Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Penderita Epilepsi

Uncategorized

9 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Penderita Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit yang menyerang sistem saraf otak, dan mengakibatkan kerusakan terhadap sistem saraf otak dengan jangka panjang. Penyakit ini dapat diobati melalui obat tradisional dan terapi epilepsi. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi serangan kejang. Maka hindarilah makanan yang dilarang bagi penderita epilepsi.

Serangan kejang yang disebabkan epilepsi dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak akan diketahui oleh siapa pun. Hal ini mengakibatkan seorang penderita epilepsi haruslah menjalani perawatan seumur hidup untuk menanggulangi akibat tersebut. Terdapat berbagai serangan yang akan dialami oleh penderita epilepsi, sehingga memaksa penderita untuk menghindari beberapa makanan yang dilarang bagi penderita epilepsi berikut.

Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Epilepsi, Jenis Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Epilepsi, Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Penyakit Epilepsi

1. Buah dengan glikemik tinggi

Makanan yang dilarang bagi penderita epilepsi yang pertama adalah buah dengan indeks glikemik tinggi. Dengan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi maka anda akan mudah merasa lapar, sehingga risiko epilepsi akan sering terjadi dengan cepat. Buah yang memiliki indeks glikemik tinggi antara lain kurma, pisang, kismis dan buah kering lainnya.

2. Minuman berkafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein akan meningkatkan keaktifan saraf yang berlebihan dan mungkin akan membuat serangan epilepsi. Kafein juga akan berakibat kejang yang berlebihan. Hal ini diakibatkan oleh kafein yang memiliki sifat stimulan sistem saraf. Minuman yang mengandung kafein tinggi dan perlu dijaga asupan nya adalah kopi, teh dan cokelat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga akan berakibat serangan epilepsi, karena akan menimbulkan mual dan berujung muntah-muntah. Kacang – kacangan juga akan memicu terjadinya kejang dan sesak napas. Bahkan, menurut beberapa penelitian, kacang juga dapat mengandung racun diakibatkan pengolahan dan perawatan yang tidak tepat dan berujung serangan epilepsi.

4. Olahan Karbohidrat

Karbohidrat olahan sangat tidak dianjurkan pada penderita epilepsi, karena dalam makanan olahan karbohidrat akan mengandung indeks glikemik tinggi yang dapat mengakibatkan kejang pada penderita epilepsi. Hal ini juga akan meningkatkan gula dalam darah menjadi tinggi. Yang termasuk makanan jenis ini adalah roti, kue basah dan pizza. Selain itu makanan karbohidrat perlu dijaga asupannya karena akan berakibat diabetes karena kandungan zat gula yang tinggi dalam karbohidrat.

Loading...

5. Makanan dalam kemasan

Makanan dalam kemasan memang tidak terlalu dianjurkan untuk dikonsumsi karena memungkinkan adanya zat pengawet di dalamnya. Makanan dalam kemasan juga bisa mengandung zat pewarna, zat perasa seperti MSG yang akan berakibat buruk pada sistem saraf, dan akan membuat serangan epilepsi.

6. Beberapa jenis seafood, terutama Kerang

Penderita epilepsi akan lebih sensitif terhadap alergi dan perlu dihindari untuk makanan yang memicu alergi seperti makanan laut. Terutama kerang yang paling sering mengakibatkan alergi. Saat tubuh alergi maka akan berakibat sakit kepala dan pusing. Pada akhirnya penderita akan mengalami serangan epilepsi.

7. Makanan Instan

Makanan instan seperti mie instan, sosis, dan daging kaleng adalah makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan zat pengawet yang tinggi. Selain itu, makanan instan juga akan mengakibatkan mual yang akan memperburuk penderita epilepsi. Sebaiknya konsumsi makanan alami yang sehat dan segar.

8. Makanan dengan kandungan MSG

MSG adalah bumbu dapur yang biasa digunakan untuk menambah kelezatan makanan. Akan tetapi, MSG apabila digunakan secara berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh. MSG juga akan memicu terjadinya epilepsi dengan cepat. MSG juga akan membuat saraf menjadi lebih aktif dan akan berakibat kecanduan.

9. Minuman buah kemasan

Minuman buah dalam kemasan juga tidak terlalu dianjurkan pada penderita epilepsi. Lebih baik anda mengonsumsi minuman buah dari buah segar untuk menghindari risiko yang lebih buruk. Kandungan dalam minuman kemasan adalah zat pemanis buatan yang akan meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga 14 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Itulah beberapa makanan yang dilarang bagi penderita epilepsi yang sebaiknya anda hindari sejak dini, walaupun anda tidak sedang sakit epilepsi. Ada baiknya sedia payung sebelum hujan dan menjadikan hal ini untuk investasi kesehatan ke depan. Selalu konsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh, karena apabila sesuatu dikonsumsi berlebihan sekalipun itu sehat akan berdampak buruk bagi tubuh. Segera lakukan penanganan yang tepat terhadap penderita penyakit epilepsi agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk lagi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top