Connect with us

Virtual.co.id

10 Makanan yang Dilarang dan Perlu Dihindari Saat Batuk

Uncategorized

10 Makanan yang Dilarang dan Perlu Dihindari Saat Batuk

Penyakit batuk biasanya disebabkan oleh flu yang sedang diderita sesorang ataupun kelelahan yang dialami oleh seseorang. Batuk menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan terutama tenggorokan. Batuk bisa berupa kering dan berdahak, dan bisa menyerang siapa pun tidak kenal usia. Ada beberapa makanan yang dilarang saat batuk, dan anda harus menghindarinya.

Saat anda batuk, pilihlah makanan yang sekiranya tidak akan memperparah batuk anda. Hal ini bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan pada batuk tersebut. Batuk juga akan membuat gejala gatal dan tak nyaman pada penderitanya. Batuk juga akan disebabkan oleh debu, kualitas udara yang rendah dan infeksi serta alergi lainnya. Berikut beberapa makanan yang dilarang saat batuk.

Makanan yang Dilarang Saat Batuk, Jenis Makanan yang Dilarang Saat Batuk, Makanan Bahaya yang Dilarang Saat Batuk

1. Buah yang mengandung asam sitrat

Makanan yang dilarang saat batuk yang pertama adalah makanan buah dengan asam nitrat tinggi. Hal ini dikarenakan, saat batuk maka asam akan naik ke saluran pernapasan. Dampakanya adalah batuk akan menjadi lebih parah. Makanan ini akan menghasilkan lendir yang berlebih dan mengakibatkan batuk yang lebih parah.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng akan menyebabkan batuk yang lebih parah, dikarenakan proses pelepasan udara dengan proses akrolein saat digoreng. Akrolein juga dapat menyebabkan produksi lendir pada selaput lendir meningkat dan memperparah batuk sehingga batuk jadi lebih sering.

3. Makanan yang mengandung gula dan pemanis buatan

Makanan dengan kandungan gula tinggi sangat tidak dianjurkan untuk penderita batuk. Karena gula akan menyebabkan batuk sulit disembuhkan dan sistem imun tubuh menurun. Gula juga akan menyebabkan asma yang akan memperparah kondisi saluran pernapasan. Jadi, kurangi makanan dengan kadar gula tinggi.

4. Makanan yang dapat memicu alergi

Sebagian jenis batuk adalah disebabkan oleh alergi begirupula flu dan pilek. Maka akan lebih bijak apabila anda menghindari makanan yang dapat memicu alergi. Konsumsi makanan yang sekiranya tidak akan memicu alergi. Makanan yang dapat memicu alergi seperti, telur, susu, pemanis, dan bersoda.

Loading...

5. Makanan dingin

Makanan dingin memang tidak terlalu dianjurkan untuk penderita batuk dan flu. Saat anda sedang flu, batuk ataupun asma maka batuk anda akan menjadi lebih parah. Makanan dingin juga akan menghasilkan lendir berlebih dan akhirnya membuat batuk jadi lebih parah. Selain itu, lendir juga akan menghambat saluran pernapasan.

6. Makanan dalam kemasan

Makanan dalam kemasan sangat dilarang untuk penderita batuk, karena minyak saat proses penggorengan sangat tinggi. Selain penderita batuk, juga kurang dianjurkan dalam mengonsumsi makanan dalam kemasan seperti keripik. Makanan ini juga akan menyebabkan gatal saat mengenai tenggorokan anda.

7. Makanan Olahan

Makanan olahan yang diolah dari karbohidrat biasanya akan menyebabkan batuk dan akan memperparah kondisinya. Saat anda batuk akan menyebabkan kekebalan tubuh anda menurun dan akan menyebabkan infeksi di seluruh tubuh anda. Mengingat fungsi sistem imun yang akan menjaga kondisi tubuh anda dari serangan penyakit.

8. Selain makanan, hindari rokok

Merokok juga akan membuat batuk anda menjadi lebih parah dan akhirnya berakibat kondisi atau penyakit yang lebih parah. Merokok adalah memasukan asap dengan banyak zat racun pada saluran pernafasan maka akan menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan menjadi lebih parah dan akhirnya memperparah batuk.

9. Olahan Susu

Menurut beberapa penelitian, susu akan menyebabkan kelenjar lendir bekerja dengan cepat. Hal ini akan menyebabkan penumpukan lendir di dalam paru-paru dan saluran pernapasan dan akan berakibat batuk berdahak. Jagalah asupan susu dan produk olahan susu dalam tubuh anda.

10. Minuman berkafein

Makanan dan minuman berkafein akan sangat disarankan untuk dijauhi dan dijaga asupannya. Karena kafein akan menyebabkan selaput pada tenggorokan mengering dan tidak nyaman saat menelan makanan. Hal ini hanya akan menyebabkan batuk menjadi lebih parah. Akibat lain yang disebabkan adalah hilangnya suara.

Baca Juga 10 Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Asam Urat dan Harus Anda Hindari

Itulah beberapa makanan yang dilarang saat batuk dan sebaiknya anda harus menghindarinya. Anda juga dapat mengonsumsi obat untuk meringankan gejala akibat batuk tersebut. Anda juga bisa memeriksakan diri anda ke dokter apabila batuk anda tak kunjung sembuh, agar tidak mengakibatkan sakit yang lebih berbahaya seperti penyakit TBC.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: