Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Uncategorized

10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Penderita kolesterol dan asam urat perlu mengonsumsi jenis makanan penurun kolesterol dan asam urat yang menyehatkan tubuhnya. Hal ini agar kedua penyakit tersebut tidak semakin merusak kesehatan tubuh penderitanya. Angka kematian akibat kolesterol tinggi dan asam urat semakin lama semakin naik. Faktor gaya hidup yang tidak sehat serta jenis makanan yang dikonsumsi menjadi penyebab utama dalam menaikkan angka kematian ini.

Jika Anda mempunyai penyakit kolesterol yang tinggi dan juga penyakit asam urat, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi dan ada yang tidak. Konsumsi obat-obatan saja tidaklah cukup. Anda perlu mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Sebisa mungkin jauhilah makanan jenis junk food dan mulailah untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar serta makanan sehat lainnya setiap hari.

10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penurun kolesterol dan asam urat yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan berserat tinggi

Penyakit kolesterol dan asam urat dapat diredakan dengan konsumsi makanan berserat tinggi. Serat akan membantu pencernaan Anda menjadi lebih sehat dan mengurangi resiko penyakit lainnya. Makanan yang mengandung banyak serat contohnya wortel, tomat, kubis, sawi.

2. Sayuran

Sudah sepatutnya Anda mengonsumsi banyak sayuran. Sayuran mengandung banyak mineral dan vitamin yang akan menyehatkan tubuh. Anda pun dapat menghindari penyakit asam urat maupun kolesterol yang tinggi.

3. Buah ceri

Jenis buah khusus yang ampuh dalam mengatasi asam urat dan kolesterol yaitu buah ceri. Kenapa? Karena buah ini tidak mengandung senyawa yang dapat membahayakan kedua penyakit tersebut. Buah ini juga cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

Loading...

4. Minyak biji rami

Biji rami merupakan jenis biji-bijian sehat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya bijinya saja, namun juga ekstrak minyaknya. Minyak biji rami mengandung serat dan lemak omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat.

5. Apel

Siapa sangka jika buah apel yang hampir kita konsumsi setiap harinya mampu menjadi makanan penurun yang sehat untuk mengatasi kolesterol dan asam urat. Anda dapat mengonsumsinya setiap sarapan pagi.

6. Alpukat

Satu lagi jenis buah yang dapat menjadi obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda, yaitu buah alpukat. Buah hijau ini juga mampu menjadi makanan pencegah penyakit asam urat.

7. Pisang

Buah pisang lebih mempunyai kegunaan dalam mencegah penyakit asam urat dalam tubuh Anda. Jenis buah yang satu ini selain mengenyangkan akan sangat membantu Anda untuk meredakan penyakit asam urat ketika kambuh.

8. Teh hijau

Selama ini teh hijau hanya dikenal sebagai salah satu jenis teh yang dapat mencegah efek radikal bebas. Tidak hanya itu saja, teh hijau juga dapat menjadi sumber sehat tubuh Anda dalam mengatasi penyakit asam urat dan kolesterol.

9. Ikan salmon

Kandungan omega 3 yang cukup banyak dalam ikan salmon sangat baik untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Lemak yang berkurang akan menurunkan resiko penyakit kolesterol tinggi dan penyakit lainnya.

10. Susu rendah lemak

Lemak merupakan bagian dari susu. Maka tak heran jika banyak orang yang sedang ingin diet cenderung menghindari susu. Pilihlah jenis susu yang rendah lemak agar tubuh Anda tidak mudah terjangkit asam urat maupun kolesterol tinggi.

Baca Juga: 10 Jenis Buah Obat untuk Batuk Berdahak dan Kering

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penurun kolesterol dan asam urat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top