Connect with us
close

Virtual.co.id

35 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes

Uncategorized

35 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi sembarangan makanan. Hal ini akan mempengaruhi kandungan gula dalam darah si penderita. Penyakit ini menyerang gula darah di tubuh Anda yang biasanya sering diakibatkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengatur jumlah prosi makan Anda dengan menggunakan nasi. Agar dapat menghindar dari penyakit gula yang satu ini.

Permasalahannya yaitu hampir semua makanan saat ini mengandung banyak gula dan karbohidrat. Tentunya bagi penderita diabetes cukup sulit untuk menghindar dari jenis makanan favorit mereka. Ada beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang bermanfaat bagi kesehatan. Terutama bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil dan tidak naik. Kejelian dalam memilih jenis makanan bagi penderita penyakit tertentu akan membuat kesehatannya tidak mudah terganggu.

35 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan untuk penderita diabetes, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan sehat untuk penderita diabetes yang patut dikonsumsi setiap hari.

1. Bayam

Sayuran yang satu ini mengandung lutein, yaitu senyawa yang baik untuk membuat kada gula di dalam darah Anda menjadi lebih normal. Bayam tidak hanya untuk penderita diabetes saja, tapi juga disarankan untuk semua orang yang ingin mendapatkan tubuh yang sehat.

2. Buah acai berry

Salah satu jenis buah yang ampuh untuk membantu menormalkan kadar gula dalam darah yaitu buah acai berry. Penelitian mengungkapkan bahwa buah yang satu ini mengandung asam lemak alami yang baik untuk memperbaiki sel yang rusak akibat diabetes.

3. Minyak zaitun

Kegunaan minyak zaitun cukup ampuh untuk menurunkan lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Ketika lemak berkurang, maka tubuh Anda akan mempunyai kemampuan yang lebih meningkat dalam mencegah timbulnya diabetes.

Loading...

4. Yoghurt rendah lemak

Jika Anda adalah seorang penderita diabetes namun Anda sangat menyukai camilan manis yang beresiko membahayakan kesehatan tubuh, Anda dapat menggatinya dengan yoghurt rendah lemak. Makanan yang satu ini bagus untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dan penderita penyakit lainnya.

5. Bawang putih

Kegunaan bawang putih tidak hanya berguna untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Namun juga baik untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Bawang ini mengandung beberapa jenis protein dan juga vitamin yang baik untuk tubuh.

6. Beras merah
 

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia jika mengonsumsi makanan tidak akan lengkap tanpa nasi. Namun bagi penderita diabetes, nasi merupakan pantangan, terutama jenis nasi putih. Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah dari beras merah yang rendah kandungan gulanya.

7. Oatmeal

Kandungan gula yang ada di dalam oatmeal tidaklah sama dengan kandungan gula yang ada di dalam nasi. Itulah mengapa bagi penderita diabetes bisa mengonsumsi oatmeal sebagai salah satu makanan pengganti nasi yang sehat.

8. Gandum

Selain oatmeal dan nasi, cobalah untuk mengonsumsi gandum. Gandum sudah terbukti ampuh dalam menyehatkan penderita diabetes. Hal ini didukung oleh kandungan di dalamnya yang tidak mempunyai zat gula seperti pada nasi.

9. Ikan tuna

Penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi jenis ikan, salah satunya ikan tuna. Ikan ini mengandung omega 3 yang membantu untuk mengatasi kolesterol serta lemak. Kolesterol dan lemak yang sedikit di dalam tubuh tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah Anda.

10. Kacang merah

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang yang baik untuk penderita diabetes yaitu kacang merah. Akan lebih baik jika kacang ini Anda rebus sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan lainnya yang perlu dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut ini 25 jenis makanan lainnya:

25 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes Lainnya:

11. Buah naga
12. Apel hijau
13. Buah pepaya
14. Alpukat
15. Cuka apel
16. Belimbing wuluh
17. Jambu air
18. Lidah buaya
19. Taoge
20. Kangkung
21. Kacang tanah
22. Sawi hijau
23. Daun selada
24. Daun pandan
25. Daun serai
26. Pare
27. Ubi jalar
28. Ketela pohon
29. Kentang
30. Ikan salmon
31. Ikan tuna
32. Ikan sarden
33. Apel
34. Sereal
35. Susu rendah lemak dan gula

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan untuk penderita diabetes yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top