Connect with us
close

Virtual.co.id

53 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin yang Efektif

Uncategorized

53 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin yang Efektif

Jika Anda mengonsumsi jenis makanan penambah hemoglobin, maka tubuh Anda akan terhindar dari beberapa jenis penyakit. Hemoglobin merupakan protein yang bekerja sebagai nutrisi dan menyebarkannya ke seluruh tubuh Anda. Kadar hemoglobin yang rendah di dalam darah Anda akan memicu timbulnya penyakit anemia. Hal ini akan berakibat pada banyaknya gejala mudah lelah dan juga lemas saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari.

Tubuh manusia mempunyai kadar hemoglobin yang berbeda. Hal ini tergantung pada pola hidup dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi sehat, maka tubuh Anda akan mempunyai kadar hemoglobin yang rendah. Cegahlah penyakit anemia dan tubuh yang mudah lemas dengan mengonsumsi jenis makanan penambah hemoglobin yang baik untuk kesehatan Anda.

53 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin yang Efektif

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penambah hemoglobin yang efektif yang perlu Anda ketahui.

1. Daging

Jenis makanan penambah hemoglobin yang efektif dapat Anda peroleh dari daging. Konsumsi daging sesuai dengan porsinya akan mencegah kekurangan hemoglobin dan membuat tubuh Anda tidak kekurangan energi serta stamina.

2. Buah-buahan

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Banyak jenis buah yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Tubuh Anda tidak hanya akan memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, namun juga tubuh yang tidak mudah diserang penyakit.

3. Kacang-kacangan

Kandungan protein serta nutrisi lainnya yang ada dalam berbagai jenis kacang dapat membantu Anda untuk menambah kadar hemoglobin dalam tubuh. Anda tidak akan mudah diserang penyakit anemia.

Loading...

4. Bayam

Kandungan zat besi dalam bayam merupakan jenis kandungan zat besi yang cukup tinggi diantara makanan yang lainnya. Tubuh Anda akan terjaga staminanya dan juga tidak mudah merasa lelah ataupun kecapekan.

5. Rempah-rempah

Banyak jenis rempah-rempahan yang digunakan sebagai bumbu masakan setiap hari. Asal dikonsumsi sesuai dengan jumlahnya, rempah-rempah dapat menjadi sumber makanan sehat yang menambah hemoglobin di tubuh.

6. Telur

Konsumsi telur yang cukup akan memberikan kesehatan yang baik bagi tubuh. Kandungan protein dan nutrisi lainnya dalam telur akan membantu tubuh Anda untuk melawan penyakit anemia dengan kadar hemoglobin.

7. Susu

Anda juga tidak hanya memerlukan makanan saja, namun juga minuman untuk menambah kadar hemoglobin dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi susu rendah lemak, tulang Anda juga akan menjadi lebih sehat.

8. Seafood

Penggemar seafood bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari makanan ini. Beberapa makanan laut mengandung cukup banyak nutrisi sehat yang berasal dari hewan laut. Manfaatnya juga mampu menambah hemoglobin di tubuh dengan efektif.

9. Cokelat

Anda dapat mengonsumsi cokelat jika ingin tetap menikmati makanan yang enak sekaligus menambah hemoglobin di dalam tubuh. Pilihlah jenis cokelat yang alami, bukan jenis cokelat kemasan.

10. Biji-bijian

Jangan lupa untuk mengonsumsi biji-bijian. Biji-bijian banyak mengandung serat dan juga nutrisi sehat yang baik untuk tubuh. Anda juga bisa mendapatkan manfaat sehatnya untuk mencegah penyakit anemia dengan menambah kadar hemoglobin.

Baca Juga: 11 Jenis Makanan Penurun Kreatinin yang Ampuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penambah hemoglobin yang efektif lainnya. Berikut ini 15 jenis makanan lainnya:

43 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin yang Efektif Lainnya

11. Hati ayam
12. Buah kering
13. Tahu
14. Dada ayam
15. Kentang
16. Delima
17. Buah keluarga beri
18. Almond
19. Asparagus
20. Herbal kering
21. Daging sapi
22. Daging kambing
23. Dagung babi
24. Daging kerbau
25. Pisang
26. Semangka
27. Jeruk
28. Alpukat
29. Apel
30. Buncis
31. Kacang pinto
32. Kacang panjang
33. Ketumbar
34. Jinten
35. Kemangi
36. Jahe
37. Kunyit
38. Kayu manis
39. Kerang
40. Tiram
41. Salmon
42. Tuna
43. Kismis
44. Biji aprikot
44. Kurma
45. Anggur
46. Blueberi
47. Stroberi
48. Daun salam
49. Oregano
50. Paprika bubuk
51. Peterseli
52. Seledri
53. Brokoli

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penambah hemoglobin yang efektif yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top