Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Jenis Makanan Minuman Puasa yang Menyehatkan

Uncategorized

10 Jenis Makanan Minuman Puasa yang Menyehatkan

Saat puasa, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan minuman puasa yang menyehatkan agar tubuh Anda tetap sehat. Puasa merupakan suatu kegiatan dimana Anda tidak diperbolehkan minum dan makan dari matahari terbit sampai dengan matahari tenggelam. Hal ini pun membuat pola makan Anda berubah yang tadinya sehari tiga kali di siang hari menjadi menjelang malam dan menjelang waktu pagi saja.

Agar Anda tetap sehat saat puasa, Anda perlu lebih jeli dalam memilih jenis makanan. Tidak semua makanan yang Anda temui baik untuk kesehatan ketika puasa. Ada makanan yang justru dapat memberikan efek buruk ketika Anda puasa. Ada pula jenis makanan sehat yang akan membantu puasa Anda tetap lancar dan tubuh Anda tetap sehat. Jenis makanan inilah yang seharusnya Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

10 Jenis Makanan Minuman Puasa yang Menyehatkan

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan minuman puasa yang menyehatkan yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan berkarbohidrat

Jangan lupakan karbohidrat karena zat inilah yang menjadi sumber tenaga Anda. Konsumsilah antara nasi, kentang dan juga ubi ketika Anda puasa. Hal ini penting agar tubuh Anda tidak kelebihan karbohidrat hanya dari nasi saja.

2. Serat

Konsumsilah makanan yang mengandung cukup banyak serat seperti nasi merah dan gandum. Serat akan membantu tubuh Anda mempunyai pencernaan yang tetap lancar sehingga ketika puasa Anda tidak akan terserang penyakit pencernaan.

3. Protein

Kandungan protein dalam daging, ikan, dan telur sebaiknya juga Anda jadikan menu makanan sehat ketika puasa. Tubuh Anda juga tidak akan kekurangan nutrisi sehat dari makanan berprotein saat menjalankan puasa.

Loading...

4. Kacang-kacangan

Penuhi kebutuhan nutrisi lengkap saat puasa dengan menambahkan kacang-kacangan. Selain protein hewani, Anda juga membutuhkan protein nabati dari kacang kedelai, kacang edamame, dan jenis kacang lainnya.

5. Sayuran hijau

Makanan lainnya yang sebaiknya Anda konsumsi ketika puasa yaitu sayuran hijau. Sayuan hijau mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh karena saat puasa Anda membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral ketika saur dan berbuka.

6. Buah-buahan

Jangan lupakan buah-buahan dengan kandungan airnya yang segar. Buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga air yang akan membuat Anda tetap segar ketika puasa sehingga tidak mengalami kekurangan cairan.

7. Kurma

Kurma mungkin berukuran kecil namun manfaatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh. Itulah mengapa banyak orang yang menyarankan untuk mengonsumsi kurma saat waktu buka puasa telah tiba.

8. Air putih

Hindari minuman yang terlalu manis ketika Anda puasa. Minuman manis hanya akan membuat tubuh Anda mempunyai nafsu makan yang lebih banyak. Sebaiknya minumlah air putih dengan lebih teratur ketika berpuasa.

9. Madu

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan manis saat puasa, sebaiknya Anda mengonsumsi madu. Madu berguna untuk memberikan energi yang menyehatkan dan juga menambah kesegaran dengan kandungan gulanya yang alami.

10. Susu rendah lemak

Jika Anda membutuhkan banyak kalsium terutama dari susu, pilihlah jenis susu yang rendah lemak. Hal ini penting agar Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak lemak dan tidak mengalami kegemukan ketika puasa.

Baca Juga: 10 Bahaya Makanan Kadaluarsa untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan minuman puasa yang menyehatkan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top