Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Makanan Mengandung Gizi Seimbang untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

5 Makanan Mengandung Gizi Seimbang untuk Kesehatan Tubuh

Jenis makanan mengandung gizi seimbang untuk tubuh Anda tidak bisa Anda temukan dalam satu jenis makanan saja. Jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat, Anda perlu menggabungkan satu jenis makanan dengan makanan lainnya. Tubuh dengan asupan gizi yang seimbang akan membuat Anda terhindar dari gejala penyakit. Gizi seimbang disini artinya kandungan nutrisi dalam makanan tersebut tidak terlalu banyak namun juga cukup untuk tubuh.

Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang kandungan gizinya belum tentu menyehatkan tubuh Anda. Saat ini sudah banyak jenis makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna makanan, dan zat aditif. Sebisa mungkin pilihlah jenis makanan dengan kandungan gizi yang seimbang dan masig organik. Makanan organik tanpa kandungan senyawa kimia bisa menjadi sumber makanan sehat dengan gizi yang baik untuk tubuh.

5 Makanan Mengandung Gizi Seimbang untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa makanan mengandung gizi seimbang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

5 Makanan Mengandung Gizi Seimbang untuk Kesehatan Tubuh

1. Makanan bergizi mengandung karbohidrat

Makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh Anda agar Anda tetap memiliki energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas setiap harinya. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Anda akan dibakar oleh tubuh menjadi gula dan disimpan menjadi energi.

Itulah sebabnya Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat. Resikonya Anda akan mengalami banyak gejala obesitas dan juga kegemukan. Anda dapat mengonsumsi singkong, kentang, sagu, nasi, dan jagung.

2. Makanan berupa daging

Tubuh Anda juga memerlukan makanan yang bergizi yang berasal dari daging. Konsumsi daging yang seimbang setiap harinya akan memberikan protein yang cukup ke dalam tubuh. Protein ini akan menjadi sumber gizi sehat yang mampu menguatkan imun tubuh dan menyeimbangkan hormone di tubuh. Anda perlu memperhatikan konsumsi daging agar kandungan lemaknya tidak berubah menjadi kolesterol yang jahat.

Loading...

3. Sayur-sayuran

Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayuran. Makanan dengan kandungan gizi yang seimbang akan Anda temukan pada sayuran. Sayuran mengandung banyak gizi sehat seperti protein, serat, dan juga vitamin. Peran yang paling penting dari sayur-sayuran yaitu kandungan seratnya yang akan membuat pencernaan Anda menjadi lancar.

Pencernaan yang lancar akan membuat penyerapan gizi di dalam tubuh menjadi lebih baik serta optimal. Jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi yaitu wortel, lobak, kol, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi.

4. Buah-buahan

Jika sayuran memiliki peran penting dalam memberikan serat yang cukup, buah-buahan akan lebih memberikan cukup banyak vitamin ke tubuh Anda. Ada banyak jenis buah yang mengandung berbagai macam jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Vitamin yang alami dari buah-buahan akan lebih menyehatkan tubuh daripada vitamin  buatan yang Anda beli di toko obat. Buah juga mengandung gula dan air yang alami sehingga tubuh Anda tidak akan kekurangan cairan yang berlebihan. Konsumsilah buah seperti jeruk, sirsak, anggur, alpukat, dan buah lainnya.

5. Gizi kalsium

Jangan lupakan kalsium. Gizi yang satu ini sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan pembentukan gigi. Kalsium akan Anda temukan pada sebagian besar susu hewan, seperti susu sapi dan kambing. Namun jika Anda mempunyai alergi terhadap susu hewan, Anda dapat mengonsumsi jenis susu yang berasal dari tumbuhan seperti susu kedelai.

Konsumsi susu sebaiknya diimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak karena hampir 80% tubuh kita terdiri dari cairan tubuh yang perlu ditambah setiap harinya. Hal ini akan mencegah Anda dari dehidrasi dan sejumlah penyakit lainnya.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Bernutrisi untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang makanan mengandung gizi seimbang untuk kesehatan tubuh yang dianjurkan untuk kesehatan Anda. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top