Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan dengan Kandungan Magnesium yang Tinggi

Uncategorized

20 Jenis Makanan dengan Kandungan Magnesium yang Tinggi

Ada jenis makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan magnesium. Apa itu magnesium? Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda yang mendukung kesehatan tulang dan juga gigi. Mineral sendiri berfungsi sebagai pelindung kesehatan gigi serta tulang. Fungsi lainnya yaitu membantu garam larut di dalam tubuh Anda. Mineral juga berperan dalam membangun enzim dan protein dalam tubuh.

Kebutuhan manusia akan magnesium tergantung dari umur, jenis kehamilan, dan juga berdasarkan umur wanita saat hamil serta menyusui. Konsumsi makanan dengan kandungan magnesium tidak boleh berlebihan. Setidaknya dalam sehari, orang dewasa membutuhkan asupan magnesium sekitar 300 mg. Anda dapat memperoleh mineral dan juga magnesium dari jenis makanan tertentu yang tentunya alami dan juga sehat.

20 Jenis Makanan dengan Kandungan Magnesium yang Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Jenis kacang-kacangan

Kacang seperti kacang almond, kacang mete, kacang hitam, dan olahan kacang seperti selai kacang dapat menjadi sumber makanan bermagnesium yang baik. Hal ini disebabkan karena kacang mengandung cukup banyak magnesium.

2. Bayam

Magnesium juga dapat Anda dapatkan dari sayuran seperti bayam. Bayam rebus mengandung 78 mg magnesium tiap porsinya dan merupakan asupan harian tubuh sekitar 20 %. Sebisa mungkin konsumsilah bayam yang direbus dengan sayuran lainnya.

3. Sereal gandum

Gandum merupakan jenis makanan pengganti nasi yang tepat. Hal ini karena gandum tidak mengandung banya karbohidrat dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Kandungan magnesium dalam sereal gandum sekitar 61 mg per porsinya.

Loading...

4. Alpukat

Anda juga dapat memperoleh magnesium dari konsumsi buah alpukat. Buah berwarna hijau ini mengandung magnesium sekitar 44 mg tiap porsinya. Anda dapat mengonsumsinya langsung atau membuat jus buah alpukat tanpa gula.

5. Kentang

Cara mendapatkan magnesium dari kentang yaitu dengan memangganggnya bersamaan dengan kulitnya. Untuk 3,5 ons kentang terdapat magnesium sekitar 43 mg. Anda dapat mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi.

6. Oatmeal

Banyak orang yang memulai kegiatannya dalam sehari dengan mengonsumsi oatmeal. Hal ini tidak mengherankan karena oatmeal instan mempunyai kandungan nutrisi yang baik, termasuk mengandung 36 mg magnesium tiap paketnya.

7. Pisang

Buah lainnya yang mengandung magnesium yaitu pisang. Selain potassium, pisang juga mengandung magnesium sekitar 32 mg tiap ukuran sedang. Buah ini akan mencukupi kebutuhan magnesium Anda setiap hari sekitar 8%.

8. Ikan salmon

Salmon tidak hanya mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan otak Anda, namun juga mengandung 26 mg magnesium, mineral yang Anda butuhkan. Pilihlan ikan salmon yang masih segar dan hindari salmon kemasan kaleng.

9. Dada ayam

Bagi orang yang ingin berdiet, dada ayam tanpa kulit merupakan jenis daging yang disarankan. Daging ini juga dapat membantu tubuh Anda mencukupi kebutuhan magnesium karena 3 ons nya mengandung 22 mg magnesium.

10. Daging sapi panggang

Jika Anda menyukai daging sapi dengan cara dipanggang, maka Anda akan mendapatkan kandungan magnesium di dalamnya. Yang perlu diperhatikan yaitu hindari mengonsumsi lemak dan tidak diperkenankan mengonsumsinya terlalu banyak.

Baca Juga: 13 Manfaat Sayur Gambas untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan dengan Kandungan Magnesium yang Tinggi Lainnya

11. Roti gandum
12. Susu kedelai
13. Susu rendah lemak
14. Kismis
15. Brokoli
16. Apel
17. Wortel
18. Edamame
19. Kacang hitam
20. Kacang merah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top