Connect with us
close

Virtual.co.id

42 Jenis Makanan Penambah Trombosit Darah di Tubuh

Uncategorized

42 Jenis Makanan Penambah Trombosit Darah di Tubuh

Konsumsi jenis makanan penambah trombosit darah akan menjaga kesehatan tubuh Anda dari berbagai macam jenis penyakit. Trombosit merupakan salah satu zat yang ada di dalam darah Anda. Kadar trombosit ini di dalam darah haruslah seimbang, tidak boleh kurang maupun berlebihan. Jika Anda kekurangan kadar trombosit, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti virus demam berdarah, alcohol, dan juga faktor genetic.

Kondisi trombosit yang kurang di dalam tubuh masih belum diperhatikan oleh banyak orang karena masih yang belum mengetahui apa saja efeknya bagi tubuh. Makanan yang Anda konsumsi menjadi pengaruh paling utama dari kadar trombosit yang Anda miliki. Solusi cepat dan mudah untuk mengatasi kekurangan trombosit dalam darah yaitu dengan mengonsumsi jenis makanan penambah trombosit. Makanan ini akan mencegah berbagai jenis gejala penyakit akibatnya turunnya trombosit.

42 Jenis Makanan Penambah Trombosit Darah di Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penambah trombosit darah di tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bayam

Jenis makanan pertama yang dapat membantu menambah trombosit darah Anda yaitu bayam. Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk melancarkan aliran darah dan mencegah penyakit pembuluh darah.

2. Biji-bijian

Konsumsi berbagai jenis biji-bijian yang menyehatjan seperti biji gandum dan biji chia akan membuat trombosit darah Anda perlahan naik. Makanan ini bisa Anda berikan kepada meraka yang menderita gejala kekurangan trombosit atau juga penyakit DBD.

3. Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berupa kacang-kacangan seperti kacang kedelai atau kacang edamame. Nutrisi dan juga beberapa kandungan senyawa lainnya dalam kacang akan menaikkan kadar trombosit dalam tubuh.

Loading...

4. Kiwi

Siapa yang tidak menyukai buah kiwi? Buah cantik dengan rasa yang manis ini sering menghiasi berbagai jenis kue dan juga makanan lezat lainnya. Kandungan vitamin dan mineral dalam kiwi bisa Anda jadikan
makanan sehat untuk meningkatkan trombosit.

5. Buah naga

Jangan ragu untuk mengonsumsi buah naga setiap hari. Buah ini mengandung cukup banyak vitamin dan air yang akan mencegah Anda dari dehidrasi. Nutrisinya juga mampu mencegah penurunan trombosit dalam darah.

6. Makanan mengandung omega 3

Ada banyak jenis makanan yang mengandung omega 3 dan yang paling sering Anda temukan ada pada ikan laut. Omega 3 tidak hanya membantu perkembangan tubuh anak namun juga mengatasi trombosit darah Anda yang kurang.

7. Makanan mengandung vitamin B12

Jenis vitamin yang bisa Anda gunakan untuk menambah trombosit di tubuh yaitu vitamin B12. Vitamin ini juga dapat mencegah beberapa jenis penyakit lainnya. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin ini akan menjaga kesehatan tubuh dan menjaga peredaran darah Anda.

8. Stroberi dan yogurt

Ada beberapa jenis kombinasi makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menambah trombosit dalam darah. Yang pertama yaitu yogurt dan stroberi. Dua jenis makanan tersebut mengandung kombinasi yang cocok untuk menaikkan kadar trombosit.

9. Asam jawa dan jus plum

Jenis makanan olahan lainnya yang dapat Anda konsumsi untuk menaikkan trombosit dalam tubuh yaitu jus plum dan asam jawa. Rasa plum yang manis ditambah dengan rasa asam jawa yang unik membuat kombinasi keduanya cukup enak dan bermanfaat untuk kesehatan.

10. Jus labu dan madu

Jika Anda menyukai jus, Anda dapat membuat jus dari buah labu yang ditambah dengan madu. Keduanya akan membantu mencegah penurunan trombosit sehingga Anda tidak kehilangan banyak darah ketika Anda terluka.

Baca Juga: 23 Jenis Makanan Penambah Cairan Tubuh yang Efektif

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penambah trombosit darah di tubuh lainnya. Berikut ini 32 jenis makanan lainnya:

32 Jenis Makanan Penambah Trombosit Darah di Tubuh Lainnya

11. Madu dan kismis
12. Acar gooseberi
13. Susu dan kuning telur
14. Seledri, buah bit, dan wortel
15. Air putih
16. Lidah buaya
17. Makanan mengandung asam amino
18. Makanan anti oksidan
19. Makanan anti radang
20. Rumput gandum
21. Jambu biji
22. Pepaya
23. Delima
24. Labu
25. Ikan dan protein
26. Makanan yang kaya vitamin C
27. Sayuran berdaun hijau
28. Buah bit
29. Bawang putih
30. Minyak wijen
31. Susu
32. Makanan yang sarat dengan folat
33. Minyak ikan cod dan minyak biji rami
34. Makanan yang kaya vitamin A
35. Makanan yang kaya vitamin K
36. Ikan dan kacang-kacangan
37. Tomat dan berry
38. Aprikot
39. Kurma
40. Kale
41. Makanan dari gandum
42. Almond dan milk shake buah ara

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penambah trombosit darah di tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top