Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Jenis Makanan Berbahaya untuk Lambung

Uncategorized

15 Jenis Makanan Berbahaya untuk Lambung

Banyaknya jenis makanan berbahaya untuk lambung perlu Anda jauhi karena akan berdampak buruk bagi lambung Anda. Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting dalam pencernaan Anda. Setelah masuk melewati kerongkongan, makanan yang Anda konsumsi akan diolah lebih lanjut oleh lambung menggunakan enzim yang ada di dalamnya. Enzim ini berguna untuk menghancurkan makanan Anda akan dengan mudah dapat masuk ke dalam usus.

Lambung juga mempunyai sejenis asam yang dapat mengakibatkan penyakit maag. Jika asam lambung ini naik, maka tubuh Anda akan mengalami rasa sakit pada perut. Lambung Anda juga dapat mengalami gejala infeksi karena rasa tertentu pada makanan, contohnya rasa pedas. Itulah mengapa kesehatan lambung tergantung dari makanan seperti apa yang Anda konsumsi. Semakin tidak sehatnya makanan yang Anda makan, maka kesehatan lambung Anda juga akan menurun.

15 Jenis Makanan Berbahaya untuk Lambung

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan berbahaya untuk lambung yang perlu Anda ketahui.

1. Jeruk

Konsumsi jeruk yang masih asam tidak akan membuat lambung Anda membaik. Itulah mengapa Anda sebaiknya mengonsumsi jeruk yang memang sudah matang dan layak untuk dikonsumsi. Jeruk mengandung vitamin C yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan memicu maag pada lambung.

2. Cokelat

Kandungan senyawa pada cokelat jika dikonsumsi berlebihan juga akan membuat asam lambung Anda meningkat. Konsumsi cokelat yang terlalu banyak akan mengubah kandungan di dalamnya menjadi asam.

3. Soda

Banyak produk minuman bersoda yang sering kita konsumsi. Padahal jika dikonsumsi terus menerus akan membuat Anda mengalami obesitas dan juga membuat lambung Anda terinfeksi akibat rasa asamnya akan menaikkan asam lambung.

Loading...

4. Gorengan

Minyak yang digunakan ketika menggoreng makanan jenis gorengan juga tidak baik dikonsumsi oleh lambung. Apalagi jika gorengan yang kita makan ternyata sudah dicampur dengan plastik yang berbahaya bagi kesehatan lambung.

5. Porsi besar makanan

Kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang wajar dan juga mengunyah makanan dengan perlahan. Tujuannya tentu saja agar lambung kita dapat menerima asupan makanan sesuai dengan kapasitasnya. Jadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan, maka lambung Anda akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup banyak.

6. Buah dengan kandungan gas

Banyak jenis buah yang mengandung gas. Hal ini akan membuat lambung Anda penuh dengan gas sehingga perut terasa kembung. Kandungan gas yang terlalu banyak dalam lambung akan mengakibatkan asam lambung Anda naik.

7. Makanan berfermentasi

Sebaiknya Anda menghindari makanan dengan olahan fermentasi terlalu banyak. Makanan jenis ini dapat membuat lambung Anda sakit karena cenderung asam. Asam inilah yang akan membuat perut Anda terasa perih.

8. Makanan pedas

Penyuka makanan pedas jika terus-menerus mengonsumsi makanan pedas akan membuat lambungnya rusak. Makanan pedas bukan jenis makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari karena lambung Anda tidak akan kuat menahannya.

9. Susu berlemak

Konsumsi susu sebaiknya menggunakan susu yang rendah lemak. Susu dengan kandungan lemak yang tinggi dapat membuat lambung Anda terganggu kesehatannya. Anda juga dapat mengalami obesitas atau kegemukan.

10. Brokoli

Siapa sangka jika brokoli juga dapat mempengaruhi kesehatan lambung Anda. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi sayuran ini ketika gejala maag menyerang karena akan membuat asam lambung Anda semakin naik.

Baca Juga: 10 Efek Samping Nasi Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan berbahaya untuk lambung lainnya. Berikut ini 5 jenis makanan lainnya:

5 Jenis Makanan Berbahaya untuk Lambung Lainnya

11. Teh
12. Minuman beralkohol
13. Yogurt
14. Kopi
15. Lemon

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan berbahaya untuk lambung yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top