Connect with us
close

Virtual.co.id

3 Jenis Menu Makanan Bernutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Uncategorized

3 Jenis Menu Makanan Bernutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh Anda berasal dari menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Jika Anda tidak mempunyai pola makan dan sumber makanan yang baik, sudah bisa dipastikan Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan. Pemilihan menu makanan yang sehat ini tidaklah mudah. Apalagi jika melihat bahwa sudah banyak sumber makanan yang tidak lagi higienis. Konsumsi menu makanan yang tepat tidak hanya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, namun juga berguna dalam program diet.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya yaitu seperti apakah jenis menu makanan bernutrisi yang menyehatkan tubuh Anda? Menu makanan yang menyehatkan tubuh harus mengandung beberapa jenis nutrisi. Contohnya lemak, zat besi, protein, serta karbohidrat. Kadar beberapa nutrisi tersebut juga harus seimbang dan tidak berlebihan. Selain mengonsumsi sumber makanan sehat, Anda juga perlu rajin berolahraga. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat. Cukup dengan melakukan jenis olahraga yang Anda sukai dan cocok bagi kenyamanan tubuh.

Jenis Menu Makanan Bernutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Agar Anda tidak bingung dalam membuat daftar menu makanan yang menyehatkan tubuh, berikut ini kami sajikan beberapa contoh sederhana dari menu makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

3 Jenis Menu Makanan Bernutrisi yang Menyehatkan Tubuh

1. Menu makanan dengan kandungan protein

Salah satu jenis nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh yaitu protein. Manfaat protein dalam tubuh yaitu menjaga kesehatan tubuh serta membuat tubuh Anda senantiasa berenergi. Makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi sangat diperlukan bagi Anda yang mempunyai banyak aktivitas dalam keseharian. Ada banyak pilihan sumber makanan yang mengandung protein. Anda pun dapat membuat variasi menu makanan berprotein agar tidak jenuh.

Jenis menu makanan pertama yang menyehatkan tubuh dengan kandungan proteinnya yaitu sayuran. Pastikan Anda memilih sayuran yang berjeni biji-bijian atau kacang-kacangan. Contohnya buncis, kacang polong, kedelai, kacang almond, dan masih banyak lagi. Selain biji-bijian, menu makanan seperti ikan dan daging juga bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan protein hewani. Contohnya tuna, sarden, udang, daging ayam tanpa kulit, daging kelinci, daging angsa, daging burung, dan masih banyak lagi.

2. Menu makanan dengan serat yang tinggi

Kebutuhan serat dalam menu makanan yang menyehatkan tubuh sangat bermanfaat untuk membuat pelancaran Anda tetap sehat. Kesehatan tubuh salah satunya berasal dari organ pencernaan dan sistem pencernaan yang baik. Jika pencernaan Anda terganggu, sudah bisa dipastikan Anda akan mengalami banyak penyakit gangguan pencernaan. Anda pun kemungkinan besar tidak diperbolehkan untuk menikmati menu makanan favorit Anda.

Loading...

Gabungan menu makanan dengan serat yang tinggi dan juga vitamin serta mineral akan semakin melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Contoh menu makanan berserat yang menyehatkan tubuh untuk Anda konsumsi yaitu jagung, selai kacang, labu, kentang, wortel, pisang, dan kacang polong. Pastikan Anda memperhatikan porsi makanan yang Anda makan setiap harinya, agar tubuh tidak terlalu menyerap banyak karbohidrat.

3. Menu makanan dengan memperhatikan kandungan karbohidrat

Pantangan yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat yaitu memperhatikan kandungan karbohidrat dalam menu makanan yang Anda konsumsi. Karbohidrat memang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga dan mencegah rasa lemas. Namun jika Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang banyak. Anda justru akan mengalami banyak gangguan kesehatan dan juga kegemukan.
Cara mudah untuk mengonsumsi menu makanan yang berkarbohidrat yaitu dengan mengatur porsinya.

Contohnya jika setiap hari Anda makan tiga kali dengan satu piring nasi penuh, kurangilah porsi nasi tersebut menjadi setengah atau seperempatnya saja. Jangan hanya terpaku pada nasi saja, namun juga cobalah untuk mengonsumsi makanan lainnya. Seperti kentang, jagung, dan juga pisang. Perhitungan karbohidrat yang Anda konsumsi akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat tanpa gangguan penyakit.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Nasi Sisa Kemarin Bagi Kesehatan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis menu makanan bernutrisi yang menyehatkan tubuh Anda. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top