Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Ambeien

Uncategorized

13 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Ambeien

Ada jenis makanan sehat untuk penderita ambeien yang disarankan untuk dikonsumsi. Makanan ini akan membuat penderita ambeien lebih terbantu dalam menyembuhkan ambeiennya. Lalu apakah penyakit ambeien itu? Ambeien adalah penyakit yang mengganggu kesehatan pencernaan, terutama bagian anus yang mengalami pembengkakan. Penyakit yang satu ini juga disebut dengan wasir. Penderitanya akan mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Pembengkakan pada penyakit ambeien terjadi karena faktor tertentu. Bisa karena faktor keturunan atau genetika, dan bisa juga terjadi karena kegiatan buang air besar yang tidak sehat. Jika Anda mempunyai penyakit ini yang sudah menyerang cukup lama dan tak kunjung sembuh, maka Anda perlu melakukan perawatan yang cukup serius. Sebelum bertambah parah, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang dapat menurunkan gejala penyakit ini.

13 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Ambeien

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk penderita ambeien yang perlu Anda ketahui.

1. Jus lobak

Lobak merupakan jenis sayuran yang mengandung cukup banyak nutrisi sehat untuk mengatasi ambeien. Agar lebih mudah diserap oleh tubuh, Anda dapat membuatnya menjadi jus lobak yang segar dan juga sehat.

2. Air jeruk nipis hangat

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan, termasuk mengurangi gejala penyakit ambeien. Peraslah satu sampai dua buah jeruk nipis kemudian dicampur dengan air hangat secukupnya. Minumlah dengan rutin setiap hari.

3. Pepaya

Buah yang satu ini tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga berguna dalam mengatasi penyakit ambeien yang menyerang tubuh Anda. Kandungan serat serta vitamin yang ada di dalam buah ini cukup membantu Anda untuk menyembuhkan ambeien.

Loading...

4. Pisang

Kandungan nutrisi seperti serat yang terdapat dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Jika Anda mempunyai penyakit ambeien, maka buah ini dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika buang air besar karena mudah dicerna.

5. Buah Ara

Nama lain dari buah ara adalah buah tin. Buah yang satu ini sudah dikenal sejak lama sebagai buah sehat yang mampu membantu mengatasi penyakit pencernaan. Kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

6. Bawang putih

Zat alicin dalam bawang putih bermanfaat untuk mengatasi pembekuan darah. Manfaat ini sangat cocok untuk mengurangi pembengkakan pada bagian anus ketika ambeien menyerang tubuh Anda. Bawang ini juga merupakan sumber anti oksidan yang alami.

7. Kulit delima

Tidak hanya bagian dalam buah delima saja yang mengandung nutrisi sehat, namun juga bagian kulitnya. Kandungan zat dalam kulit buah ini mampu membuat pencernaan Anda lebih sehat. Ambeien yang kambuh pun bisa diatasi.

8. Rempah-rempah

Jenis rempah-rempah seperti kunyit mengandung anti inflamasi yang baik untuk penderita penyakit ambeien. Rempah yang satu ini mempunyai kegunaan dalam mengurangi peradangan pada anus saat penyakit ambeien menyerang.

9. Buah cerry

Kandungan zat bioflavonoid dalam buah cerry berguna untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Zat yang
satu ini memang sudah terkenal sebagai zat alami yang dapat mengatasi gejala penyakit tertentu, terutama ambeien.

10. Jenis kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung cukup banyak protein yang baik untuk kesehatan pencernaan. Jika Anda penderita ambeien, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis kacang seperti kacang kedelai dan kacang lainnya.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Maag Kronis

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita ambeien lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 3 jenis makanan lainnya:

3 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Ambeien Lainnya

11. Jus sayur dan buah
12. Kulit manggis
13. Buah sirsak

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk penderita ambeien yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top