Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Makanan Dengan Kandungan Amilum Tinggi

Uncategorized

20 Makanan Dengan Kandungan Amilum Tinggi

Amilum tidak hanya penting untuk kesehatan, banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dari makanan dengan kandungan Amilum Tinggi. Amilum merupakan salah satu bentuk dari pati yang dapat ditemukan dengan mudah di dalam tanaman yang memiliki klorofil yang kuat. Amilum memiliki sifat yang kuat dan putih, lembut serta tak bisa larut dalam alcohol.

Makanan Dengan Amilum Tertinggi

Dalam tubuh manusia, amilum dikelolah dengan baik, khususnya dalam masa pencernaan. Amilum akan masuk dalam tubuh kemudian dirubah menjadi zat gula. Gula ini akan menjadi cadangan tanaga yang bermanfaat untuk tubuh. Air liur pada mulut Anda merupakan salah satu perubahan amilum yang memecah karbidrat menjadi maltose.

Maltosa kemudian dirubah menjadi glukosa dan glukosa akan menjadi nutrisi yang akan disebar melalui darah. Amilum jug sangat bermanfaat untuk tubuh, otot dan otak. Berikut ini adalah makanan dengan kandungan amilum yang tinggi.

1. Jagung

Jagung dapat Anda temui dengan mudah, bisa Anda tanam sendiri dengan pengolahan yang mudah atau dapat Anda temukan dalam supermarket dan pasar. Karbohidrat dalam jagung juga cukup banyak, bisa melebihi 100 gram dalam satu jagung. Jagung juga dikenal memiliki amilum yang tinggi dan sangat cukup untuk memenuhi asupan amilum yang dibutuhkan untuk tubuh.

2. Lobak

Lobak menjadi salah satu menu bahan utama dalam pembuatan sup yang sehat dan lezat. Lobak masuk dalam jenis sayuran dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bisa mencapai 17,9 mg dalam 90 gram lobak. Tidak hanya memiliki vitamin C dan amilum yang tinggi, lobak juga bagus dalam mencegah kanker.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau sangat populer dijadikan sebagai bahan utama pembuatan bubur dengan vitamin tinggi dan enak. Kaya akan vitamin C, kacang jenis ini juga memiliki amilum yang tinggi. Vitamin K nya juga sangat bermanfaat dalam mencaga tulang serta gigi.

Loading...

4. Kentang

Salah satu jenis sayuran yang juga bagus jika dijadikan sebagai bahan sup. Termasuk dalam jenis umbi, kentang juga bagus dijadikan kue. Kentang memiliki kandungan C tinggi dan amilum yang banyak. Berfungsi dalam menjaga mata, rambut dan kulit Anda.

5. Labu Kuning

Sedikit berbeda dengan jenis labu lainnya, labu kuning memiliki rasa yang special dengan kandungan vitamin B6, antioksidan, anti-kanker yang sangat bermanfaat mencegah kanker, menjaga kesehatan rambut, kulit, mata dan meningkatkan memori otak.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan amilum tinggi yang dapat bermanfaat dalam menjaga energy dalam tubuh, mengatasi resiko kanker, diabetes, kolestrol dan lainnya. Tidak hanya itu, ubi jalar juga memiliki karbohidrat tinggi yang akan mengenyangkan perut dan menambah tenaga.

7. Alpukat

Anda bisa menikmati alpukat dengan cara dijadikan jus yang lezat dengan kaya akan vitamin serta kandungan amilum yang tinggi. Vitamin E yang terdapat dalam alpukat memberikan peran penting, seperti menjaga tulang dan gigi, menurunkan kolestrol, diabetes, menjaga cadangan tenaga dan lainnya.

8. Mangga

Mangga memiliki rasa yang manis dengan banyak jenis. Semua jenisnya memiliki manfaat yang sama besarnya dan memiliki kandungan amilum yang tinggi.  Mangga kaya akan vitamin C yang bermanfaat dalam menjaga system kekebalan tubuh, meremajakan kulit serta membantu tekanan darah agar lebih terkontrol.

9. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sangat banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam seluruh masalah yang terjadi pada kulit. Tidak hanya itu, jeruk juga bermanfaat dalam menurunkan kolestrol, diabetes serta menjaga kesehatan dari usus dan paru-paru.

10. Apel

Apel adalah buah yang sangat segar dan manis. Bermanfaat dalam mengatasi bakteri dan virus serta memiliki kandungan amilum yang tinggi. Serat dalam apel juga berfungsi dalam mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan memori otak.

Makanan Dengan Kandungan amilum Tertinggi Lainnya:

11. Nanas
12. Pisang
13. Anggur
14. Lemon
15. Kacang Hitam
16. Buncis
17. Kacang Merah
18. Gandum
19. Beras Merah
20. Beras Putih

Baca juga: 6 Dampak Bahaya Minum Teh Campur Susu Untuk Kesehatan

Makanan dengan kandungan amilum yang tinggi diatas juga bermanfaat dalam meningkatkan asupan gizi dan nutrisi tubuh Anda. Selain itu, makanan tersebut juga bisa And jadikan menu diet sehat Anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top