Connect with us
close

Virtual.co.id

37 Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

37 Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Batu ginjal merupakan penyakit yang bisa disebabkan karena pola hidup tidak sehat dan sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Sementara itu ginjal merupakan organ yang sangat vital karena befungsi sebagai penyaring darah yang mengalir ke seluruh tubuh, apabila ginjal bermasalah maka akan timbul masalah lain pada bagian organ lainnya. Seseorang harus mengetahui makanan penyebab batu ginjal agar selalu waspada dan mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Ketika pola makan tidak teratur, maka ginjal pun yang menjadi sasaran penyakit tidak terkecuali batu ginjal yang dapat menyerang siapa saja yang tidak menjaga atau memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Berikut ini merupakan makanan penyebab batu ginjal yang wajib di waspadai.

Makanan Penyebab Batu Ginjal, Makanan Berbahaya Penyebab Batu Ginjal, Makanan Penyebab Penyakir Batu Ginjal

1. Minuman berkarbonasi

Salah satu makanan penyebab batu ginjal yang harus dihindari yakni minuman berkarbonasi. Kamu harus bisa membatasi diri untuk mengonsumsinya karena akan menyebabkan batu ginjal terbentuk dengan mudah. Banyak orang yang tidak mengetahui minuman – minuman apa saja yang dapat menimbulkan penyakit tersebut.

2. Garam

Garam merupakan bahan makanan yang sangat dibutuhkan tubuh agar tidak terkena gondok. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu akan menyebabkan berbagai masalah seperti risiko terkena batu ginjal yang sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan garam mengandung sodium yang sangat tinggi sehingga dapat mengancam kehidupan siapa saja yang mengonsumsinya dengan takaran berlebihan.

3. Makanan yang mengandung oksalat

Batu ginjal juga dapat dipicu oleh keseringan mengonsumsi makanan – makanan yang mengandung oksalat. Sebenarnya senyawa oksalat merupakan vitamin C yang sangat diperlukan tubuh. namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya terutama pada organ ginjal yang sangat sensitif terhadap makanan.

4. Karbohidrat murni

Karbohidrat memang  merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, namun dengan jumlah yang berlebihan justru akan menimbulkan masalah pada ginjal. Sudah sebaiknya untuk membatasi dalam hal mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat murni.

5. Pemanis buatan

Pemanis buatan merupakan bahan tambahan pangan yang sering di tambahkan kedalam makanan karena dapat menguatkan rasa serta harganya yang cukup murah. Namun sakarin atau bahan pemanis buatan lainnya akan menaikkan potensi terkena batu ginjal. Sebaiknya konsumsi pemanis yang berasal dari gula tebu atau gula jagung yang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan.

Loading...

6. Kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi ternyata tidak hanya akan menimbulkan masalah darah tinggi. Namun akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan juga akan menjadi pemicu timbulnya infeksi pada bagian ginjal.

7. Produk olahan susu

Kalsium yang berlebihan akan mengendap pada bagian ginjal sehingga akan menjadi batu ginjal. Susu merupakan makanan yang mengandung kalsium yang tinggi. Secara otomatis dengan mengonsumsi susu yang berlebihan akan menyebabkan gangguan batu ginjal. Oleh sebab itu sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi susu.

8. Alkohol

Alkohol tidak hanya berbahaya bagi kesehatan sistem saraf otak seperti yang telah di ketahui banyak orang. namun konsumsi alkohol yang berlebihan akan menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati. Terganggunya kedua organ tersebut akan menyebabkan metabolisme terhambat.

9. Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat kaya akan kandungan kafein. Selain kafein bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi dengan takaran yang berlebihan. Gula yang berlebihan sebagai campuran kopi juga sangat berbahaya bagi kesehatan terutama organ ginjal.

10. Makanan kaleng

Salah satu makanan penyebab batu ginjal yaitu makanan kaleng. Hal ini dikarenakan makanan yang dikemas secara praktis menggunakan kaleng biasanya ditambahkan dengan pengawet. Padahal pengawet tersebut akan mudah terjadi pengendapan dalam ginjal.

Baca Juga 10 Tanda Tanda Angin Duduk yang Perlu Diwaspadai

27 Makanan Penyebab Batu Ginjal Lainnya

11. Bacon
12. Nugget
13. Ham
14. Sosis
15. Kecap
16. Saus
17. Kacang – kacangan yang di asinkan
18. Mie instant
19. Sereal
20. Kiwi
21. Almond
22. Coklat
23. Okra
24. Bayam
25. Bit
26. Produk kedelai
27. Kacang mede
28. Bekatul dari gandum
29. Jeruk
30. Lemon
31. Susu
32. Keju
33. Roti susu
34. Yogurt
35. Gula
36. Tepung halus
37. Teh
38. Coklat
39. Nasi putih

Itulah 37 makanan penyebab batu ginjal yang wajib dikurangi atau dihindari agar tidak menimbulkan bahaya yang lebih serius. Selain itu jaga pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup dan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan terhindari dari berbagai penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top