Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Uncategorized

15 Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Makan dan minum sambil berdiri dapat menyebabkan kita jadi mengalami berbagai gangguan. Antara lain adalah gangguan pencernaan. Karena memang aktivitas makan dan minum ini memang sangat erat kaitannya dengan sistem pencernaan. Jika kita melakukan kebiasaan buruk ini, kita terancam mengalami gangguan pencernaan yang parah, misalnya tersumbatnya jalan pernafasan secara mendadak yang mengakibatkan syok dan kematian.

Makan dan minum sambil berdiri, secara etika juga sangat tidak baik karena akan membuat kita mendapatkan sentimen sosial. Bullying dan nyinyiran mungkin bakal kita dapatkan. Dan kita akan dianggap sebagai manusia yang tidak tahu etika sopan santun.

Di bawah ini adalah berbagai bahaya makan dan minum sambil berdiri. Silahkan disimak agar kamu paham bagaimana sebenarnya bahayanya kebiasaan buruk ini.

1. Sudah Pasti Bakal Tersedak

Bahaya makan dan minum sambil berdiri sudah pasti bakal membuat tersedak. Sebenarnya tersedak adalah suatu gejala gangguan saluran nafas didekat rongga saluran cerna, tepatnya di pertemuan antara jalur nafas dan jalur makan, yang ada di sekitar kerongkongan. Hati-hatilah dengan tersedak, karena sudah banyak kejadian orang meninggal karena tersedak.

2. Gangguan Gerak Peristaltik

Gerakan peristaltik adalah gerak refleks di tenggorokan yang seperti katup membuka dan menutup. Katup ini akan membuka dan menutup secara otomatis bilamana kita menelan sesuatu. Ternyata gerak peristaltik ini menjadi tidak berfungsi lagi jika kita makan dan minum sambil berdiri. Tentunya amat bahaya buat kesehatan karena efeknya bisa menyebabkan kita tersedak dan gagal mencerna makanan dan minuman dengan baik.

3. Kegagalan Mencerna Makanan dan Minuman

Kegagalan seseorang mencerna makan dan minuman yang mereka konsumsi terjadi karena gerak peristaltik tadi yang terganggu. Dan lagi, makanan dan minuman itu bakal melewatkan proses filterisasi. Karena katupnya dan penyaring yang ada di tenggorokan tidak bekerja dengan baik.

Loading...

4. Tersumbatnya Jalan Pernafasan

Tersumbatnya jalan pernafasan karena kamu makan dan minum sambil berdiri. Ketika jalan pernafasan ini tersumbat, maka besar kemungkinan kamu bisa mengalami pernafasan. Karena baik hidung maupun mulut tidak akan sanggup bernafas lagi. Sebab,yang tersumbat adalah pertemuan jalur nafas melalui hidung maupun mulut yang letaknya di dekat esophagus.

5. Rusaknya Kerongkongan

Esofagus atau kerongkongan ini bisa saja menjadi iritasi dan menyebabkan radangv serta pendarahan.Sebab gerak peristaltik yang fungsinya juga untuk meremas dan melembutkan makanan itu tidak bekerja lagi. Alhasil makanan yang kita makan masih terlalu kasar menurut sistem pencernaan tubuh kita bagian atas, sehingga akhirnya kerongkongan pun terluka.

6. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terjadi sebagai efek dari pencernaan makanan yang buruk serta adanya panas dalam akibat bakteri yang berkembang di perut bagian atas. Jika kita membiarkan radang tenggorokan ini, maka besar kemungkinannya untuk menjadi penyakit kronis.

7. Nyeri Perut

Nyeri perut akan terjadi bilamana kita selalu punya pencernaan yang buruk. Maka dari itu, kita mestinya memperbaiki segera kebiasaan buruk ini. Makan dan minum sambil berdiri secara etika sudah salah, secara medis juga sangat salah. Makanya kita harus hentikan kebiasaan ini. Makan dan minum yang benar adalah dengan duduk.

8. Mual dan Muntah

Rasa mual dan muntah bisa terjadi sebagai efek dari kebiasaan makan dan minum sambil berdiri. Ini terjadi karena jaringan tubuh di saluran cerna mengalami gangguan pergerakan yang kadang menyebabkan terciptanya rongga yang berisi udara. Jika pada penderita maag, rongga ini bisa diisi oleh asam lambung. Sehingga akhirnya jadi mual dan ingin muntah-muntah.

9. Menjadi Kecanduan dan Akan Melakukannya Lagi

Kalau sudah kebiasaan melakukannya maka akan jadi candu. Makan dan minum sambil berdiri biasanya dilakukan dalam pesta-pesta standing party, padahal ini bahaya sekali loh! Tak sepantasnya dilakukuan karena akan merusak tubuh saja.

10. Gangguan Usus

Gangguan usus juga menjadi salah satu dari akibat makanan dan minum sambil berdiri. Makanya kamu mesti memperbaiki segera gaya hidup macam ini.

Baca Juga: 15 Cara Untuk Mengecilkan Paha

5 Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri yang Lainnya:

11. Mendapatkan Tanggapan Sosial yang Buruk
12. Pecahnya Pembuluh Darah
13. Tubuh Gagal Mencerna Nutrisi
14. Gangguan Metabolisme Energi
15. Rentan Terkena Gizi Buruk

Wah, ternyata memang bahayanya banyak sekali ya! Untuk itu, kita harusnya senantiasa mawas diri dan ingat tentang bahaya ini. Jadikanlah berbagai bahaya ini sebagai alarm peringatan akan etika perilaku makan dan minum.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top