Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Mandi Setelah Bergadang Sampai Pagi

Uncategorized

15 Bahaya Mandi Setelah Bergadang Sampai Pagi

Di antara orang dewasa, pasti hampir setiap hari bergadang sampai pagi. Termasuk kamu, pastilah pernah bergadang. Baik karena faktor kebiasaan, insomnia, sedang lembur kerja, stress, atau sekadar kongkow-kongkow dengan teman. Kebiasaan bergadang dianggap wajar di kalangan orang dewasa.

Namun, tidak banyak yang tahu apa efeknya. Ketika menjelang pagi, banyak orang yang mandi. Padahal mandi setelah bergadang sampai pagi efeknya bahaya loh buat kesehatan.

Bila kita mandi setelah bergadang sampai pagi, kita akan mengalami hal-hal di bawah ini:

1. Mengalami Serangan Jantung

Bahaya Mandi setelah begadang sampai pagi adalah bisa menyebabkan serangan jantung. Ini terjadi karena tubuh mengalami perubahan suhu tubuh yang sangat cepat. Sehingga denyut jantung dan aliran darah tidak stabil. Alhasil, serangan jantung pun terjadi. Sebenarnya pada saat kita bergadang, itu tubuh dalam keadaan kurang oksigen dalam darah dan denyut jantung juga normal. Maka kalau pun dipaksakan harus mandi, pakailah air hangat.

2. Terserang Sakit Kepala

Serangan sakit kepala juga akan terjadi ketika kita bergadang sampai pagi. Mengapa demikian? Karena kepala kita mengalami syok juga akibat perubahan suhu drastis. Mencuci muka saja lebih baik, daripada mengguyur kepala. Pokoknya, jika kamu habis bergadang, sampai sampai mengguyur kepalamu pakai air dingin. Pikirmu bakal jadi segar, tapi nyatanya malah sakit kepala. Bahkan rentan mengalami pembekuan darah di otak.

3. Kejutan Pada Otot dan Tulang

Otot dan tulang bakalan terkejut bila kita mandi setelah bergadang sampai pagi. Kita bisa merasakan sakit pada seluruh otot tubuh. Terutama tangan dan kaki. Tulang-tulang berasa nyeri, seperti rematik saja. Gejala ini biasanya akan sembuh dalam 3-4 hari. Namun bila sampai tidak sembuh dan malah makin parah, maka saatnya kamu mengunjungi dokter. Mungkin dokter akan meresepkan obat anti nyeri.

Loading...

4. Paru-Paru Melemah

Jika kita bergadang sampai pagi, ini akan membuat paru-paru jadi melemah. Makanya kamu mesti hati-hati, janganlah sampai kamu bergadang dan kemudian mandi setelah bangun.  Semalaman pada saat bergadang, tubuh kekurangan oksigen. Ini saja sudah membuat paru-paru melemah. Ditambah suhu dingin air, sudah tentu paru-paru makin melemah.

5. Gangguan Sirkulasi Darah

Gangguan sirkulasi darah juga akan terjadi bilamana kita mandi setelah bergadang sampai pagi. Aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak bisa kacau. Selain karena kurangnya kadar HB akibat bergadang, suhu dingin di pagi hari ketika mandi juga rentan membuat darah menggumpal.

6. Pembuluh Darah Arteri Pecah

Ini yang paling bahaya. Pecahnya pembuluh darah arteri. Padahal pembuluh arteri itu sangat bahaya sekali bila sampai pecah. Karena fungsinya vital. Membawa darah ke jantung. Jika saja darah berhenti mengalir ke jantung, maka jantung bisa berhenti. Dan kita mengalami kematian. Wah, mengerikan sekali,kan?

7. Nyeri Otot dan Tulang

Rasa nyeri otot dan tulang sering diderita oleh mereka yang suka bergadang sampai pagi. Apalagi jika ditambah mandi pagi setelah bergadang. Ini efeknya sangat bahaya, akan membuat nyeri semakin menjadi-jadi. Dan kita akan merasakan sakit yang luar biasa hebat.

8. Denyut Jantung Tidak Teratur

Denyut jantung juga menjadi tidak teratur bilamana kita mengalami gangguan sirkulasi darah akibat
mandi setelah bergadang. Dan ini akan beresiko fatal. Apalagi untuk mereka yang pada dasarnya sudah memiliki riwayat penyakit jantung. Maka dari itu, jika memang semalam kita habis bergadang, mending tidak usah mandi. Cukup cuci muka saja.

9. Menjadi Demam

Tubuh kita juga menjadi demam bilamana kita mandi setelah bergadang sampai pagi. Badan merasa lemas dan dingin. Suhu tubuh juga meninggi. Maka kamu pun pada akhirnya jadi tidak semangat beraktivitas pada hari itu. Untuk itu, jangan bergadang lagi ya!

10. Mengalami Kematian

Inilah bahaya yang paling puncak dari mandi setelah bergadang sampai pagi. Kita bisa mengalami kematian mendadak. Padahal tidak sedang sakit. Sungguh menyedihkan bila sampai terjadi.

Baca Juga: 15 Bahaya Merebus Air Matang

5 Bahaya Mandi Setelah Bergadang Sampai Pagi:

11. Pembekuan Darah
12. Hipertensi
13. Jantung Berdebar-Debar
14. Nyeri Jantung
15. Migrain yang Sangat Parah

Itulah berbagai dampaknya bila kita mandi setelah bergadang sampai pagi. Memang dampaknya banyak sekali dan semuanya adalah dampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, kita jangan lagi lakukan ini ya! Tidurnya yang cukup dan mandilah di waktu yang tepat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top