Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Uncategorized

17 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Banyaknya jenis makanan yang berbahaya untuk kucing membuat Anda perlu berhati-hati untuk memberikan makanan pada hewan yang satu ini. Kucing adalah jenis hewan lucu dan menggemaskan yang sering dijadikan hewan peliharaan. Banyak orang yang tidak hanya menganggap kucing sebagai hewan peliharaan saja, namun juga sebagai salah satu bagian dari anggota keluarga.

Makanan umum yang sering kita berikan pada kucing adalah ikan, daging, dan makanan kucing kemasan. Beberapa jenis kucing pun bisa mengonsumsi makanan lain selain ketiga makanan tersebut. Namun ketika kucing Anda menjadi hewan pemakan segala, sebaiknya Anda perlu mencermati makanan yang dikonsumsinya. Tidak semua makanan yang dikonsumsi oleh manusia dapat diberikan pada hewan, termasuk kucing.

17 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan untuk kucing Anda, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk kucing yang perlu Anda ketahui.

1. Cokelat

Banyak manusia yang menggemari cokelat dan hampir setiap hari menjadikan coklat sebagai menu konsumsi. Namun coklat tidak bisa Anda berikan pada kucing karena kandungan senyawa dalam makanan yang satu ini dapat mengganggu kesehatan kucing.   

2. Kafein

Jangan sampai Anda memberikan jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kafein bukanlah senyawa yang cocok untuk pencernaan hewan, termasuk kucing. Efeknya hanya akan membuat kucing Anda keracunan.

3. Alkohol

Minuman maupun makanan dengan kandungan alcohol yang cukup tinggi bukanlah jenis konsumsi yang baik untuk kucing. Tubuh manusia saja tidak boleh mengonsumsi alcohol terlalu banyak atau hanya akan memberikan dampak yang buruk.

Loading...

4. Anggur

Beberapa jenis kucing ada yang tidak hanya menyukai daging, namun juga buah. Jenis buah yang sebaiknya tidak Anda berikan pada kucing yaitu buah anggur. Zat yang ada dalam buah ini bukanlah zat yang cocok untuk konsumsi hewan.

5. Kismis

Jangan mencoba untuk memberikan makanan yang sering Anda konsumsi kepada kucing peliharaan, contohnya kismis. Kismis merupakan olahan anggur yang dikeringkan sehingga masih mengandung sejumlah senyawa yang diperoleh dari anggur.

6. Bawang

Jika Anda memasak makanan berupa ikan atau daging dengan tambahan bawang, Anda tetap tidak boleh memberikannya pada kucing walaupun terbuat dari bahan daging. Kandungan senyawa yang kuat dalam bawang bukanlah jenis senyawa yang baik untuk hewan.

7. Kacang macadamia

Jenis kacang yang satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari memberikan nutrisi yang lengkap sampai dengan mengatasi gejala penyakit. Baik untuk Anda namun tidak baik diberikan untuk kucing.

8. Permen

Zat yang ada dalam campuran permen terutama kemasan mengandung zat xylitol. Jenis zat yang satu ini baik
dikonsumsi oleh penderita diabetes namun tidak bisa dikonsumsi oleh kucing karena akan memberikan dampak berupa pelepasan insulin berlebihan di tubuh kucing.

9. Adonan roti mentah

Adonan roti yang sering dicampur dengan ragi akan membuat adonan tersebut berfermentasi. Hal ini merupakan jenis makanan yang tidak bisa diberikan kepada kucing karena dapat mengganggu kesehatannya.

10. Tomat

Ada senyawa dalam buah tomat yang tidak boleh dikonsumsi oleh hewan peliharaan seperti kucing. Buah ini sebenarnya baik dikonsumsi oleh manusia namun jangan sampai ditelan oleh kucing peliharaan Anda.

Baca Juga: 15 Efek Buruk Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk kucing lainnya. Berikut ini 7 jenis makanan lainnya:

7 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing Lainnya

11. Alpukat
12. Nasi
13. Ikan kaleng
14. Susu formula kemasan
15. Lemak daging
16. Telur mentah
17. Daging mentah yang belum direbus

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan yang berbahaya untuk kucing yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga hewan peliharaan dengan lebih teliti lagi agar tidak mengganggu kesehatannya serta tetap dapat memeliharanya dengan baik. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top