Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Asma

Uncategorized

15 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan pada manusia. Memang penyakit ini sulit untuk disembuhkan secara total, namun penyakit ini dapat dikendalikan sehingga sesak nafas yang biasanya terjadi pun dapat dicegah. Salah satu hal yang harus dikendalikan agar tidak menyebabkan efek yang lebih parah pada asma yakni makanan. Ada beberapa makanan yang dilarang pengidap asma karena akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Karena asma hampir dapat dikaitkan dengan alergi yang dapat terjadi karena saat terjadi asma, anti histamin akan terproduksi secara berlebihan. Agar dapat mengendalikan asma yang diderita, sebaiknya liat beberapa makanan yang dilarang pengidap asma berikut ini.

Makanan yang Dilarang Pengidap Asma, Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Pengidap Asma, Daftar Makanan yang Dilarang Pengidap Asma

1. Alkohol

Salah satu makanan yang dilarang pengidap asma adalah minuman beralkohol termasuk semua jenis makanan yang dimasak menggunakan arak, dan bahan lainnya yang mengandung alkohol. Alkohol mampu membuat nafas seseorang menjadi melambat dan biasanya penderita asma langsung bengek, mata berair, dan batuk.

2. Buah tomat dan jeruk

Buah memang merupakan makanan yang sangat menyehatkan, namun bagi penderita asma sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk dan tomat. Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat alami yang dikandungnya akan menyebabkan serangan asma. Namun bagi orang normal, asam sitrat ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Semua makanan dengan lemak jenuh tinggi

Makanan yang mengandung lemak jenuh memang tidak baik untuk kesehatan terutama bagi seseorang yang sedang mengidap asma. Hal ini dikarenakan lemak jenuh yang terdapat pada makanan tersebut akan menyebabkan radang paru – paru sehingga akan menjadi kesulitan untuk bernapas.

4. Semua jenis makanan asin

Makanan asin merupakan jenis makanan yang banyak disukai oleh orang. Namun apabila kamu sedang mengidap penyakit asma sudah sebaiknya tidak mengonsumsi makanan ini. hal ini dikarenakan kandungan garam dalam makanan asin akan menimbulkan penyempitan pada saluran udara sehingga akan membuat seseorang menjadi sulit bernapas.

Loading...

5. Kerang

Makanan yang kaya akan protein ini sangat baik dikonsumsi, namun tidak bagi penderita asma. Kerang merupakan salah satu hewan laut yang dapat menyebabkan efek alergi yang sangat cepat terutama penderita asma.

6. Susu

Susu selain rasanya yang lezat, juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh orang. Namun penderita asma sebaiknya tidak mengonsumsi susu dan produk olahan susu lainnya karena akan menyebabkan alergi yang cukup cepat pada tubuh dan biasanya akan menimbulkan reaksi berupa mengi, sesak napas, dan sakit pada bagian dada.

7. Telur

Makanan yang kaya protein ini juga sangat tidak dianjurkan bagi penderita asma. Hal ini juga dikarenakan jenis makanan ini akan menimbulkan alergi yang akan memperparah kondisi asma. Makanan ini akan menimbulkan reaksi alergi yang sangat cepat seperti kulit keriput, sakit kepala, mual, sesak napas, dan lainnya.

8. Buah ceri

Buah ceri memang sangat lezat dan menggugah selera. Karena biasanya buah ini dijual dalam bentuk kemasan kaleng, sebaiknya jangan dikonsumsi apabila kamu mengidap asma. Hal ini dikarenakan buah tersebut telah ditambahkan sulfit agar awet. Padahal semua bahan pengawet akan menimbulkan efek berupa sesak napas.

9. Kacang – kacangan

Kacang – kacangan juga jenis kelompok makanan yang wajib dihindari oleh penderita asma. Makanan ini mengandung senyawa yang dapat memicu racun masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis kacang yang sangat berpengaruh terhadap asma yakni kacang tanah, kacang mete, almond, kacang hijau, kedelai, dan masih banyak lagi.

10. Kentang goreng dan kentang kemasan

Apabila kamu sedang mengalami asma, sebaiknya hindari kentang goreng dan kentang kemasan. Garam dan MSG yang biasa ditambahkan ke makanan tersebut akan menyebabkan masalah alergi yang dapat memicu sesak napas dan demam dalam waktu singkat. Selain itu kentang kemasan juga kemungkinan besar ditambahkan dengan pengawet buatan yang akan memperparah kondisi asma.

Baca Juga 8 Cara Penularan Flu Burung dan Cara Melakukan Pencegahannya

5 Makanan yang Dilarang Pengidap Asma Lainnya:

11. Rokok
12. Udang beku
13. Buah kering
14. Acar
15. Makanan cepat saji

Itulah 15 makanan yang dilarang pengidap asma untuk mengonsumsinya. Makanan – makanan tersebut sudah terbukti dapat memperparah kondisi asma. Sudah sebaiknya untuk memilih makanan alternatif lain yang lebih meyehatkan dan menjauhkan dari penyakit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top