Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Jenis Makanan Penyebab Penyakit Osteoporosis

Uncategorized

14 Jenis Makanan Penyebab Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana beberapa bagian tulang mengalami pengeroposan. Banyak hal yang menyebabkan gangguan ini, yakni usia, gaya hidup, makanan, dan faktor kesehatan lainnya. Makanan penyebab osteoporosis sangat besar pengaruhnya terhadap terjadinya pengeroposan tulang.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Makanan yang salah akan menimbulkan masalah yang besar termasuk akan menyebabkan osteoporosis. Berikut ini merupakan beberapa makanan penyebab osteoporosis yang harus kamu tahu.

Makanan Penyebab Osteoporosis, Jenis Makanan Penyebab Osteoporosis, Makanan Penyebab Penyakit Osteoporosis

1. Makanan manis

Makanan manis merupakan salah satu makanan penyebab osteoporosis yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu sudah semestinya jangan makan makanan manis terlalu berlebihan terutama makanan instan yang diproduksi di pabrik. Permen yang mengandung banyak sekali bahan pemanis buatan juga sudah seharusnya untuk dihindari karena akan menyebabkan penghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Tape

Tape memang sangat menyegarkan tubuh, namun apabila dikonsumsi dengan takaran yang berlebihan akan menimbulkan masalah serius. Tape mengandung alkohol meskipun tidak terlalu banyak, namun mampu untuk menjadi penyebab munculnya masalah pengeroposan tulang.

3. Karbohidrat yang berlebihan

Karbohidrat memang sangat penting keberadaannya dalam tubuh karena berperan sebagai sumber energi utama. Namun apabila kamu mengonsumsinya dalam takaran yang terlalu berlebihan akan menimbulkan banyak masalah. Tidak hanya obesitas dan diabetes, konsumsi karbohidrat yang berlebihan juga akan menurunkan tingkat kepadatan tulang sehingga tulang akan sangat mudah keropos.

4. Coklat

Makanan yang banyak di gemari oleh semua kalangan ini sangat tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang sangat tinggi pada coklat batangan akan menyebabkan penurunan tingkat kepadatan tulang sehingga tulang akan mudah pula mengalami patah tulang. Oleh sebab itu mulai untuk membatasi makanan ini agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Loading...

5. Daging merah

Mengonsumsi daging merah memang sangat baik kesehatan terutama kesehatan jantung dan mencegah penyakit anemia yang biasanya memberikan efek lemas saat melakukan aktivitas. Namun apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan justru akan menyebabkan protein hewani yang terkandung dalam daging merah menumpuk di dalam tubuh. Akibatnya tubuh yang mengalami penumpukan protein hewani akan mudah terkena osteoporosis.

6. Tumis

Tumis sangat identik dengan sayuran hijau. Sayuran hijau memang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Namun cara memasak yang salah seperti menumis akan menyebabkan kandungan vitamin K dalam sayuran tersebut akan berkurang secara drastis sehingga mampu mengganggu kesehatan tulang termasuk berakibat terjadinya osteoporosis.

7. Hati

Jeroan khususnya bagian hati merupakan salah satu makanan favorit yang dapat dimasak berbagai macam. Namun sudah sebaiknya untuk membatasi makanan semacam ini karena akan menyebabkan peradangan pada persendian yang menghubungkan antar tulang apabila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, takaran makanan jeroan harus diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah yang serius.

8. Telur

Telur banyak mengandung protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh manusia. Selain itu kandungan vitamin A juga sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Namun dalam mengonsumsi telur juga harus dibatasi karena jumlah vitamin A yang masuk kedalam tubuh juga akan menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh.

9. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji banyak dipilih orang karena membutuhkan waktu proses yang lebih singkat sehingga tidak akan mengganggu kesibukan seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Disisi lainnya makanan saji tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius seperti akan menimbulkan potensi kanker serta pengeroposan tulang yang sangat parah.

10. Sereal

Sereal merupakan menu sarapan yang praktis dan memiliki rasa lezat. Namun dibalik itu semua, sereal mengandung mineral natrium yang otomatis apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menurunkan kadar kalsium dalam tubuh. Seseorang yang kekurangan kadar kalsium akan mudah mengalami osteoporosis.

Baca Juga 10 Penyebab Stroke Sebelah Kiri yang Harus Kamu Tahu

4 Makanan Penyebab Osteoporosis Lainnya:

11. Alkohol
12. Merokok
13. Sosis
14. Roti gandum

Itulah 14 makanan penyebab osteoporosis yang perlu kamu tahu. Dengan membaca informasi tersebut kamu akan bisa membatasi dalam mengonsumsi makanan kurang sehat tersebut. Hal ini sangat berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit lainnya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top