Connect with us
close

Virtual.co.id

33 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Asam Urat

Uncategorized

33 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit yang timbul akibat terlalu banyak zat purin yang ada di dalam tubuh Anda. Zat ini banyak terdapat pada makanan yang sering kita konsumsi setiap harinya. Penyakit asam urat sendiri banyak diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut karena tubuhnya sudah tidak mempunyai daya tahan yang kuat ketika masih muda. Jika penyakit asam urat Anda tidak ditangani dengan segera, maka kemungkinan besar Anda akan terjangkit penyakit lainnya seperti diabetes.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, banyak jenis makanan pemicu penyakit asam urat yang ada di sekitar Anda. Akan lebih baik jika Anda menghindari makanan pemicu ini agar tubuh Anda tidak mudah diserang asam urat. Resiko asam urat yang paling tinggi berasal dari konsumsi makanan sehari-hari. Itulah mengapa Anda perlu lebih selektif dalam menjaga pola makan dan juga makanan seperti apa yang harus Anda konsumsi dan harus Anda hindari.

35 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Asam Urat

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan untuk mencegah penyakit asam urat, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan pemicu penyakit asam urat yang perlu Anda hindari.

1. Jenis daging merah

Ada banyak jenis daging yang bisa Anda temukan namun kandungan zat purin dalam setiap daging bisa berbeda. Jika Anda mempunyai gejala penyakit asam urat, Anda masih bisa mengonsumsi daging merah namun dalam porsi yang masih wajar.

2. Daging kalkun

Salah satu jenis daging yang dapat memicu penyakit asam urat yaitu daging kalkun. Hal ini karena di dalam daging ini ditemukan cukup banyak zat purin yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Hindarilah mengonsumsi daging kalkun terlalu banyak.

3. Ikan bandeng

Konsumsi hewan tidak hanya berasal dari hewan yang diternakan di darat, namun juga di laut. Salah satu jenis makanan yang dapat menimbulkan penyakit asam urat yaitu ikan bandeng. Anda masih bisa mengonsumsi ikan ini tapi tidak terlalu sering.

Loading...

4. Udang

Selain ikan, Anda yang ingin menghindari penyakit asam urat juga sebaiknya tidak mengonsumsi udang. Kandungan senyawa yang ada dalam udang dapat memicu asam urat dan juga kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

5. Asparagus

Siapa sangka jika ada beberapa jenis sayuran yang juga bisa memicu timbulnya penyakit asam urat. Salah satunya yaitu sayuran berupa asparagus. Zat purin dalam sayuran ini lebih banyak dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

6. Kangkung

Sayuran jenis kangkung juga dapat menjadi makanan yang menyebabkan timbulnya penyakit asam urat. Kangkung dapat membuat penyakit asam urat Anda menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dan membuat darah Anda penuh dengan lemak.

7. Kacang hijau

Kandungan zat purin yang menyebabkan penyakit asam urat pada kacang hijau cukup tinggi. Yaitu sekitar 90 mg dalam setiap porsinya. Pastikan Anda mengonsumsi kacang ini dengan wajar agar tidak memicu asam urat.

8. Kacang mete

Jenis kacang yang satu ini terkenal dengan rasanya yang enak dan harganya yang juga cukup mahal. Sama seperti kacang hijau, kacang mete mengandung cukup banyak zat purin yang dapat membuat tubuh Anda terkena asam urat.

9. Kornet sapi

Daging olahan berupa kornet ternyata juga tidak baik untuk dikonsumsi dengan berlebihan. Kornet sapi mengandung cukup banyak zat purin. Jika Anda sering memakannya, maka sudah bisa dipastikan Anda akan terjangkit asam urat.

10. Ikan yang dikeringkan

Zat purin yang terkandung di dalam satu porsi ikan kering sekitar 1000 mg. Jika Anda termasuk salah satu orang yang menyukai ikan ini, maka Anda perlu lebih mengontrol lagi porsi konsumsi Anda terhadap ikan ini. Jika terlalu banyak, Anda akan dengan mudah diserang penyakit asam urat.

Baca Juga: 35 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan lainnya yang dapat memicu penyakit asam urat. Berikut ini 23 jenis makanan lainnya:

23 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Asam Urat Lainnya

11. Jeroan sapi
12. Hati sapi
13. Daging domba
14. Dada dan kulit ayam
15. Daging ayam
16. Daging angsa
17. Lidah sapi
18. Daging kuda
19. Daging bebek
20. Hati ayam
21. Ikan haring
22. Lobster
23. Kerang
24. Ikan kakap
25. Biji melinjo
26. Kacang kedelai
27. Minuman dengan rasa manis berlebih
28. Roti manis
29. Ragi
30. Tempe
31. Daging kambing
32. Daging dalam kaleng
33. Ikan asin

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan pemicu penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top