Connect with us

Virtual.co.id

36 Makanan Tidak Sehat Penyebab Radang Tenggorokan

Uncategorized

36 Makanan Tidak Sehat Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terjadi karena adanya pembengkakan di daerah  dinding tenggorokan. Radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya virus, bakteri, iritasi, dan reaksi alergi. Penyebab radang tenggorokan tersebut dapat masuk melalui rongga mulut melalui makanan. Maka dari itu, Anda perlu lebih waspada terhadap makanan penyebab radang tenggorokan.

Tidak hanya sakit pada bagian tenggorokan, radang tenggorokan juga disertai keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, batuk dan sakit saat menelan. Agar radang tenggorokan tidak menggangu aktivitas Anda, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis makanan penyebab radang tenggorokan.

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Makanan Makanan Berbahaya Penyebab Radang Tenggorokan, Penyebab Radang Tenggorokan

1. Saus cabai

Bagi penggemar makanan pedas, saus cabai tentu menjadi tambahan wajib untuk makanan Anda. Saus cabai memang beragam mulai yang tidak pedas, pedas normal, ekstra pedas hingga super pedas. Tentu dengan rasanya yang pedas, saus cabai ini memiliki sifat panas yang tidak baik bagi tenggorokan Anda.

2. Es krim

Es krim merupakan jajanan yang dingin dan difavoritkan anak-anak. Jika terlalu sering makan es krim, Anda bisa terserang radang tenggorokan karena sifat dingin pada es krim dapat merusak tenggorokan. Lebih jauh lagi, banyak es krim yang mengandung pemanis buatan.

3. Cuka

Empek-empek adalah salah satu makanan khas Sumatera yang sangat nikmat. Makanan yang satu ini sering disajikan dengan cuka. Nah, cuka memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi dan mampu membuat kulit Anda melepuh. Zat asam inilah yang membuat Anda rentan terserang radang tenggorokan.

4. Mecin

Mecin adalah bumbu penyedap makanan yang mampu menambahkan rasa gurih pada makanan yang dibubuhinya. Mecin cukup populer digunakan pada bakso. Dengan menambahkan mecin, bakso akan menjadi lebih gurih. Akan tetapi, jika kebanyakan mecin, tubuh Anda akan menjadi sakit dan terkena radang tenggorokan.

Loading...

5. Kopi

Kopi termasuk ke dalam minuman yang memiliki antioksidan, dimana antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, Anda juga tentunya tahu bahwa kopi dapat dijadikan senjata untuk menangkal kantuk. Meskipun memiliki manfaat tersendiri, kopi juga dapat merugikan kesehatan. Terlalu banyak minum kopi akan membuat tenggorokan Anda sakit yang lama-kelamaan menjadi radang tenggorokan.

6. Minuman beralkohol

Alkohol jelas sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Alkohol dapat merusak tubuh mulai kerongkongan, lambung, otak, darah, hingga syaraf. Dari penjelasan tersebut, dapat dipastikan orang yang sering minum minuman beralkohol rentan terserang radang tenggorokan.

7. Lada

Lada selalu digunakan sebagai pelangkap masakan atau makanan. Lada sangat diperlukan untuk membuat cita rasa makanan menjadi tercapai. Meskipun  membuat masakan menjadi lezat, Anda tidak boleh terlalu berlebihan dalam menambahkan lada, karena lada yang terlalu banyak dapat membuat tenggorokan panas dan kering, nantinya Anda akan terserang radang tenggorokan.

8. Kue kering

Kue kering terkadang menjadi makanan yang banyak dicari karena memiliki karakteristik tersendiri ketika dimakan. Akan tetapi, karakteristiknya yang keras ini dapat membuat tenggorokan Anda menjadi serak dan kering. Jika kondisi tersebut terus-menerus terjadi, Anda dapat terkena radang tenggorokan.

9. Lemon

Buah lemon mengandung asam manis. Jika diusapkan pada lapisan kulit, asam akan membuatnya menjadi kering. Jika diteruskan, kulit akan teriritasi. Bisa dibayangkan jika asam mengenai lapisan mukosa tenggorokan. Bisa dipastikan, lapisan mukosa teriritasi lebih cepat daripada lapisan kulit. Akibatnya, pasti menjadi radang.

10. Bubuk cabai

Disebut juga sebagai aida, bubuk cabai sangat populer digunakan pada camilan berupa goreng-gorengan seperti cilok, tahu bulat, atau lainnya. Bubuk cabai ini dapat menempel pada tenggorokan yang kering serta memiliki sifat panas yang mampu merusak dinding tenggorokan. Akibatnya, bila Anda terlalu sering makan makanan dengan campuran bubuk cabai ini, Anda dapat terkena radang tenggorokan.

Uraian diatas adalah sedikit dari makanan yang dapat menyebabkan Anda terserang radang tenggorokan. Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit ini, Anda juga perlu mengetahui 26 jenis makanan lain yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan.

Baca Juga 7 Dampak Kebiasaan Buruk Penyebab Vertigo

26 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan Lainnya

11. Mangga
12. Nangka
13. Semangka
14. Jeruk
15. tomat
16. Tempe goreng
17. Tahu goreng
18. Pisang goreng
19. Singkong goreng
20. Kentang goreng
21. Ayam goreng
22. Kacang-kacangan
23. Santan
24. Daging merah
25. Keju
26. Permen karet
27. Paprika
28. Roti bakar
29. Pala
30. Durian
31. Cengkeh
32. Bubuk kari
33. Roti kering
34. Granola
35. Sayuran mentah
36. Susu

Radang tenggorokan bisa dihindari dengan cara tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab radang tenggorokan. Dengan konsumsi makanan yang terukur Anda dapat terhindar dari efek samping yang ditimbulkan oleh makan, tersebut terkena penyakit radang tenggorokan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: