Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Makanan Pencegah Penyakit Kanker Paru-Paru

Uncategorized

6 Makanan Pencegah Penyakit Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya karena kebiasaan merokok. Untuk menghindari penyakit ini kamu perlu mengkonsumsi makanan pencegah kanker paru-paru. Tidak hanya perokok aktif, tapi perokok pasif juga beresiko terserang penyakit ini.

Banyak penelitian menunjukkan bawang putih mampu melawan kanker paru-paru dengan baik. Bahkan ilmuwan dan pakar pengobatan China telah membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 50%. Dalam penelitian ini melibatkan 4500 orang sehat dan 1500 penderita kanker yang ditanyai seberapa sering mereka makan bawang putih.

Senyawa kuat yang terdapat dalam bawang putih secara aktif mampu melawan kanker paru-paru. Bukan hanya bawang putih yang bisa memerangi kanker, ternyata ada makanan lain yang efektif membunuh sel-sel kaker yang berada pada paru-paru. Apa saja makanan tersebut? Simak yuk ulasan berikut ini!

Pengobatan kanker paru-paru dengan makanan sehat

Selain dengan olahraga dan mengkonsumsi obat-obatan, cara mencegah penyakit kanker paru-paru bisa dengan makan-makanan sehat. Asupan makanan sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh tidak disukai sel-sel kanker. Inilah makanan sehat tersebut :

Jagung
Makanan pencegah kanker paru-paru yang pertama yaitu jagung. Jagung kaya akan antioksidan dan mengandung beta-cryptoxanthin yang mampu melindungi paru-paru dari segala macam gangguan. Oleh sebab itu, para perokok dianjurkan mengkonsumsi jagun secara rutin agar paru-paru tetap sehat.

Jahe
Minum teh jahe saat pilek bisa meringankan pernapasan. Kalau kamu tidak suka minum teh jahe, kamu bisa menggantinya dengan sepotong jahe. Buatlah minuman jahe sesuai dengan kesukaanmu sebagai cara mencegah penyakit kanker paru-paru. Tapi, jika kamu mempunyai riwayat penyakit tertentu, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Loading...

Jeruk
Buah jeruk juga merupakan kelompok makanan pencegah kanker paru-paru. Kandungan citrus limonoid yang tinggi membuat jeruk efektif melawan beberapa macam kanker. mulai dari kanker payudara, kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker paru-paru. Penelitian di Jepang, menunjukkan bahwa konsumsi jeruk mandarin dapat mengurangi resiko terserang kanker.

 Jika kamu pernah mempunyai gangguan paru-paru, mengkonsumsi jeruk dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatanmu.

Jus wortel
Kamu bisa minum jus wortel sebagai cara mencegah penyakit kanker paru-paru. Bahkan ada seorang wanita yang sembuh dari kanker stadium 4 dengan mengkonsumsi jus wortel secara rutin. Wortel ini sangat efektif menangkal pertumbuhan sel-sel kanker. Hal ini dikarenakan pada wortel terdapat kandungan falcarinol dan falcarindiol yang bersifat antikanker.

Selain itu, kandungan alfa-karoten, betakaroten dan lutein dalam wortel sangat baik untuk paru-paru. Wortel sangat efektif untuk mencegah berbagai gangguan paru-paru seperti pneumonia.

baca juga : 7 Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Paprika merah
Kandungan fitokimia yang disebut dengan capsaicin pada paprika merah dan cabai merah mampu membunuh kanker paru-paru. Penelitian mengungkapkan bahwa zat ini bisa berperan sebagai pertahanan dan senjata dalam melawan kanker paru-paru pada tikus akibat terpapar zat kimia. Capsaicin bekerja dengan menghilangkan sel-sel abnormal sebelum berkembang menjadi kanker atau tumor.

Brokoli
Kebiasaan merokok bisa mengurangi jumlah vitamin C dalam tubuh, sedangkan brokoli ini tinggi vitamin C. Jadi sangat tepat untuk membersihkan paru-paru dari zat nikotin dan lainnya. Konsumsi brokoli untuk menguatkan paru-paru dari zat-zat yang berbahaya.

Tanaman oregano, peppermint, akar osha, lobelia, kulit jeruk, elecampane juga termasuk makanan pencegah kanker paru-paru.

Nah, itulah cara mencegah penyakit kanker paru-paru dengan makanan sehat antikanker. Semoga, ulasan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama yang berhubungan dengan pernapasan atau paru-paru.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top