Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Minuman dan Makanan Penyebab Batuk yang Perlu Dihindari

Uncategorized

12 Minuman dan Makanan Penyebab Batuk yang Perlu Dihindari

Batuk merupakan sebuah penyakit yang sangat umum terjadi pada sebagian orang di Indonesia. Batuk adalah infeksi yang menyerang pada saluran pernapasan manusia dan biasanya berdahak ataupun kering. Batuk juga bisa bersifat ringan juga berat tergantung gejalanya. Maka dari itu hindarilah makanan penyebab batuk yang umum terjadi.

Beberapa makanan dan hal lain bisa membuat batuk terjadi dan sangat mengganggu terhadap seseorang. Biasanya alergi juga dapat menyebabkan batuk ataupun penyakit lain yang sangat berbahaya seperti TBC dan sesak napas. Berikut beberapa makanan penyebab batuk yang harus anda hindari agar anda terhindar dari batuk.

Makanan Penyebab Batuk, Makanan Penyebab Penyakit Batuk, Jenis Makanan Penyebab Batuk

1. Gorengan

Makanan penyebab batuk yang pertama dan memang sudah banyak yang mengetahuinya bahwa gorengan akan memperburuk keadaan batuk. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan gorengan yang berlebihan akan berakibat batuk yang sangat mengganggu. Gorengan dengan cara deep-fried juga akan memperburuk batuk. Oleh karena itu, sejak kecil orang tua kita sering melarang kita makan gorengan saat batuk melanda.

2. Susu

Susu memang dipercaya untuk memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, dan benar memang benar susu akan memberikan sejuta manfaat bagi tubuh, terutama kalsium nya yang sangat berguna untuk kepadatan tulang. Akan tetapi, susu juga akan menjadi stimulan untuk produksi lendir karena kandungan proteinnya yang tinggi.

3. Cuka

Cuka juga menjadi penyebab acar karena sifat asam yang terkandung. Asam ini dapat mengganggu keadaan pencernaan dan pernapasan menjadi lebih buruk dan memicu batuk. Cuka juga akan memicu gatal yang berlebih pada penderita batuk. Jadi sebaiknya hindari konsumsi cuka berlebih.

4. Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi dan minuman lainnya adalah minuman yang memiliki manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara wajar dan tidak melebihi batas penggunaan. Maka batasi lah asupan kafein anda agar anda terhindar dari batuk. Hal ini dikarenakan gatal yang sering terjadi saat mengonsumsi kafein berlebihan.

Loading...

5. Makanan Pedas

Makanan pedas sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebih. Terutama untuk penderita batuk yang hanya akan memperparah reaksi gatal. Makanan pedas juga akan membuat batuk menjadi cepat kambuh. Sebaiknya anda hindari makan pedas untuk sementara waktu hingga batuk membaik.

6. Es Krim

Es krim merupakan makanan yang sering orang tua kita larang sejak kecil. Dan memang betul es krim bisa mengakibatkan batuk menjadi lebih parah. Es krim menyebabkan batuk dikarenakan lapisan saluran pernapasan akan menjadi lebih kering saat makan es krim dan akan memperburuk keadaan batuk.

7. Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini berakibat buruk bagi kesehatan yang mengganggu fungsi saraf otak dan jantung.  Dengan mengonsumsi alkohol anda akan mendapatkan sensasi gatal dan nyeri pada bagian tenggorokan yang hanya akan memperburuk keadaan batuk anda.

8. Makanan Kering

Makanan kering seperti gorengan, kripik dan biskuit juga sangat tidak dianjurkan untuk penderita batuk. Anak – anak biasanya menyukai makanan ini terutama biskuit dan hal itu sangat berbahaya untuk memicu terjadinya batuk. Pada dasarnya, makanan kering akan membuat tenggorokan jadi kering dan akan memicu batuk.

9. Acar

Acar merupakan salah satu makanan yang sangat digemari di Indonesia sebagai pelengkap makanan seperti lalapan dan nasi goreng. Tetapi, makanan ini akan memperburuk batuk menjadi lebih parah. Makanan ini merupakan makanan yang bersifat asam dan akan mengganggu saluran pernapasan serta pencernaan.

10. Keju dan susu olahan lainnya

Keju dan olahan susu lainnya biasanya digunakan untuk pelengkap makanan roti dan minuman jus. Akan tetapi, keju dan susu olahan lainnya akan memicu batuk dan gatal serta membuat keadaan batuk jadi lebih parah. Selain itu, keju juga akan memicu produksi lendir meningkat akibat protein yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga 13 Hal Penyebab Kepala Mengalami Pusing dan Mual

2 Makanan Penyebab Batuk Lainnya:

11. Kebiasaan Merokok
12. Makanan yang menyebabkan alergi

Itulah beberapa makanan penyebab batuk yang harus anda hindari untuk membuat batuk anda mereda dan terhindar dari penyakit batuk. Anda harus waspada terhadap beberapa penyebab batuk seperti alergi, penyakit TBC. Maka, segera periksakan diri anda saat mengalami batuk baik ringan maupun berat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top