Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan Atasi Penyakit Diare untuk Tubuh

Uncategorized

20 Jenis Makanan Atasi Penyakit Diare untuk Tubuh

Beberapa jenis makanan atasi penyakit diare untuk tubuh Anda bisa didapatkan dengan mudah karena tersedia di sekitar Anda. Diare merupakan salah satu penyakit pencernaan yang disebabkan oleh serangan bakteri kotor. Bakteri ini berasal dari makanan yang kita makan. Penyakit diare paling banyak menyerang anak-anak karena mereka masih belum bisa menjaga kebersihan tubuh serta makanan dengan lebih baik.

Gejala penyakit diare dimulai dengan rasa sakit pada perut, rasa mulas, serta rasa ingin buang air besar terus menerus. Penyakit ini akan membuat tubuh Anda banyak mengeluarkan cairan sehingga gampang terkena dehidrasi. Selain mengonsumsi obat, penyakit diare juga dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan ini akan membantu tubuh Anda pulih dari serangan diare dan mencegahnya menyerang kembali.

20 Jenis Makanan Atasi Penyakit Diare untuk Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam mencegah diare, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan atasi penyakit diare untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sup

Salah satu jenis makanan yang dapat membantu Anda mengatasi diare yaitu sup. Penderita penyakit ini sangat membutuhkan jenis makanan dengan tekstur yang tidak keras, contohnya seperti sup. Gunakanlah sayur dan daging untuk membuat sup dalam rangka mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Nasi tim

Makanan lainnya yang perlu Anda coba untuk mengatasi penyakit diare yaitu nasi tim. Nasi tim merupakan nasi yang diolah dengan cara ditim, sehingga teksturnya lebih lunak dan aman untuk penderita penyakit diare.

3. Sereal

Anda dapat mengonsumsi sereal untuk mengatasi penyakit diare. Sereal merupakan jenis makanan yang tidak tergolong berat dan mudah dicerna oleh pencernaan Anda. Kandungan nutrisi sereal juga sangat bagus untuk memulihkan tubuh pasca diare.

Loading...

4. Bubur

Jenis makanan yang mengolah nasi menjadi lebih lembut yaitu bubur. Penderita penyakit diare tetap memerlukan karbohidrat sebagai salah satu sumber makanan berenergi. Konsumsi bubur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi penyakit ini.

5. Kentang

Anda dapat mengganti nasi dengan kentang. Kentang merupakan sayuran yang juga tidak kalah bagusnya dari nasi. Kandungan karbohidrat dalam kentang yang tidak terlalu banyak dengan nutrisi sehat lainnya akan mengatasi diare dengan alami.

6. Yoghurt

Jangan lupakan camilan sehat yang satu ini. Yogurt dikenal sebagai salah satu makanan ringan yang mengandung banyak nutrisi untuk menyehatkan tubuh. Selain untuk diet, yogurt juga mampu meringankan gejala diare pada tubuh.

7. Pisang

Tekstur pisang yang lembut dan mudah dicerna oleh lambung serta usus Anda akan meringankan gejala diare. Kandungan nutrisi dalam buah ini juga mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup ke tubuh Anda.

8. Crackers

Anda dapat mencoba konsumsi crackers. Crackers termasuk ke dalam camilan ringan yang tidak akan menyusahkan pencernaan Anda. Apalagi saat ini crackers mengandung banyak vitamin dan nutrisi sehat untuk tubuh.

9. Telur rebus

Jangan lupakan asupan protein ketika diare. Telur yang direbus lebih baik daripada telur yang digoreng. Kandungan protein dan nutrisi dalam telur yang direbus tidak akan berkurang dan lebih mudah dicerna oleh usus.

10. Jelly

Banyak produk jelly saat ini yang sudah dilengkapi dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jelly juga merupakan makanan yang lunak dan tidak akan membuat pencernaan Anda bekerja lebih kerasa ketika diserang diare.

Baca Juga: 12 Bahaya Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan atasi penyakit diare untuk tubuh lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan Atasi Penyakit Diare untuk Tubuh Lainnya

11. Apel
12. Air kelapa
13. Air mineral
14. Agar-agar
15. ASI
16. Jus buah segar
17. Campuran air gula dan garam
18. Bubur gandum
19. Jus sayur segar
20. Air putih

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan atasi penyakit diare untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top