Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Uncategorized

20 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Anda akan dengan mudah menemukan jenis makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Lemak merupakan salah satu nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Jenis lemak pun ada beberapa, mulai dari lemak jenuh sampai dengan jenis lemak tak jenuh. Para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk mengonsumsi lemak jenuh dengan jumlah atau porsi yang terbatas.

Lemak jenuh dapat membuat tubuh Anda mengalami kelebihan lemak. Kelebihan lemak ini akan membuat tubuh Anda justru mengalami banyak resiko kesehatan dengan adanya gangguan penyakit. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, Anda perlu mengatur jenis makanan apa saja yang akan Anda konsumsi. Pemilihan jenis makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi sangat penting agar Anda tidak mudah terjangkit penyakit.

20 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung lemak tak jenuh yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Daging babi

Jenis makanan yang mengandung cukup banyak lemak jenuh yaitu daging, termasuk daging babi. Daging yang satu ini perlu Anda konsumsi dengan jumlah yang terbatas agar lemak tak jenuh tidak menumpuk di dalam tubuh Anda.

2. Daging sapi

Tidak hanya daging babi saja, namun juga jenis daging merah lainnya seperti daging sapi. Jika Anda sering mengonsumsi daging ini, ada baiknya Anda mengonsumsinya tanpa ada lemak. Daging ini setidaknya mengandung 50 gram lemak jenuh dalam setiap 100 gram nya.

3. Daging panggang

Cara pengolahan daging yang benar pun menjadi faktor penentu kandungan lemak di dalamnya. Daging merah yang dipanggang cenderung akan mengandung lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan nutrisi lainnya.

Loading...

4. Daging asap

Jenis daging yang diolah dengan cara diasapi tidak hanya mengandung lemak jenuh yang tinggi, namun juga akan membahayakan tubuh Anda dengan menempelnya karbon akibat proses pengasapan yang berasal dari arang.

5. Paha ayam

Ada bagian tertentu dari daging ayam yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Salah satu bagiannya yaitu paha ayam. Diet yang sehat sebaiknya mengonsumsi dada ayam tanpa kulit dan menghindari bagian pahanya.

6. Krim susu

Susu merupakan sumber nutrisi sehat yang tubuh Anda perlukan. Namun susu menjadi krim justru akna memberikan tubuh Anda lebih banyak lemak jenuh. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak.

7. Keju

Olahan susu lainnya yang cukup banyak mengandung lemak jenuh yaitu keju. Kandungan lemak jenuh murni yang ada pada keju sangat tinggi. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi keju terlalu banyak jika ingin mencegah kelebihan lemak di dalam tubuh.

8. Susu

Banyak susu yang mengandung lemak jenuh karena banyak berasal dari sapi. Pilihan yang tepat dalam mengonsumsi susu yaitu dengan memilih susu yang rendah lemak sehingga tubuh Anda tetap akan mendapatkan nutrisi dari susu tanpa banyak menyerap lemak berlebih.

9. Es krim

Penyuka es krim sebaiknya mulai memperhatikan konsumsi es krim yang mereka makan setiap hari. Hampir semua es krim dibuat dengan menggunakan bahan susu. Ditambah dengan perasa seperti coklat membuat es krim mengandung lemak jenuh yang tinggi.

10. Mentega

Satu lagi jenis makanan yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi, yaitu mentega. Banyak ibu rumah tangga yang mengganti pemakaian minyak goreng dengan mentega namun tidak memperhatikan kadar mentega yang dikonsumsi.

Baca Juga: 25 Bahaya Konsumsi Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung lemak tak jenuh yang tinggi lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan Mengandung Lemak Tak Jenuh yang Tinggi Lainnya

11. Mayonaise
12. Minyak sawit
13. Coklat hitam
14. Ikan sarden
15. Kepiting
16. Kornet
17. Kacang brazil
18. Ayam goreng
19. Kentang goreng
20. Daging kambing

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung lemak tak jenuh yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top