Connect with us
close

Virtual.co.id

36 Makanan Dengan Kandungan Kalium Tertinggi

Uncategorized

36 Makanan Dengan Kandungan Kalium Tertinggi

Makanan dengan kalium tertinggi dapat membantu dalam banyak hal, khususnya pada kesehatan tubuh Anda. Kalium termasuk jenis mineral yang sehat untuk tubuh. Tugasnya adalah elektrolit yang dapat mengirimkan listrik kecil untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak kalium, ginjal dapat terjaga dan mengstabilkan system syaraf serta organ-organ tubuh yang penting.

Makanan Dengan Kalium Tinggi

Orang dewasa membutuhkan kalium sebanyak 4700 mg dalam sehari atau minimalnya, satu orang dewasa harus memenuhi 2000 mg kalium dalam satu hari. Berikut ini adalah makanan dengan kandungan kalium tertinggi yang dapat Anda konsumsi dengan sehat dan mudah didapat agar asupan gizi dan nutrisi tubuh tetap terjaga.

1. Sukun

Sukun merupakan buah yang termasuk tanaman kluwih dengan serat yang sangat tinggi. Sukun juga tercatat sebagai buah dengan kandungan kalium tinggi yaitu mampu menembus angka 1065 mg dalam 100 gram sukun. Buah ini juga bermanfaat dalam menurunkan kolestrol, penyakit jantung, darah tinggi dan lainnya.

2. Alpukat

Untuk lebih maksimal, Anda dapat meminum jus alpukat yang nikmat dan kaya akan kalium. Dalam 100 gram alpukat dapat mengandung setidaknya 975 mg kalium yang cukup banyak untuk memenuhi asupan gizi tubuh setiap hari. Selain itu, alpukat juga bermanfaat dalam mencegah kolestrol dan memiliki vitamin E yang tinggi.

3. Kurma

Buah kurma sangat baik dikonsumsi bulan puasa dan kaya akan vitamin B serta bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, kalium dalam 100 gram kurma dapat mencapai 956 mg yang artinya sangat baik untuk Anda konsumsi sehari sekali.

4. Markisa

Marikisa memiliki rasa yang enak sedikit asam dan jika sudah matang, markisa memiliki rasa yang manis. Buah ini dapat Anda temukan dengan mudah di Indonesia dan sangat bagus dijadikan jus. Markisa juga kaya akan vitamin A, B dan C serta zat besi. Kandungan kalium yang ada pada 100 gram markisa dapat memenuhi 854 mg kalium yang diperlukan tubuh.

Loading...

5. Jambu Merah

Salah satu jenis jambu yang cukup banyak peminatnya. Tak heran karena buah ini mengandung banyak manfaat salah satunya adalah mampu mengatasi radikal bebas sehingga terhindar dari kanker. Jambu merah memiliki kandungan kalium sebanyak 655 mg dalam 100 gram jambu merah.


6. Srikaya

Buah ini memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama dengan buah sirsak. Buah ini memiliki wangi yang khas dengan rasa yang sangat menyegarkan. Cukup sehat untuk Anda konsumsi bahkan setiap hari. Srikaya memiliki kandungan kalium sebanyak 457 dalam 100 gram daging srikaya.

7. Pisang

Pisang memiliki rasa yang manis dan kaya akan vitamin C dan kalium yang banyak yaitu mencapai 422 mg/100 gram. Pisang dapat Anda temukan dengan mudah di Indonesia dan memiliki banyak jenis. Tidak hanya memiliki kalium tinggi, buah ini juga sehat untuk menjaga cedera otot, menambah tenaga dan mengstabilkan system syaraf otot.

8. Pir

Buah Pir memiliki kalium tinggi yaitu 322 mg dalam 100 gram buah pir. Pir merupakan buah khas China namun bisa dengan mudah di temui di Indonesia. Buah ini kaya akan vitamin C dan baik dalam mengatasi infeksi kuman dan bakter serta mencegah radikal bebas masuk ketubuh.

9. Pepaya

Jus papaya merupakan salah satu menu diet sehat yang dapat Anda masukkan dalam menu utama Anda. Papaya memiliki kalori tinggi dengan rendah lemak serta kaya akan kalium. Buah papaya memiliki kalium sebanyak 354 mg dalam 100 gram pisang.


10. Kiwi

Kiwi banyak dan mudah didapat di Amerika. Di Indonesia, Anda dapat menemukannya di supermarket terdekat. Buah kiwi mengandung setidaknya 215 mg/100 gram.


Makanan Dengan Kandungan Kalium Tinggi Lainnya:

11. Mangga
12. Apel
13. Semangka
14. Kentang
15. Rebung
16. Buncis
17. Bok Choy
18. Talas
19. Ubi Jalar
20. labu Kuning
21. Seledri
22. Lobak
23. Sawi
24. Kedelai
25. Kacang Merah
26. Edamame
27. Kacang Hitam
28. Almond
29. Kacang Mete
30. Ikan Salmon
31. Ikan Sarden
32. Susu
33. Ikan Tuna
34. Ikan Lele
35. Telur
36. Stroberi


Baca juga: 15 Bahaya Kelamaan Tidur untuk Kesehatan

Kalium dapat membantu memenuhi asupan gisi dan nutrisi Anda serta membantu dalam mengatur tekanan darah, jumlah air dalam tubuh, keseimbangan, jantung, klorida dan lainnya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top