Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Jenis Makanan Mengandung Gas Tinggi bagi Tubuh

Uncategorized

12 Jenis Makanan Mengandung Gas Tinggi bagi Tubuh

Ada beberapa jenis makanan mengandung gas tinggi bagi tubuh yang dapat membuat perut Anda terasa kembung. Tubuh Anda sendiri sebenarnya memiliki gas yang ada pada usus dan juga lambung. Hal ini bisa berasal dari jenis makanan yang Anda konsumsi serta tekanan usus yang mendorong sisa makanan untuk keluar dari dalam tubuh. Keberadaan gas ini di dalam tubuh tidaklah berbahaya namun akan cukup mengganggu pencernaan Anda.

Gas di dalam pencernaan Anda bisa juga bertambah jika Anda mengonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak gas. Apakah ada jenis makanan yang seperti ini? Tentu saja ada. Makanan ini akan membuat Anda buang gas dengan intensitas yang tinggi. Perut pun akan menjadi terasa tidak terlalu nyaman. Jika Anda sedang dalam aktivitas yang sibuk dan tidak ingin terganggu dengan adanya sakit perut, maka Anda perlu menghindari konsumsi makanan dengan kandungan gas yang tinggi.

12 Jenis Makanan Mengandung Gas Tinggi bagi Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung gas tinggi bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Brokoli

Jenis makanan yang berasal dari sayuran dapat menjadikan tubuh Anda penuh dengan gas, salah satunya yaitu brokoli. Jika Anda penyuka sayuran yang satu ini, Anda dapat mengatur porsi brokoli yang akan Anda konsumsi.

2. Kubis brussel

Jenis kubis yang akan menambah gas di dalam tubuh Anda yaitu kubis brussel. Kubis jenis ini mengandung beberapa senyawa yang dapat memicu adanya gas di dalam lambung serta usus besar di tubuh Anda.

3. Kubis

Sama halnya dengan kubis brussel, kubis biasa pun dapat menjadikan perut Anda terasa kembung penuh denga gas jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Ada baiknya Anda mengkombinasikannya dengan makanan lain agar gas yang muncul dapat dikurangi.

Loading...

4. Kembang kol

Siapa yang tidak mengenali kembang kol? Sayuran yang satu ini sudah menjadi bahan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang sebagai salah satu bahan masakan. Siapa sangka jika kembang kol dapat menjadi pemicu banyaknya gas di dalam tubuh.

5. Pir

Ada beberapa jenis buah yang mengandung zat gula sorbitol. Zat gula inilah yang menjadi pemicu timbulnya gas di dalam tubuh Anda. Sorbitol dapat Anda temukan pada buah pir, itulah mengapa buah ini bisa terasa begitu manis.

6. Apel

Tidak hanya buah pir saja, namun juga buah apel yang mengandung zat sorbitol. Jika selamai ini Anda hampir setiap hari mengonsumsi apel dan mengeluarkan gas yang tidak sedap, Anda dapat mengurangi jumlahnya sedikit.

7. Plum

Siapa yang tidak menyukai buah plum? Buah manis yang satu ini menjadi buah favorit banyak orang. Rasa manisnya yang segar mengandung zat gula sorbitol yang akan menambah kandungan gas di dalam tubuh Anda.

8. Buah Persik

Sama halnya dengan buah persik. Buah yang satu ini dapat menjadi pemicu banyaknya gas dalam tubuh Anda. Jadi jika Anda tidak ingin merasakan perut kembung karena kebanyakan gas, Anda dapat mengurangi konsumsi buah persik.

9. Bawang

Baik bawang merah maupun bawang putih adalah sumber makanan yang mengandung gas cukup tinggi. Hal ini diperoleh dari kandungan zat pedas yang ada di dalamnya sehingga dapat menambah gas di dalam lambung Anda.

10. Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan tidak hanya mengandung protein, namun juga kandungan senyawa lainnya yang menjadikannya sumber makanan dengan kandungan gas yang tinggi. Hindarilah perut kembung dengan memperhatikan jumlah kacang-kacangan yang akan Anda konsumsi.

11. Makanan berkarbohidrat

Nasi yang Anda konsumsi setiap hari merupakan salah satu jenis makanan dengan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat yang Anda konsumsi akan berubah menjadi gula dan menjadikannya sebagai sumber makanan yang akan menambah gas di dalam tubuh.

12. Soda

Jika Anda sering meminum soda, maka efeknya akan sangat terasa langsung ke dalam tubuh. Soda merupakan jenis minuman dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Itulah mengapa Anda akan cenderung merasa kembung setelah mengonsumsi soda.

Baca Juga: 22 Jenis Makanan Detoksifikasi Alami untuk Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung gas tinggi bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top