Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin K yang Tinggi

Uncategorized

20 Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin K yang Tinggi

Tubuh Anda perlu mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan vitamin K yang tinggi karena vitamin ini merupakan salah satu vitamin penting untuk kesehatan. Vitamin K berguna sebagai pengontrol asupan berlebih dalam tubuh Anda. Jenis vitamin ini ada tiga, yaitu menadion, menaquinon, dan filoquinon. Manfaat vitamin K lainnya yang membantu pembekuan darah di tubuh Anda, sehingga jika Anda terluka, tubuh Anda tidak akan mudah mengeluarkan banyak darah yang mengalir.

Konsumsi vitamin K pun tidak boleh berlebihan. Jika Anda mengonsumsi vitamin ini terlalu banyak, maka tubuh Anda akan mengalami kelebihan nutrisi. Pencegahannya yaitu dengan mengatur pola makan yang lebih baik dan menghitung porsi makanan yang mengandung vitamin K setiap harinya untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis makanan dengan kandungan vitamin K yang tinggi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda.

20 Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin K yang Tinggi

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan dengan kandungan vitamin K yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Buah plum

Jenis makanan yang mengandung vitamin K cukup tinggi berasal dari salah satu buah, yaitu buah plum. Buah ini merupakan sumber vitamin K yang alami untuk tubuh Anda. Satu porsi buah plum mengandung 250 gram vitamin K.

2. Blueberi

Buah blueberi mengandung sekitar 20 mcg tiap 100 gram buahnya. Tidak hanya mengandung vitamin K, buah ini juga mempunyai sifat anti inflamasi dan anti oksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari penyakit.

3. Buah alpukat

Kandungan vitamin K dalam buah alpukat sangatlah tinggi. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah ini langsung agar kandungan vitaminnya tidak terbuang. Untuk melancarkan pencernaan, Anda juga dapat membuat jus alpukat tanpa campuran gula.

Loading...

4. Anggur

Siapa sangka jika buah anggur yang digolongkan ke dalam buah mewah ini mampu menjadi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin K. Buah ini juga dapat menjaga kesehatan pankreas dan ginjal Anda.

5. Buah kiwi

Kandungan vitamin dalam buah kiwi tidak hanya vitamin C saja, namun juga vitamin K. Kandungan vitamin K dalam buah ini cukup tinggi, sekitar 42 mcg dalam setiap 100 gram buah. Cocok sebagai salah satu camilan sehat.

6. Kale

Sumber vitamin K tidak hanya bisa Anda dapatkan dari buah, namun juga dari sayuran. Kale merupakan jenis sayuran yang mengandung cukup banyak vitamin K, mineral, dan juga sifat anti oksidan yang alami.

7. Selada

Jangan ragu untuk mengonsumsi lebih banyak selada mulai dari sekarang. Sayuran yang satu ini mengandung cukup banyak vitamin K. Tidak hanya segar sebagai lalapan, selada juga mampu menjadi  sumber vitamin K yang sehat.

8. Kubis brussel

Jenis sayuran kubis yang satu ini cenderung lebih banyak mengandung kalori. Namun sayuran ini juga banyak mengandung vitamin K yang tubuh Anda butuhkan. 300 mg vitamin K terdapat pada satu porsi kubis.

9. Kembang kol

Selama ini kita sering mengonsumsi kembang kol sebagai bahan masakan berupa sayur. Kembang kol selain enak juga akan memberikan asupan vitamin K yang cukup. Anda akan mendapatkan sekitar 125 mcg vitamin K dalam 100 gram kol.

10. Bayam

Sayuran bayam dikenal sebagai sayur yang mengandung cukup banyak zat besi yang menjadi sumber sehat dalam mencegah anemia dan kelelahan. Bayam juga memiliki kandungan vitamin K sehat sekitar 90 mcg.

Baca Juga: 15 Jenis Makanan dengan Kandungan Estrogen untuk Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan dengan kandungan vitamin K yang tinggi lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin K yang Tinggi Lainnya

11. Brokoli
12. Asparagus
13. Kentang
14. Sawi hijau
15. Kacang kedelai
16. Kacang polong
17. Minyak ikan
18. Peterseli
19. Sawi hijau
20. Bit

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan dengan kandungan vitamin K yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top