Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Dampak Bahaya Kopi bagi Penderita Jantung Koroner

Uncategorized

9 Dampak Bahaya Kopi bagi Penderita Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan rusaknya dinding pembuluh darah akibat serangan radikal bebas sehingga pembuluh arteri koroner tidak mampu memasok darah sesuai kebutuhan jantung. Kopi meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun juga memiliki bahaya kopi bagi penderita jantung koroner.
Jantung koroner dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti, pola makan yang sembarang, penumpukan kolesterol dalam tubuh, asupan gizi tidak memadai, obesitas, faktor keturunan, faktor usia yang telah melebihi 40 tahun karena rentan terkena berbagai penyakit termasuk jantung koroner. Berikut ini merupakan beberapa bahaya dari kopi bagi penderita jantung koroner.
Bahaya Kopi bagi Penderita Jantung Koroner, Kopi bagi Penderita Jantung Koroner, Dampak Negatif Kopi bagi Penderita Jantung Koroner
Loading...

1. Denyut Jantung lebih cepat

Bahaya kopi bagi penderita jantung koroner yang pertama yaitu jantung akan berdenyut lebih kencang dari biasanya. Hal tersebut dapat terjadi apabila seseorang mengonsumsi kopi terlalu berlebihan melebihi 4 gelas dalam sehari. Kafein pada kopi akan menyebabkan jantung menjadi sangat cepat, kondisi ini akan menyebabkan jantung berhenti secara mendadak apabila terus di biarkan.

2. Penyempitan pembuluh darah

Mengonsumsi kopi yang mengandung kafein tinggi secara berlebihan juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah menuju katup jantung. Akibatnya kinerja jantung akan terganggu dalam memompa darah menjadi tidak lancar untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

3. Kelelahan jantung

Minum kopi dengan perut kosong atau sebelum sarapan secara berlebihan akan menyebabkan jantung bekerja secara cepat dan tidak beraturan. Kondisi berat jantung ini akan menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu. Biasanya seseorang akan mudah mengalami sesak nafas, nyeri dada, atau bahkan pingsan dan tidak sadarkan diri.

4. Mengiritasi pembuluh darah arteri koroner

Kafein yang dikandung dalam secangkir kopi apabila terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan merusak dan melukai pembuluh darah arteri koroner. Akibatnya kafein akan mendorong penumpukan asam lemak dan kalsium di sekitar pembuluh darah tersebut. Arteri yang rusak dan iritasi yang di alami akan menyebabkan pergeseran dinding pembuluh darah menuju jantung.

5. Mengganggu Arteri Koroner

Tidak hanya membuat dinding pembuluh darah terluka, kafein pada kopi juga dapat menyumbat arteri koroner jantung . Kondisi ini juga sangat mudah terjadi apabila seseorang merupakan pecandu rokok, narkoba, minuman keras, serta kurang istirahat, atau bahkan mengalami stress atau depresi berat.

6. Menyebabkan serangan jantung mendadak

Apabila seseorang yang tidak pernah minum kopi sebelumnya kemudian mencoba untuk minum, setelah satu jam, kandungan kafein pada kopi akan menyebabkan jantung berhenti berdetak dalam waktu singkat. Oleh sebab itu jika kamu akan mencoba untuk minum kopi sebaiknya pilih kopi dengan kadar kafein yang rendah dan pikirkan keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapat jika minum kopi.

7. Pembuluh darah akan mengerut dan mengecil

Kafein yang berlebihan dikonsumsi oleh tubuh akan menyebabkan pembuluh darah akan mengerut dan mengecil ukurannya. Pada akhirnya akan menimbulkan gangguan jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu denyut jantung juga akan menjadi lambat dan tersendat. Hal ini dapat menimbulkan sesak nafas, nyeri pada dada dan tidak mampu berjalan. 

8. Penyebab kematian

Hindari minum kopi saat kamu kelelahan dalam bekerja atau sedang menderita penyakit tekanan darah tinggi. Sebaiknya beralih untuk minum air putih saja agar kesehatan jantung tetap terjaga. Kafein merupakan zat yang berbahaya jika diminum oleh seseorang yang sedang kelelahan. Sebab jantung tidak siap menerima zat yang berat seperti kafein sehingga jantung dipaksa bekerja dengan berat dan mendadak. jika daya tahan tubuh seseorang tidak dapat mengatasi masalah ini maka akan menyebabkan kematian.

9. Tingginya Kadar trigliserida

Kopi juga dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan menimbulkan lemak dalam tubuh mengendap dan mengalami penyempitan pembuluh darah. Apabila terus dibiarkan akan menimbulkan serangan jantung dan potensi stroke.
Itulah 9 Informasi tentang bahaya kopi bagi penderita jantung koroner. Penyakit yang sangat rentan terhadap minuman ini mewajibkan Anda untuk selektif dalam mengonsumsi sesuatu. Apabila tidak diperhatikan tentu akan semakin memperparah penyakit yang di derita. Pola hidup sehat dan asupan gizi yang cukup akan membantu dalam mengobati penyakit ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top