Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Jenis Makanan dan Minuman Palsu yang Sering Dibuat

Uncategorized

17 Jenis Makanan dan Minuman Palsu yang Sering Dibuat

Anda perlu mewaspadai adanya jenis makanan dan minuman palsu yang sering dibuat dan memberikan efek buruk untuk kesehatan. Mengapa ada jenis makanan dan minuman palsu? Hal ini tidak terlepas dari campur tangan oknum yang ingin mengambil untung banyak. Caranya dengan menambah bahan lainnya ke dalam suatu jenis makanan atau minuman sehingga tampak seperti aslinya padahal kandungan yang ada didalamnya palsu.

Apa saja tambahan bahan lainnya? Bisa berupa pengawet, pewarna tekstil, sampai dengan bahan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Makanan dan minuman palsu ini terntunya akan membuat kesehatan Anda terganggu. Apalagi jenisnya sangat mudah untuk Anda temukan dan cukup sulit untuk dibedakan dengan yang asli. Itulah mengapa Anda dituntut untuk lebih jeli dalam mengonsumsi jenis makanan seperti apa yang akan masuk ke dalam tubuh.

17 Jenis Makanan dan Minuman Palsu yang Sering Dibuat

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan dan minuman palsu yang sering dibuat yang perlu Anda ketahui.

1. Minyak zaitun

Mengapa minyak zaitun ada yang menjual jenis palsunya? Minyak jenis ini termasuk minyak yang banyak dicari dan dikonsumsi namun harganya tidaklah murah. Hal ini pun dimanfaatkan beberapa orang untuk membuat minyak zaitun yang palsu.

2. Saffron

Anda pasti masih asing dengan rempah-rempah yang satu ini. Saffron merupakan salah satu rerempahan yang juga sering dibuat yang palsu yang dibuat dari bahan gelatine, zat pewarna tambahan, dan juga tepung.

3. Jus jeruk yang dikemas

Minuman buah seperti jeruk sering dibuat yang palsu dalam bentuk kemasan. Mengapa kemasan? Karena tidak banyak orang yang akan mengetahui minuman ini asli atau palsu. Jus jeruk sendiri memang menjadi salah satu minuman yang cukup laris.

Loading...

4. Susu

Bagi Anda yang sering mengonsumsi susu berbentuk cair, Anda perlu berhati-hati. Sudah banyak susu cair palsu yang beredar di pasaran dengan campuran zat kimia berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Kopi

Jenis minuman lainnya yang sering dipalsukan yaitu kopi. Hal ini berkaitan dengan banyaknya peminat kopi yang mengonsumsi minuman ini. Jenis kopi palsu biasanya dicampur dengan caramel dan juga jagung.

6. Madu

Banyak orang yang mengandalkan madu sebagai salah satu sumber sehat pasca terserang penyakit. Sayangnya, saat ini sudah banyak jenis madu yang dipalsukan dengan membuatnya dari gula serta sirup jagung.

7. Jus apel kemasan

Selain jus jeruk, jus apel juga sering dijadikan objek pemalsuan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Demi mendapatkan keuntungan dari banyaknya pembeli jus buah yang satu ini dan membuatnya dari bahan pemanis buatan.

8. Bakso

Siapa yang tidak menyukai bakso? Selain dicampur dengan formalin, bakso juga sering dipalsukan dengan berbagai jenis bahan yang tidak lazim untuk dikonsumsi seperti daging tikus atau bahkan daging kucing.

9. Gorengan

Gorengan tidak hanya sering dicampur dengan plastik yang berbahaya, namun juga bahan-bahan lainnya yang tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini tentu saja untuk menekan biaya produksi dan menambah keuntungan.

10. Kayu manis

Ibu rumah tangga sering membuat berbagai jenis masakan dengan menggunakan kayu manis. Siapa sangka jika bumbu masakan yang satu ini juga ada yang berjenis palsu. Biasanya kayu manis palsu dibuat dari ampas kopi bubuk.

Baca Juga: 10 Bahaya Konsumsi Oatmeal Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan dan minuman palsu yang sering dibuat lainnya. Berikut ini 7 jenis makanan lainnya:

7 Jenis Makanan dan Minuman Palsu yang Sering Dibuat Lainnya

11. Sambel botol
12. Saus botol
13. Minyak goreng
14. Biskuit cokelat
15. Ikan segar
16. Coklat kemasan
17. Kunyit bubuk

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan dan minuman palsu yang sering dibuat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan keluarga dengan mengonsumsi makanan yang tepat, agar tidak mudah terjangkit gangguan kesehatan yang berbahaya untuk tubuh. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top