Connect with us
close

Virtual.co.id

31 Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tertinggi

Uncategorized

31 Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tertinggi

Asam folat dapat Anda dapatkan di berbagai jenis sayuran, daging dan juga buah. Asam folat berasal dari vitamin B dengan sifat larut dalam air dan juga merupakan bentuk sintetis vitamin B9. Anda bisa merasakan manfaat asam folat dengan cara mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Seperti yang sudah dikenal seperti bayam memiliki kandungan asam folat yang sehat untuk tubuh.

Makanan Dengan Asam Folat Tertinggi

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat tinggi tidak berakibat buruk untuk tubuh. Manfaat asam folat sangat baik dan perlu Anda tahu makanan apa saja yang memiliki kandungan asam folat tinggi untuk Anda konsumsi agar mencukupi kebutuhan asam folat Anda. Berikut adalah makanan dengan kandungan asam folat tinggi yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Bayam

Sayuran hijau ini tidak hanya memiliki banyak protein dan rendah kalori, namun kandungan asam folatnya juga sangat banyak. Kandungan asam folat pada bayam yaitu 194mcg/100gr, 49% AKG. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan sehat lainnya seperti vitamin B Kompleks, pyridoxine, thiamin dan riboflavin yang menyehatkan untuk tubuh.


2. Bit Merah

Dalam satu bit merah, kandungan asam folat dapat mencapai 107 mcg/100 gr, 27% AKG. Anda dapat dengan mudah mendapatkan buah bit merah dan sangat enak dijadikan makanan salad dan jus sehat. Tidak hanya mengandung banyak asam folat, bit merah juga mengandung vitamin A, B6, C, zat besi, kalium dan berbagai zat anti.

3. Kubis

Kubis tercatat memiliki kandungan asam folat mencapai 43/100 gr, 11% AKG. Kubis juga termasuk sayuran dengan banyak jenis seperti kubis hijau, putih dan ungi. Semuanya  memiliki kandungan asam folat yang cukup dan sehat untuk di konsumsi. Kubis juga dianjurkan untuk Anda ibu hamil karena memiliki peran penting dalam mendukung DNA. Namun tentu dengan takaran pas dan saran dokter.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau dengan rendah kalori dan memiliki serat yang melimpah. Vitamin C dalam brokoli juga dapat membantu mengencangkan kulit dan mengatasi bintik serta jerawat pada kulit. Kandungan asam folat pada brokoli yaitu sebanyak 63 mgc/100 gr, 16% AKG.

Loading...

5. Asparagus

Salah satu sayuran batang dengan berbagai kandungan sehat seperti vitamin K, anti oksidan, vitamin C, vitamin E, selenium, Seng, berta karoten dan yang paling penting yaitu asam folat. Kandungan asam folat pada asparagus mencapai 135 mcg/100 gr, 34% AKG.

6. Seledri

Makanan sehat ini sangat cocok untuk Anda konsumsi bagi yang sedang diet. Karena selain memiliki kandungan kalori yang rendah, seledri juga memiliki banyak kandungan asam folat didalamnya. Makanan yang cocok di konsumsi untuk ibu hamil dan penderita anemia ini memiliki kandungan asam folat sebesar 36mcg / 100 gr, 9% AKG.

7. Selada

Sayuran ini mengandung banyak mineral dan vitamin. Salada banyak dijadikan salad dan menjadi menu utama sehat dalam daftar makanan diet. Terbukit bermanfaat karena selada memiliki kandungan vitamin A, K, asam folat, zat besi, fito nutrisi, kalium dan masih banyak lainnya. Kandungan asam folat pada selada mencapai 29 mgc/100 gr, 7% AKG.

8. Jagung

Tidak hanya nikmat dimakan dan dijadikan sup, jagung juga memiliki banyak kandungan asam folat yaitu 19 mcg/100 gr, 5% AKG.

9. Kale

Kale memiliki kandungan vitamin A, K, B6 dan C. Tidak hanya itu, kandungan asam folat pada kale juga banyak yaitu 29 mcg/100 gr, 7% AKG.


10. Pisang

Pisang memiliki kandungan asam folat yang banyak, yaitu mencapai 20 mcg/100 gr, 5%. Tidak hanya itu, pisang juga banyak mengandung kalium, vitamin B6, C dan lainnya.

Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi Lainnya:

11. Jeruk
12. Buah Persik
13. Tomat
14. Alpukat
15. Melon
16. Stroberi
17. Pepaya
18. Kentang
19. Ubi Jalar
20. Roti Gandum
21. Kacang Lenting
22. Kacang Polong
23. Kacang Merah
24. Kacang Kedelai
25. Berbagai Produk Olahan Kedelai
26. Kacang Aldmon
27. Kacang Tanah
28. Ikan Salmon
29. Kenari
30. Hati Ayam
31. Kuning Telur

Baca juga: 28 Makanan Dengan Kalori Tinggi Sehat Untuk Tubuh

Sangat perlu Untuk Anda konsumsi asam folat setiap hari untuk memenuhi gizi dan nutrisi Anda. Kekurangan asam folat dapat mengakibatkan susuah tidur, gangguan chorn dan terjadi gangguan janin pada ibu hamil.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top