Connect with us
close

Virtual.co.id

32 Jenis Makanan Penyebab Sembelit pada Tubuh

Uncategorized

32 Jenis Makanan Penyebab Sembelit pada Tubuh

Terdapat cukup banyak jenis makanan penyebab sembelit pada tubuh yang akan mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Apa itu penyakit sembelit? Sembelit adalah nama lain dari penyakit yang juga disebut dengan kesulitan buang air besar. Ketika Anda mengidap sembelit, maka pencernaan Anda menjadi tidak akan lancar dan cenderung akan sulit untuk membuang sisa-sisa makanan yang terdapat dalam tubuh.

Penyakit sembelit dapat menjangkiti siapa saja, mulai dari orang dewasa, anak-anak, bahkan sampai dengan bayi. Jenis penyakit pencernaan yang satu ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kesulitan saat buang air besar hanya akan membuat kotoran menumpuk di pencernaan Anda, khususnya bagian usus. Jika tersimpan dalam usus terlalu lama, kemungkinan besar akan muncul bakteri penyakit yang dapat menyerang organ pencernaan Anda.

32 Jenis Makanan Penyebab Sembelit pada Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penyebab sembelit pada tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Rasa asain pada garam jika dikonsumsi terus menerus akan membuat pencernaan Anda rusak dan memicu penyakit sembelit.

2. Makanan berminyak

Kandungan minyak yang terdapat dalam sejumlah makanan berminyak dan digoreng tidak akan dengan mudah dicerna oleh lambung dan usus Anda. Akibatnya, penumpukan sisa makanan pun membuat Anda sulit untuk buang air besar.

3. Es krim

Jumlah gula dalam es krim sangatlah banyak. Ditambah lagi dengan tidak adanya serat yang terkandung di dalamnya akan membuat tubuh Anda sulit untuk mencerna makanan yang satu ini. Sembelit pun tidak dapat dihindarkan.

Loading...

4. Keripik

Selain kandungan minyak yang digunakan untuk mengolah kripik, camilan yang satu ini juga tidak mengandung banyak serat. Kandungan karbohidratnya akan membuat Anda terus merasa lapar dan
membuat tubuh Anda sulit untuk buang air besar.

5. Nasi

Seperti yang kita ketahui bahwa nasi merupakan salah satu makanan pokok dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Proses pengolahan nasi di dalam pencernaan tubuh pun akan memakan waktu yang lama. Jadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi nasi, maka Anda akan terjangkit sembelit dengan mudah.

6. Daging

Tidak semua daging bisa dilumatkan dengan mudah oleh enzim yang terdapat dalam lambung dan usus Anda. Itulah mengapa banyak orang yang mengonsumsi daging dengan berlebihan akan terjangkit penyakit sulit buang air besar.

7. Biskuit

Makanan jenis biscuit mengandung banyak gula dengan serat yang sedikit. Maka tak heran jika Anda akan lebih sulit untuk mencernanya dan terus merasa haus. Hal ini menjadi penyebab yang akan Anda dapatkan dengan munculnya penyakit sembelit.

8. Minuman yang mengandung kafein

Kafein yang terus menerus dikonsumsi oleh tubuh Anda akan memicu berbagai jenis penyakit dalam tubuh, salah satunya sembelit. Zat yang satu ini bukanlah zat yang dapat pencernaan Anda serap dengan jumlah yang terlalu banyak.

9. Pisang

Buah pisang merupakan jenis buah yang termasuk padat. Pisang tidak bisa Anda konsumsi terlalu banyak karena pencernaan Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencernanya. Jika tidak, Anda akan
mengidap penyakit sembelit.

10. Keju

Kandungan lemak jenuh pada keju tidak dapat diolah dengan mudah oleh lambung dan usus. Jadi jika Anda mengonsumsi keju terlalu banyak, besar kemungkinan pencernaan Anda tidak akan lancar dan beresiko munculnya sembelit.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penyebab sembelit pada tubuh lainnya. Berikut ini 22 jenis makanan lainnya:

22 Jenis Makanan Penyebab Sembelit pada Tubuh Lainnya

11. Mentega
12. Soda
13. Minuman ringan
14. Kue kering
15. Alkohol
16. Buah bergas
17. Bumbu makanan
18. Olahan makanan yang dipanggang
19. Makanan yang dibakar
20. Junkfood
21. Seafood
22. Kentang goreng
23. Wortel
24. Yogurt
25. Jeroan
26. Hati ayam
27. Ikan asin
28. Daging babi
29. Pizza
30. Hamburger
31. Gorengan
32. Kopi

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penyebab sembelit pada tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top