Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Jenis Makanan Penyebab Gatal di Kulit

Uncategorized

15 Jenis Makanan Penyebab Gatal di Kulit

Banyak jenis makanan penyebab gatal di kulit yang dapat membuat kesehatan kulit Anda terganggu. Gatal pada kulit bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gigitan serangga, kulit, yang kotor, sampai dengan gejala alergi. Gejala kulit gatal ini levelnya bisa ringan atau bahkan parah tergantung masing-masing individu. Kebanyak orang yang mengalami gatal level parah adalah orang yang mempunyai gejala alergi karena konsumsi makanan tertentu.

Jika Anda mempunyai alergi yang berdampak pada kulit yang gatal, maka Anda perlu mencegah konsumsi makanan yang dapat membuat alergi tersebut bertambah parah. Gatal di kulit muncul karena adanya kandungan zat tertentu pada sejumlah makanan. Kulit Anda akan bereaksi karena kandungan zat tertentu dengan rasa gatal yang cukup mengganggu. Apalagi jika Anda terus menggaruknya sehingga membuat kulit Anda perih dan lecet.

15 Jenis Makanan Penyebab Gatal di Kulit

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penyebab gatal di kulit yang perlu Anda ketahui.

1. Telur

Tidak semua orang bisa mengonsumsi telur dengan nyaman. Telur dapat menyebabkan gatal pada kulit karena mengandung zat tertentu yang akan memberikan efek gatal di kulit. Tidak hanya gatal, namun juga benjolan dan bisul.

2. Udang

Selain telur, banyak orang yang tidak bisa mengonsumsi udang karena akan memberikan efek gatal di kulit. Tidak hanya kulit saja, namun juga lidah. Hal ini disebabkan adanya kandungan tertentu pada udang yang tidak bisa diterima oleh kulit.

3. Kedelai

Siapa sangka jika kacang sehat seperti kedelai juga dapat membuat kulit Anda terasa gatal. Kandungan protein dalam kedelai agak sedikit berbeda sehingga bisa memberikan efek yang berbeda pula bagi kulit Anda.

Loading...

4. Kacang pohon

Jenis kacang-kacangan seperti kacang pohon bisa memberikan efek gatal pada kulit karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Kelebihan protein akan membuat tubuh Anda memberikan reaksi gatal di kulit.

5. Gembili

Apa itu gembili? Gembili merupakan jenis ketela pohon yang banyak dikonsumsi oleh beberapa masyarakat di daerah pedesaan. Rasa gatal yang diakibatkan oleh gembili ini bisa muncul karena pengolahan yang salah.

6. Laron

Ya, laron adalah serangga yang dapat dijadikan sebagai camilan. Serangga yang satu ini termasuk serangga yang mengandung protein dan cukup gurih untuk dikonsumsi. Namun bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsinya, Anda akan mengalami gatal pada kulit dan juga lidah.

7. Susu sapi

Kandungan yang terdapat dalam susu sapi tidak semua orang konsumsi. Ada jenis orang yang mengidap alergi terhadap susu sapi. Hal ini biasanya akan terjadi pada anak-anak dengan gejala gatal pada kulit.

8. Ikan

Banyak jenis makanan laut yang selain udang yang mengandung banyak zat pemicu alergi dan gatal pada kuliy. Biasanya jenis ikan yang memicu gatal akan sangat memberikan efek yang buruk bagi Anda yang memang alergi terhadap makanan yang satu ini.

9. Gandum

Adakah orang yang mengalami gatal di kulit setelah mengonsumsi gandum? Jawabannya ada. Hal ini biasanya disebabkan oleh kandungan gluten yang besar pada gandum. Gluten ini dapat memicu alergi yang parah bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi gandum.

10. Kacang tanah

Protein yang terkandung dalam kacang tanah dapat memicu kulit yang gatal. Tidak hanya gatal, namun juga memicu produksi minyak berlebih dan dapat memicu kotoran pada kulit sehingga muncul jerawat.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Petai untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penyebab gatal di kulit lainnya. Berikut ini 5 jenis makanan lainnya:

5 Jenis Makanan Penyebab Gatal di Kulit Lainnya

11. Kerang
12. Tiram
13. Tomat
14. Telur puyuh
15. Belut

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penyebab gatal di kulit yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top