berkali-kali, tapi kebersihannya tetap harus dijaga.

Loading...

Polyvinyl Chloride atau PVC
PVC ini merupakan kode plastik yang mudah dibentuk dan simbolnya bernomor 3. Bahan ini biasanya dipakai untuk membuat mainan anak dan kotak makanan. PVC juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat bingkai jendela dan pintu, teralis plasti dan selang. Sebab, bahan ini mempunyai sifat yang tahan terhadap sinar matahari atau cuaca.
Plastik PVC sebenarnya berbahaya bagi kesehatan dan lebih baik kamu hindari menggunakannya. Karena mengandung DEHA yang bisa bereaksi dengan makanan di dalamnya secara langsung. Plastik berbahan PVC juga sulit didaur ulang.

Low-Density Polyethylene (LDPE)
Kode LDPE pada plastik mempunyai simbol daur ulang bernomor 4. Bahan plastik ini dipakai untuk kantong kresek, botol-botol lembek dan plastik kantong belanja. Terkadang dimanfaatkan untuk pakaian dan furniture. LDPE merupakan bahan yang relatif aman dan daya proteksinya pada uap air cukup baik, tapi tidak baik untuk gas-gas lain seperti oksigen. Bahan ini bersifat mudah didaur ulang.

Polypropylene (PP)
Plastik yang mempunyai kode PP berlogo daur ulang dengan nomor 5. Polypropylene mempunyai sifat tangguh, ringan dan tahan terhadap panas. PP juga menjadi penghalang bagi kelembaban minyak dan bahan kimia. Sering digunakan untuk ember, margarine, kontainer yogurt, botol plastik, sedotan, tali dan pita. Hal ini menyatakan kalau PP baik bagi kesehatan tubuh dan dapat digunakan berulang kali serta bahan plastik terbaik untuk keperluan dapur.

baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Vaporizer

Polystyrene atau PS
PS merupakan kode bahan plastik yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mempunyai logo bernomor 6. Bahan plastik ini bercirikan getas, buram, kaku, mudah dibentuk dan menjadi lunak pada suhu 95⁰C. Penggunaan bahan ini umumnya untuk pembuatan stereofoam. Bahan ini termasuk jenis plastik yang berbahaya dan lebih berbahaya lagi jika terkena suhu panas. Apabila bahan ini terpapar panas, bahan kimia di dalamnya dapat berpindah ke makanan. Dampaknya bagi kesehatan adalah mengganggu kesehatan otak dan hormon estrogen pada wanita dan mengganggu sistem syaraf.

Other
Kode terkahir mempunyai simbol segitiga daur ulang dengan nomor 7 dan tulisan “other” di bawahnya.  Pada kategori other, plastik dibedakan menjadi 4 macam yaitu ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), nylon, PC (Polycarbonate) dan SAN (Styrene Acrylonitrile). Bahan yang sering ditemukan pada tempat makanan dan minuman, peralatan rumah tanggag, suku cadang mobil dan kemasan plastik lainnya.
Plastik berkode PC tidak dianjurkan untuk peralatan apa saja. Lebih baik jika kamu menggunakan plastik berbahan ABS atau SAN yang masih cukup baik untuk mengemas makanan dan minuman.

Sudah tahukan beberapa kode bahan plastik yang kamu gunakan sehari-hari. Yuk, mulai perhatikan plastik-plastik yang kamu pakai!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top