Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan Pencegah Kepikunan pada Otak

Uncategorized

20 Jenis Makanan Pencegah Kepikunan pada Otak

Jika Anda mengonsumsi jenis makanan pencegah kepikunan pada otak, maka Anda akan terhindar dari penurunan daya ingat. Otak Anda tidak hanya menjadi organ tubuh yang menerima respon dari jaringan syaraf, namun juga menjadi tempat penyimpanan memori yang sangat baik. Kinerja otak Anda bisa menurun seiring dengan tidak adanya asupan nutrisi sehat yang baik untuk otak. Salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh otak manusia yaitu kepikunan.

Dulu, kepikunan menjadi masalah bagi orang yang sudah lanjut usia karena mengalami penurunan fungsi otak yang disebabkan oleh usia. Namun saat ini, kepikunan sudah menyerang berbagai kalangan, termasuk kalangan muda. Kebanyakan kalangan muda yang mengalami kepikunan diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Nah, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda mencegah kepikunan pada otak.

20 Jenis Makanan Pencegah Kepikunan pada Otak

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan pencegah kepikunan pada otak yang perlu Anda ketahui.

1. Alpukat

Buah alpukat adalah buah dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh Anda. Jenis buah yang satu ini juga berguna untuk meningkatkan daya ingat serta mencegah serangan kepikunan ke kelapa Anda.

2. Stroberi

Siapa sangka jika buah cantik dan segar yang satu ini dapat mencegah kepikunan di otak Anda. Buah stroberu mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan syaraf dan jaringan di dalam organ otak agar fungsinya dapat berjalan dengan normal.

3. Blueberi

Satu lagi jenis buah beri yang dapat mencegah Anda dari kepikunan, yaitu bluberi. Ada baiknya Anda mengonsumsi buah ini yang masih segar tanpa campuran apapun agar nutrisinya tidak hilang dan masih bisa diserap oleh tubuh.

Loading...

4. Tomat

Kandungan zat besi dalam buah tomat akan membantu Anda untuk mencegah penyakit anemia. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu menyehatkan otak dan mencegah Anda dari serangan kepikunan.

5. Ikan salmon

Protein dan kandungan omega 3 dalam ikan salmon sangat baik untuk kesehatan otak. Itulah mengapa banyak anak-anak yang disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon dalam rangka menyehatkan otak mereka. Anda dapat mengonsumsi ikan ini dengan teratur agar tidak diserang penyakit pikun.

6. Ikan sarden

Selain ikan salmon, ikan sarden juga mempunyai fungsi yang sama. Sebaiknya Anda mengonsumsi ikan sarden yang masih segar, bukan ikan sarden kemasan karena terdapat banyak zat pengawet di dalamnya.

7. Brokoli

Jangan lupakan konsumsi sayur agar Anda tidak mudah pikun. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang dapat menutrisi otak Anda. Otak Anda akan terhindari dari berbagai macam penyakit dan penurunan fungsi.

8. Bayam

Sayur bayam dikenal sebagai sayur sehat yang dapat memberikan cukup banyak energi ke dalam tubuh. Khasiat bayam juga mempunyai peran penting untuk mencegah kepikunan dan menyehatkan otak.

9. Kale

Kale merupakan salah satu jenis sayur yang mungkin masih asing di telinga Anda. Sayuran yang satu ini ternyata mengandung sejumlah senyawa alami yang dapat menyehatkan otak dan mencegah gejala kepikunan.

10. Kubis ungu

Konsumsilah kubis yang berwarna ungu. Selain rasanya yang enak, kubis ungu juga mengandung sejumlah gizi penting untuk otak Anda. Jika otak Anda sehat, maka efeknya akan berimbas pada penurunan gejala pikun.

Baca Juga: 41 Jenis Makanan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan pencegah kepikunan pada otak lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan Pencegah Kepikunan pada Otak Lainnya

11. Sawi hijau
12. Kacang tanah
13. Biji bunga matahari
14. Almond
15. Kedelai
16. Biji chia
17. Minyak kelapa
18. Quinoa
19. Minyak zaitun
20. Ginko biloba

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan pencegah kepikunan pada otak yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top