Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Jenis Makanan Rendah Oksalat untuk Tubuh

Uncategorized

15 Jenis Makanan Rendah Oksalat untuk Tubuh

Ada banyak jenis makanan rendah oksalat untuk tubuh yang bisa Anda konsumsi agar tubuh Anda tidak terjangkit gangguan kesehatan. Oksalat merupakan sebuah asam organic yang ada pada semua mahluk hidup. Efeknya justru tidak baik untuk kesehatan Anda terutama pada bagian ginjal. Hal ini bisa Anda hindari dengan mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat cukup rendah sehingga tidak membahayakan tubuh.

Kandungan oksalat dalam beberapa makanan ada tiga tingkatan. Yang pertama tingkatan tinggi, yang kedua sedang, dan yang ketiga rendah. Untuk makanan dengan kandungan oksalat yang cukup rendah, Anda dapat mengonsumsinya dengan bebas sesuai dengan porsi yang dianjurkan. Jika Anda mempunyai gangguan kesehatan pada ginjal, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak oksalat.

15 Jenis Makanan Rendah Oksalat untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan rendah oksalat untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Lobak

Siapa yang tidak mengenal lobak? Lobak termasuk ke dalam jenis sayuran yang banyak diolah menjadi beberapa masakan. Sayuran yang satu ini bisa Anda konsumsi tanpa harus khawatir dengan kesehatan ginjal.

2. Nasi

Kandungan oksalat dalam nasi cukup rendah karena nasi mengandung lebih banyak karbohidrat. Walaupun rendah oksalat, Anda tetap perlu menjaga konsumsi nasi agar tidak menimbulkan efek lainnya di tubuh.

3. Biskuit

Camilan yang satu ini sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang bersantai. Biskuit mengandung oksalat yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Sebaiknya pilihlah biscuit yang terbuat dari gandum dan rendah gula.

Loading...

4. Daging unggas

Salah satu jenis daging yang tidak mengandung banyak oksalat yaitu daging unggas. Contohnya ayam, bebek, dan burung. Daging ini selain enak untuk dikonsumsi juga tidak akan membuat ginjal Anda terjangkit penyakit.

5. Daging sapi

Siapa yang tidak menyukai daging sapi? Daging ini menjadi favorit banyak orang untuk dibuat steak. Kandungan oksalat dalam daging sapi tergolong rendah karena lebih banyak mengandung lemak serta mineral.

6. Pepaya

Kandungan serat dalam pepaya ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan Anda, namun juga baik untuk ginjal. Buah ini mengandung oksalat yang tidak tinggi sehingga aman untuk membuat ginjal menjadi lebih sehat.

7. Mangga

Satu lagi buah sehat rendah oksalat, yaitu buah mangga. Buah ini mengandung cukup banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan Anda. Oksalatnya cukup rendah sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

8. Keju

Keju adalah olahan makanan yang terbuat dari susu. Walaupun oksalat dalam keju tergolong rendah, Anda tetap tidak bisa mengonsumsinya terlalu banyak. Keju mengandung cukup banyak lemak yang bisa membuat Anda gemuk.

9. Anggur

Buah anggur mengandung banyak vitamin dan mineral yang akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Anggur juga tidak mengandung oksalat yang tinggi. Anda dapat menjadikan anggur sebagai salah satu menu sehat setiap hari.

10. Ham

Ham adalah olahan daging babi yang sering dikonsumsi dengan bahan makanan lainnya. Oksalat dalam daging ini tidak banyak. Anda juga dapat mengonsumsinya dengan memperhatikan jumlah porsi setiap harinya.

Baca Juga: 12 Bahaya Siomay Ikan Sapu-Sapu untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan rendah oksalat untuk tubuh lainnya. Berikut ini 5 jenis makanan lainnya:

5 Jenis Makanan Rendah Oksalat untuk Tubuh Lainnya

11. Mie telur
12. Susu
13. Limun
14. Teh hijau
15. Jus apel

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan rendah oksalat untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top