Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Saat Mengalami Sakit Campak

Uncategorized

10 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Saat Mengalami Sakit Campak

Penyakit campak disebabkan oleh infeksi Molbivirus dan bersifat menular apabila bersentuhan secara langsung. Campak juga akan membuat penderita mengalami gangguan pada saluran pernafasan dengan gejala seperti demam serta ruam warna merah. Pada umumnya penyakit ini akan cenderung menyerang anak kecil, tapi seorang dewasa juga memiliki kemungkinan terserang campak. Jadi, hindari beberapa makanan yang dilarang saat sakit campak.

Gejala awal penderita campak ditandai dengan flu, demam, sakit kepala, mual dan batuk. Penderita dapat mengonsumsi paracetamol dan anti biotik untuk mengurangi efek dari gejala awal yang disebabkan campak. Tetapi, lebih baik anda periksakan diri anda saat mengalami gejala tersebut pada dokter Berikut ini beberapa makanan yang dilarang saat sakit campak.

Makanan yang Dilarang Saat Sakit Campak, Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Saat Sakit Campak, Jenis Makanan yang Dilarang Saat Sakit Campak

1. Makanan yang mengandung minyak

Makanan yang dilarang saat sakit campak yang pertama adalah makanan dengan kandungan minyak yang tinggi. Makanan dengan kadar minyak tinggi juga akan menyebabkan kolesterol, jadi sebaiknya hindari apabila anda ingin tubuh yang sehat. Makanan yang digoreng dengan minyak juga akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan saluran pencernaan yang akan memperburuk keadaan penderita campak.

2. Susu

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa susu memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Tetapi, susu tidak baik dan akan berdampak buruk pada penderita campak, terutama pada tahap pemulihan. Susu akan mengakibatkan cairan lendir dalam saluran pernafasan meningkat dan akan memperburuk gejala dari penderita campak. Untuk menggantikan nutrisi dalam susu, makan anda dapat menggunakan jus buah yang notabene tidak akan membuat efek samping terhadap penderita campak.

3. Makanan dengan kadar garam tinggi

Garam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh sebagai penangkal penyakit gondok apabila dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Akan tetapi, makanan yang asin akan sangat beresiko untuk memperburuk penyakit campak. Hal ini dikarenakan garam dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan yang nantinya akan berpengaruh buruk pada penderita campak. Garam juga akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang menyebabkan masa inkubasi virus campak menjadi lebih lama.

4. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi apabila dikonsumsi setiap hari akan membuat lambung anda keropos dan hal itu akan memperburuk iritasi yang disebabkan penyakit campak. Selain itu, minuman soda juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Minuman soda juga akan berakibat gejala mual dan muntah pada penderita akan menjadi lebih parah.

Loading...

5. Permen

Permen adalah makanan yang mengandung gula sangat tinggi. Saat anda mengonsumsi permen maka, rasa lapar anda dapat berkurang. Tetapi, dalam permen anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk memenuhi takaran nutrisi harian anda. Sehingga dapat menghambat pemulihan.

6. Roti

Roti yang dimaksudkan adalah roti putih atau roti dengan bahan utama b=tepung beras, ragi dan telur. Ketiga bahan dalam roti putih itu sangat tidak baik untuk saluran pencernaan. Tepung beras yang terkandung dalam roti putih akan menyebabkan pencernaan menjadi lebih berat. Dan kandungan ragi dalam roti juga akan menyebabkan infeksi menjadi lebih berat.

7. Telur

Salah satu gejala campak adalah gatal dan ruam pada kulit penderita, dan menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan terhadap beberapa beberapa makanan. Telur malah akan memperparah gejala gatal dan ruam pada kulit penderita. Telur memang mengandung protein yang sangat tinggi, tetapi telur juga akan memperburuk keadaan dari gatal di kulit penderita.

8. Makanan Dalam Kemasan

Bahan yang terkandung dalam makanan dalam kemasan sangat tidak baik untuk kesehatan pernafasan, karena saat anda menderita sakit campak maka saluran pernafasan atas dan bawah anda akan mengalami infeksi. Makanan dalam kemasan biasanya mengandung garam, minyak nabati, pemanis buatan dan bahan pengawet.

9. Makanan Instan

Bukan lagi rahasia bahwa makanan instan sangat berefek buruk pada tubuh manusia, jadi sebaiknya hindari makanan instan. Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung garam yang cukup tinggi dan akan berakibat buruk untuk pencernaan, makanan instan juga akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan membuat penderita campak kekurangan cairan yang berakibat ketidakseimbangan elektrolit.

10. Keripik

Seperti yang anda tahu bahwa keripik mengandung garam yang sangat tinggi, dan hal itu sangat tidak baik untuk tubuh anda. Selain itu, keripik juga mengandung minyak yang sangat tinggi karena semua jenis keripik digoreng. Seperti yang telah dijelaskan bahwa minyak akan membuat iritasi pada saluran pencernaan menjadi lebih buruk.

Baca Juga 9 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Penderita Epilepsi

Itulah 10 makanan yang dilarang saat sakit campak dan sebaiknya anda hindari agar penyakit campak anda tidak menjadi lebih parah. Perbanyak istirahat agar tubuh anda mendapat istirahat yang cukup untuk pemulihan. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih beresiko.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top