Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Jenis Makanan Sehat untuk Kesehatan Paru-Paru Perokok

Uncategorized

16 Jenis Makanan Sehat untuk Kesehatan Paru-Paru Perokok

Jenis makanan sehat untuk kesehatan paru-paru perokok perlu dikonsumsi agar kesehatan perokok dapat kembali normal. Hal ini tentunya harus didukung dengan kebiasaan merokok yang berkurang atau bahkan berhenti sama sekali. Kandungan senyawa yang ada di dalam rokok dapat merusak organ paru-paru Anda jika Anda sering merokok setiap harinya. Gejala sakitnya mulai dari sesak nafas sampai dengan tenggorokan yang terasa sakit.

Organ paru-paru Anda merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Sistem pernapasan memerlukan kinerja paru-paru untuk menghirup oksigen kemudian menyerapnya dan mengubahnya menjadi karbon dioksida saat dikeluarkan. Jika paru-paru Anda terkontaminasi dengan zat rokok yang berbahaya, maka sudah bisa dipastikan sistem pernapasan Anda akan terganggu. Nah, jika Anda perokok aktif dan ingin kembali sehat, mulailah dengan mengurangi konsumsi rokok dan mulai mengonsumsi jenis makanan sehat.

16 Jenis Makanan Sehat untuk Kesehatan Paru-Paru Perokok

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk kesehatan paru-paru perokok yang perlu Anda ketahui.

1. Air putih

Hal yang paling penting untuk kesehatan tubuh kita yaitu tidak kekurangan asupan air putih. Sama halnya untuk kesehatan paru-paru para perokok aktif. Sebisa mungkin jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dengan rutin setiap hari.

2. Labu

Salah satu makanan yang dapat menyehatkan paru-paru Anda yaitu labu. Kandungan vitamin C dan juga betakarotennya akan membantu kesehatan paru-paru Anda menjadi lebih baik dan terhindar dari serangan gangguan penyakit.

3. Jeruk

Jenis buah lainnya yang dapat membuat paru-paru Anda menjadi sehat yaitu buah jeruk. Buah yang satu ini banyak mengandung mineral dan vitamin yang akan melindungi kesehatan paru-paru dan mencegah penyakit.

Loading...

4. Jahe

Kandungan anti inflamasi dalam jahe sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Jahe juga dapat membersihkan rongga paru-paru Anda dari radikal bebas yang masuk ke dalamnya akibat kegiatan merokok yang terlalu sering.

5. Jeruk bali

Selain jeruk biasa, jenis jeruk bali juga dapat menjadi buah sehat bagi perokok aktif. Zat flavonoid dalam buah yang satu ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya radang dan juga mencegah kanker paru-paru dalam tubuh.

6. Cabai merah

Senyawa capsaicin dalam cabai merah membantu fungsi selaput paru-paru bekerja dengan lebih optimal. Selaput ini digunakan untuk melindungi paru-paru dari infeksi yang dapat terjadi akibat kegiatan merokok.

7. Kunyit

Sama seperti cabai merah, kunyit berguna untuk mencegah infeksi dalam paru-paru. Kunyit mengandung senyawa selenium dan omega 3 yang tidak hanya baik untuk paru-paru namun juga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

8. Buah delima

Rasa manis yang ada pada buah delima tidak hanya enak untuk dimakan, namun juga berkhasiat dalam menyehatkan paru-paru Anda. Kandungan vitamin C nya juga akan melindungi tubuh dari serangan bakteri penyakit.

9. Apel

Konsumsi apel dengan rutin akan mencegah terjadinya kerusakan pada paru-paru Anda. Siapa sanka jika buah yang dapat dengan mudah kita temukan ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan paru-paru Anda.

10. Bawang putih

Kegunaan bawang putih tidak hanya terletak dari fungsinya sebagai bumbu dan bahan masakan, namun juga khasiatnya dalam menyehatkan paru-paru. Cobalah mengonsumsi bawang ini untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik.

Baca Juga: 16 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk kesehatan paru-paru perokok lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Jenis Makanan Sehat untuk Kesehatan Paru-Paru Perokok Lainnya

11. Kubis
12. Ikan
13. Wortel
14. Buah berri
15. Kacang-kacangan
16. Kacang hijau

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk kesehatan paru-paru perokok yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top