Connect with us
close

Virtual.co.id

23 Makanan Dengan Karbohidart Tinggi yang Sehat

Uncategorized

23 Makanan Dengan Karbohidart Tinggi yang Sehat

Karbohidrat merupakan kandungan yang terdapat dalam makanan yang berfungsi sebagai peningkatan pertumbuhan tubuh, meningkatkan tenaga dan lainnya. Anda wajib memerlukan karbohidrat untuk memenuhi asupan tenaga. Untuk itu, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi patut Anda komsumsi secukupnya.

Makanan Dengan Karbohidrat Tinggi

Selain yang telah disebutkan diatas, manfaat karbohidrat lainnya adalah dapat membantu tubuh dalam mengelola protein serta nutrisi agar dapat mengalir dengan normal dan dicerna oleh tubuh. Berikut ini adalah daftar makanan dengan karbohidrat tinggi yang baik untuk Anda konsumsi.

1 Gula

Gula dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat didalamnya. Meski begitu, pengonsumsian yang berlebihan dapat mengundang banyak penyakit. Gula mengandung setidaknya 100 gr, 26.67% Akg karbohidrat didalamnya. Hal ini dapat diartikan setiap makanan yang memiliki gula (manis) mengandung karbohidrat tinggi.


2. Tapung Sagu

Memiliki kandungan rata-rata Karbohidrat 76 gr, 20.67 % Akg. Jadi tapung sagu juga menjadi rekomendasi makanan berkarbohidrat tinggi yang bisa Anda konsumsi.

3. Sereal

Makanan berjenis sereal dikenal memiliki banyak kandungan karbohidrat. Anda dapat membelinya di supermarket atau mini market dengan beragam rasa. Menurut penelitian, 98% dari semangkuk sereal adalah karbohidrat. Hampir 100%, maka dari itu sereal adalah menu makan pagi yang cukup bagus. Namun untuk menyeimbangkan gisi, Anda dapat mengkonsumi makanan lain pendamping dari sereal. Sereal memiliki rata-rata 75 gr, 20 % Akg karbohidrat didalamnya.


4. Jagung

Jagung memiliki 74 gr, 19.73 % Akg karbohidrat didalamnya. Setiap 100 gram jagung tercatat setara dengan 25 karbohidrat. Jagung menjadi salah satu bahan pembuatan sup yang baik untuk kesehatan tubuh karena karbohidratnya yang pas untuk dijadikan sup. Karena itulah, jagung banyak digunakan sebagai bahan sup untuk orang sakit.

Loading...

5. Mie

Mie memiliki karbohidrat yang sangat banyak. Hampir 80% dari mei mengandung karbohidrat. Mie mengandung karbohidrat sebanyak 71 gr, 18.93 % Akg yang bagus untuk tubuh. Namun meski begitu, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi mie dalam jangka watu panjang dengan skala yang sering.

6. Roti

Anda dapat menemukan roti di supermarket, atau dapat membuat sendiri dengan bahan utama gandum. Gandum atau roti memiliki banyak kandungan karbohidrat. Mungkin Anda tidak tahu, roti gandum sangat bagus dijadikan sebagai pengganti nasi dan dipadukan dengan makanan lain seperti sayur, ikan dan lainnya. Roti mengandung karbohidrat sebanyak 51 gr, 13.6 % Akg.


7. Singkong

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selanjutnya adalah singkong. Singkong sangat cocok di goreng atau di rebus. Sama seperti nasi dan gandum, singkong juga menjadi salah satu makanan yang bisa dijadikan pengganti makanan utama nasi. Sinkong memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 38 gr, 10.13 % Akg. Anda dapat menemukan setidaknya 17% disetiap potongoan singkong yang Anda makan.


8. Pasta

Pasta sangat terkenal di Eropa dan menjadi salah satu makanan berkarbohidrat tinggi populer di Eropa. Pasta dan Spaghetti memiliki sekitar 97 gram karbohidrat dalam satu porsi. Karena kandungan pasta yang bagus dalam mengembalikan tenaga, pasta banyak dijadikan oleh warga Eropa sebagai makanan utama sama seperti roti atau singkong sebagai pengganti nasi yang sehat di Indonesia.


9. Barley

Biji barley sejak lama dikenal sebagai salah satu makanan dengan karbohidrat tinggi yang sehat untuk dikonsumsi. Hal ini tegas pernah disampaikan oleh berbagai peneliti di dunia. Di Korea dan Jepang, barley dapat dijadikan teh dan juga menjadi minuman sehat sehari-hari disana.

10. Beras

Mengandung sekitar 27 gr, 7.2 % Akg, beras sangat populer sebagai makanan utama di dunia, khususnya di Asia. Beras memiliki kandungan karbohidrat tinggi, lebih tinggi dari kandungan karbohidrat yang ada di beras merah. Beras yang sudah dimasak akan menjadi nasi, nasi ini memiliki karbohidrat yang tinggi dan menyehatkan.

Makanan Dengan Karbohidrat Tinggi Lainnya:

11. Beras Merah
12. Buah Pisang
13. Ubi
14. Kentang
15. Nanas
16. Mangga
17. Apel
18. Segala Macam Berry
19. Jeruk
20. Kedelai
21. Melon
22. Semangka
23. Tempe


Baca juga: 20 Dampak Tidak Cuci Kaki Setelah Keluar Rumah untuk Kesehatan

Setiap makanan yang memiliki karbohidrat tinggi sangat cocok dijadikan makanan utama. Kenapa? Karbohidrat dikenal dalam menjaga atau mengembalikan tenaga dalam tubuh. Karena itulah makanan dengan karbohidrat tinggi cocok dipadukan dengan berbagai lauk pauk dan dapat melengkapi gizi dan nutrisi tubuh Anda.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top