Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Asam Urat dan Harus Anda Hindari

Uncategorized

10 Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Asam Urat dan Harus Anda Hindari

Seseorang yang telah berusia lanjut akan lebih sering mengalami sakit asam urat. Tapi, bagi anda yang masih memiliki usia muda tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan sebagai investasi kesehatan anda. Saat anda mengalami kadar asam urat tinggi, maka anda akan mengalami beberapa gejala pada bagian sendi seperti, terasa sakit dan sulit digerakkan. Maka anda harus menghindari makanan yang dilarang untuk asam urat.

Asam urat sangat merugikan bagi manusia, karena akan menghambat sesorang dalam beraktivitas. Untuk mencegah asam urat, sebaiknya anda mengendalikan makanan yang masuk kedalam tubuh anda, jadi anda dapat terhindar dari penyakit asam urat. Berikut makanan yang dilarang untuk asam urat.

Makanan yang Dilarang Untuk Asam Urat, Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Asam Urat, Makanan yang Dilarang Untuk Penyakit Asam Urat, Jenis Makanan yang Dilarang Untuk Asam Urat

1. Makanan Ringan

Makanan ringan sebaiknya harus anda hindari untuk kesehatan karena mengandung MSG yang sangat tinggi dan berefek buruk pada tubuh. Makanan ini mengandung kadar garam yang sangat tinggi dan akan berakibat pada asam urat. Selain itu, kadar garam tinggi juga akan mengakibatkan tekanan darah naik.

2. Minuman Alkohol

Bukanlah rahasia lagi bahwa alkohol memiliki dampak buruk bagi tubuh manusia yang akan mengakibatkan cedera pada saluran pencernaan dan kerusakan saraf otak serta jantung. Kadar racun dalam alkohol juga akan mengakibatkan asam urat dan memperburuk keadaan asam urat itu.

3. Sea food

Sea food mengandung mineral dan nutrisi yang sangat tinggi dibandingkan makanan lain atau makanan ikan air tawar. Hal itu sangat bermanfaat bagi tubuh, namun orang yang menderita asam urat akan sangat beresiko tinggi apabila mengonsumsi ikan laut secara berlebihan. Sebaiknya jaga asupan ikan laut anda.

4. Olahan Karbohidrat

Penderita asam urat juga seharusnya menghindari olahan karbohidrat, karena tingkat kalori yang sangat tinggi. Efek kalori berlebih akan mengakibatkan berat badan naik dengan cepat. Akibatnya asam urat akan naik secara pesat. Maka untuk anda penderita asam urat, sebaiknya kurangi asupan karbohidrat anda.

Loading...

5. Jeroan

Semua jenis jeroan akan berakibat buruk bagi tubuh seperti asam urat dan kolesterol. Maka sebaiknya hindari makanan jenis jeroan atau mengurangi asupannya. Makanan jenis jeroan sangatlah digemari kaum manusia saat ini karena rasanya yang lezat. Jeroan akan mengakibatkan gejala asam urat dan memperburuk gejalanya.

6. Minuman Manis

Minuman manis dengan kadar gula tinggi sangat tidak dianjurkan untuk manusia karena akan menyebabkan penyakit diabetes. Selain itu, gula akan memicu terjadinya asam urat. Kandungan fruktosa dalam minuman manis akan berakibat buruk untuk penderita asam urat. Jadi hindari dan jaga asupan kadar gula anda.

7. Daging Merah

Daging juga menyajikan protein yang sangat tinggi dan hal itu sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia. Penderita asam urat sebaiknya mengurangi asupan daging merah, apabila tidak maka akan berdampak untuk memperburuk keadaan asam urat. Daging juga mengandung zat purin yang akan meningkatkan risiko asam urat.

8. Makanan lemak jenuh

Makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi juga akan mengakibatkan asam urat dan memperburuk keadaan. Sebaiknya anda hindari, karena selain asam urat, makanan lemak jenuh akan mengakibatkan kolesterol yang tinggi. Lemak jenuh juga akan menaikkan berat badan dan berakhir obesitas.

9. Sayuran

Selain makanan diatas, ada sayuran yang juga sangat beresiko tinggi meningkatkan asam urat. Seperti yang kita ketahui bahwa sayur memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Tetapi, dibalik manfaatnya itu, sayur juga mengandung zat purin tinggi dan akan memicu terbentuknya asam urat.

10. Melinjo

Melinjo merupakan makanan yang digemari oleh sebagian orang di Indonesia. Akan tetapi, melinjo dipercaya sebagai pemicu terbentuknya asam urat. Sebaiknya anda hindari dari memakan melinjo secara berlebihan agar terhindar dari penyakit asam urat. Gantilah dengan snack lain yang lebih sehat. Selain itu, saat memasak melinjo tentunya akan digunakan garam dengan kadar yang tinggi, maka hal itu juga akan mengakibatkan asam urat.

Baca Juga 14 Hal Penyebab Kepala Terasa Tegang dan Berat

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk asam urat dan seharusnya anda hindari agar anda dapat terhindar dan tidak memperparah penyakit asam urat anda. Anda harus menjaga pola makan agar tetap sehat dan bisa dijadikan investasi kesehatan anda ke depannya. Segera hubungi dokter anda saat anda mengalami gejala asam urat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top