Connect with us
close

Virtual.co.id

32 Makanan Dengan Serat Tinggi Sehat Bagi Tubuh

Uncategorized

32 Makanan Dengan Serat Tinggi Sehat Bagi Tubuh

Serat merupakan salah satu zat yang harus diperlukan dalam tubuh. Serat memiliki banyak kandungan seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan pertumbuhan tubuh, mengatasi gangguan pencernaan dan masih banyak lainnya. Anda dianjurkan untuk terus mengkonsumsi banyak serat bahkan setiap hari. Jadi sangat perlu Anda tahu makanan dengan kandungan serat tinggi, baik itu secara alami ataupun poroduk olahan.

Makanan Dengan Serat Tinggi

Serat dapat Anda temui banyak terkandung di buah-buahan atau sayur-sayuran. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, serat juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama program diet. Hal ini karena serat tak mengandung sedikit pun kalori, lemak atau karbohidrat sehingga tak akan membuat berat badan Anda naik. Berikut ini adalah makanan dengan kandungan serat alam dan produk olahan yang tinggi dapat Anda konsumsi dan sehat.

1 Brokoli

Brokoli dikenal sebagai salah satu sayuran dengan serat paling tinggi, makanan ini dianjurkan untuk orang yang sedang mengalami kolestrol karena tidak hanya membantu pertumbuhan tubuh, brokoli juga membantu dalam menurunkan kolestrol. Brokoli setidaknya memiliki kandungan serat alami 0.9 gram dalam 100 gram brokoli.

2. Bayam

Bayam memiliki khasiat ampuh membuat tubuh lebih fit dan bertenaga serta juga dapat menurunkan kolestrol. Hal ini karena kandungan serat alam yang banyak membuat bayang lebih bermanfaat, bahkan lebih baik dari brokoli. Bayam memiliki 2.8 gr per 100 gram dalam bayam, yang airtinya hampir 3 kali lipat dari kandungan serat dalam brokoli.

3. Kangkung

Kangkung sangat enak jika diolah tumis atau direbus, dianjurkan untuk Anda konsumsi jika sedang diet. Tidak hanya memiliki kandungan serat tinggi, kangkung juga memiliki banyak kandungan seperti vitamin dan kalsium.

4. Buncis

100 gr dari buncis sudah setara dengan 1.2 gr serat dan sangat baik untuk Anda konsumsi. Selain memiliki kandungan nutrisi dan serat tinggi, buncis juga dianjurkan untuk Anda penderita ambien, sayuran ini sangat ampuh dalam mengatasi penyakit ambien.

Loading...

5. Daun Selada

Daun selada yang sering kita jumpai dalam makanan salad dan burger memiliki kandungan serat alam yang melimpah. Anda bisa mendapatkan setidaknya 0.6 gr kandungan serat dalam 100 gram daun selada. Tidak hanya kaya serat, daun selada juga bagus sebagai makanan diet dan enak untuk dikonsumsi.

6. Sereal

Makanan olahan seperti sereal atau oatmeal merupakan salah satu rekomendasi makanan dengan kalori tinggi yang baik untuk Anda konsumsi. Namun ternyata tidak hanya kalori dan karbohidrat, serat dalam sereal juga cukup banyak dan hal ini membuat sereal menjadi makanan penyeimbang yang baik.

7. Roti Gandum

Roti gandum sedikit berbeda dengan roti biasanya seperti roti putih dan olahan roti lainnya. Tidak semua roti terbuat dari gandum, roti gandum dinamai khusus karena dibuat dari gandum yang memiliki kandungan serat yang sangat banyak.

8. Kacang Merah

Makanan dengan kandungan serat tinggi berikutnya adalah kacang merah, salah satu jenis kacang yang sangat banyak seratnya. Dalam satu cangkir kacang merah sudah setara dengan 15 gram kandungan serat. Kacang merah juga cocok untuk dijadikan makanan pendamping salad.

9. Kacang Polong

Tidak hanya kacang merah, kacang polong juga masuk dalam salah satu makanan dengan serat tertinggi. Dianjurkan untuk Anda konsumsi dengan cara direbus, karena kacang polong yang telah direbus dapat menghasilkan setidaknya 8.8 gram kandungan serat.

10. Edamame

Edamame merupakan salah satu jenis kacang yang berasal dari Jepang. Tidak hanya serat tinggi, edamame juga dikenal di Jepang sebagai makanan dengan kandungan protein tinggi. Setengah cangkir edamame setara dengan 9 gram kandungan serat, sangat baik untuk Anda konsumsi dengan takaran pas dan rutin.

Makanan Dengan Kandungan Serat Tinggi Lainnya:

11. Kacang Hijau
12. Beras Merah
13. Gandum
14. Jagung
15. Nanas
16. Manggat
17. Tomat
18. Buah Wiki
19. Buah Berry
20. Jambu Biji
21. Pepaya
22. Alpukat
23. Buah Pir
24. Pisang
25. Apel
26. Kentang
27. Wortel
28. Paprika
29. Pare
30. Seledri
31. Timun Jepang
32. Pisang

Baca juga: 21 Jenis Makanan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Serat sangat baik untuk mencukupi asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh. Karena itu makanan diatas sangat cocok untuk Anda konsumsi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top