Connect with us
close

Virtual.co.id

40 Jenis Makanan Sehat untuk Hati yang Perlu Dikonsumsi

Uncategorized

40 Jenis Makanan Sehat untuk Hati yang Perlu Dikonsumsi

Beberapa jenis makanan sehat untuk hati yang menyehatkan tubuh dapat membantu mencegah penyakit yang menyerang organ yang satu ini. Hati adalah organ tubuh yang mempunyai peran penting untuk mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh Anda. Organ tubuh ini sering diserang penyakit yang dinamakan penyakit liver. Penyebab penyakit liver muncul karena konsumsi makanan yang tidak sehat terus masuk ke dalam tubuh.

Sejatinya jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat, maka Anda tidak akan mengalami banyak penyakit. Organ tubuh Anda pun juga berfungsi dengan baik dan terjaga kesehatannya. Sama halnya dengan organ hati yang dapat diserang penyakit dan mengalami penurunan fungsi. Cara yang paling tepat untuk mencegah organ hati Anda terganggu kesehatannya yaitu dengan mengonsumsi banyak makanan sehat yang mempunyai nutrisi lengkap.

40 Jenis Makanan Sehat untuk Hati yang Perlu Dikonsumsi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk hati yang perlu dikonsumsi dan yang perlu Anda ketahui.

1. Kale

Salah satu sayuran sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menyehatkan organ hati yaitu sayur kale. Sayuran hijau yang satu ini mempunyai beberapa kandungan nutrisi sehat yang baik dalam mencegah penyakit liver.

2. Bayam

Jangan terpaku saja pada kandungan zat besi yang Anda ketahui dari bayam. Sayuran yang satu ini juga mempunyai nutrisi lainnya yang dapat mengatasi racun dalam tubuh dan membantu kinerja organ hati.

3. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk dan nutrisi sehat lainnya dapat membuat organ hati Anda memiliki fungsi yang maksimal. Tubuh Anda pun tidak akan banyak terkena dampak racun yang masuk ke dalam tubuh.

Loading...

4. Lemon

Rasa lemon memang kecut namun ini tidak mengurangi khasiatnya untuk menyehatkan tubuh. Selain mengandung vitamin yang alami, lemon juga dapat membantu organ hati Anda untuk menyaring racun di dalam tubuh.

5. Pepaya

Kandungan serat dalam pepaya sangat ampuh untuk mengatasi pencernaan yang tidak lancar. Buah yang satu ini juga dapat memlindungi kesehatan organ hati Anda dan membantu menyerap racun agar dapat dibuang
keluar tubuh.

6. Mangga

Buah dengan kandungan vitamin C lainnya yaitu buah mangga. Hal ini membuat buah mangga dapat diandalkan untuk menjadi buah yang sehat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk mencegah penyakit liver.

7. Teh hijau

Jenis teh hijau berbeda dengan teh lainnya. Teh ini mengandung lebih banyak anti oksidan yang baik dalam mencegah efek buruk radikal bebas dan dapat digunakan untuk diet serta mengatasi racun yang masuk ke dalam hati Anda.

8. Apel

Jangan lupakan buah yang satu ini. Selain mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral, buah apel sangat bisa Anda jadikan salah satu buah yang akan mengatasi gejala penyakit pada organ hati di tubuh.

9. Kubis

Sayuran berupa kubis sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus saja dalam waktu yang tidak lama. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini tidak hilang. Kubis bermanfaat untuk menyehatkan organ hati dan mencegah serangan penyakit.

10. Minyak zaitun

Mulailah beralih dengan menggunakan minyak zaitun daripada lemak goreng biasa. Minyak zaitun kandungan lemaknya lebih rendah daripada minyak goreng biasa sehingga tubuh Anda tidak akan mudah diserang kolesterol dan penyakit liver.

Baca Juga: 45 Jenis Makanan Sehat untuk Penyakit Diabetes

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk hati yang perlu dikonsumsi lainnya. Berikut ini 30 jenis makanan lainnya:

30 Jenis Makanan Sehat untuk Hati yang Perlu Dikonsumsi Lainnya

11. Wortel
12. Buah bit
13. Bawang putih
14. Asparagus
15. Kacang kenari
16. Brokoli
17. Kunyit
18. Jeruk Bali
19. Kiwi
20. Blackberi
21. Articoke
22. Pare
23. Kacang kedelai
24. Kacang polong
25. Kacang merah
26. Kayu manis
27. Lada
28. Tomat
29. Beras merah
30. Anggur
31. Alpukat
32. Air putih
33. Buah pir
34. Buah leci
35. Markisa
36. Jus buah segar
37. Sayuran hijayu
38. Stroberi
39. Kacang edamame
40. Gandum

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk hati yang perlu dikonsumsi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top