Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Batu Empedu

Uncategorized

16 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Batu Empedu

Ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penyakit batu empedu yang bisa Anda gunakan untuk mencegah penyakit ini bertambah parah. Penyakit batu empedu menyerang organ empedu di tubuh Anda dan menjadikannya tidak berfungsi dengan baik. Penyebabnya yaitu menumpuknya kolesterol di dalam empedu. Jika jumlah kolesterol ini banyak, maka empedu Anda tidak bisa membantu usus kecil Anda dalam menjalankan proses pencernaan.

Penyakit batu empedu adalah salah satu akibat dari banyaknya kolesterol yang menumpuk di tubuh. Itulah mengapa Anda disarankan agar terhindar dari kolesterol yang tinggi karena dapat menimbulkan komplikasi penyakit. Jika Anda sudah terjangkit penyakit ini, cara menurunkan gejalanya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Konsumsi makanan sehat akan menurunkan kolesterol dalam empedu Anda.

16 Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Batu Empedu

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penyakit batu empedu yang perlu Anda ketahui.

1. Minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini sudah sangat dikenal sebagai bahan alami yang dapat menyehatkan tubuh. Manfaat minyak zaitun dapat membantu tubuh Anda untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam empedu.

2. Daging merah tanpa lemak

Kandungan kolesterol dalam empedu bisa Anda turunkan dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak. Banyak orang yang mengira jika mengonsumsi daging merah dapat memperparah penyakit batu empedu. Hal tersebut tidak berlaku jika Anda dapat mengatur jumlah daging yang Anda makan.

3. Beras merah

Penyakit batu empedu bisa Anda cegah mulai dari sekarang dengan mengonsumsi beras merah. Jenis beras yang satu ini berbeda dari beras putih. Kandungan kalori dalam beras merah jauh lebih sedikit dan tentunya lebih menyehatkan.

Loading...

4. Brokoli

Jenis sayuran yang dapat menyehatkan tubuh Anda dari serangan penyakit batu empedu yaitu brokoli. Brokoli mengandung banyak serat serta banyak vitamin yang akan membuat empedu Anda lebih sehat tanpa penyakit.

5. Ikan tuna

Jika Anda mempunyai jenis ikan favorit, sekarang saatnya Anda beralih untuk mengonsumsi ikan tuna. Apa yang membuat ikan ini baik untuk empedu Anda? Kandungan omega 3 dalam ikan ini akan membuat empedu menjadi lebih sehat.

6. Ikan salmon

Selain ikan tuna, Anda juga dapat mengonsumsi ikan salmon. Ikan yang satu ini mempunyai fungsi yang sama seperti ikan tuna. Kandungan omega 3 di dalamnya akan membantu menurunkan kolesterol di dalam empedu Anda.

7. Yogurt

Kebiasaan orang dalam mengonsumsi camilan biasanya menjadi alasan kuat timbulnya penyakit batu empedu. Gantilah camilan Anda sekarang dengan jenis camilan yang lebih sehat dan juga mengandung banyak nutrisi seperti yogurt.

8. Lobak

Penyakit batu empedu yang Anda derita bisa sedikit berkurang jika Anda rajin mengonsumsi lobak. Kandungan nutrisi di dalamnya ampuh untuk menurunkan kolesterol, termasuk kolesterol yang ada di dalam empedu.

9. Bayam

Sayuran jenis bayam tidak hanya akan menurunkan gejala penyakit batu empedu, namun juga menjadi sumber energi yang dapat mencukupi kebutuhan energi tubuh. Anda tidak akan cepat lelah dan lesu.

10. Timun

Kandungan vitamin serta mineral dalam timun berguna untuk membersihkan berbagai jenis racun yang ada di dalam tubuh, termasuk empedu Anda. Jika Anda mencapurnya dengan sayuran lain seperti wortel dan brokoli, maka manfaatnya akan jauh lebih besar.

Baca Juga: 21 Jenis Makanan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penyakit batu empedu lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Batu Empedu Lainnya

11. Lemon
12. Tomat
13. Semangka
14. Seledri
15. Ubi jalar
16. Susu rendah lemak

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk penderita penyakit batu empedu yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top