Connect with us
close

Virtual.co.id

Alasan Bangun Pagi itu Lebih Menyehatkan Tubuh

Uncategorized

Alasan Bangun Pagi itu Lebih Menyehatkan Tubuh

Tersimpan banyak manfaat bangun pagi untuk tubuh, itulah mengapa kita selalu dianjurkan orang tua untuk selalu bangun di pagi hari. Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan hal yang tidak mudah, apalagi jika tidurnya larut malam. Namun, sebagian lagi sudah terbiasa dan melakukan banyak kegiatan setelah tidur.

Biasanya orang yang terbiasa bangun pagi atau subuh mempunyai tubuh lebih sehat dibandingkan seseorang yang bangun siang. Hal ini karena tubuh organ-organ tubuh khususnya paru-paru bekerja dengan aktif. Sehingga jika kita imbangi dengan olah pernapasan, tubuh akan mempunyai cukup energi untk beraktivitas.

Masih banyak lagi alasan mengapa bangun pagi lebih menyehatkan tubuh. Menurut Dr. Joeng Huber dari Konferensi Kesehatan Dunia pada tahun 2011 mengatakan bahwa bangung lebih pagi dapat membuat perasan menjadi tenang, nyaman dan bahagia. Hal ini juga membuat kesehatan fisik terjaga dengan baik, bugar dan menyenangkan.

Jam bangun pagi yang sehat adalah waktu subuh dan sebelum pukul 06.00. Nah, berikut manfaat bagung pagi yang akan kamu peroleh jika dilaksanakan setiap hari. Simak yuk ulasannya!

Alasan mengapa bangun pagi lebih menyehatkan tubuh

Inilah beberapa manfaat bangun pagi yang bisa kamu rasakan pada tubuhmu :

Tubuh lebih santai atau rileks
Tujuan bangun pagi yang pertama adalah membuat tubuh lebih rileks. Bangun pagi dapat membuat otot-otot tubuh mengelami peregangan dengan lebih baik. Kondisi ini dapat memberikan semangat fisik dalam melakukan semua kegiatan sepanjang hari. Dengan begitu, tubuhmu siap mengemban tugas dan pekerjaan dimanapun berada.

Loading...

Perasan menjadi bahagia dan tenang
Membuat perasan menjadi tenang dan bahagia merupakan manfaat bangun pagi yang bisa kemu petik, asal dilaksanakan setiap hari. Udara pagi hari yang segar akan meningkatkan pasokan oksigen ke otak. Sehingga, otak sehat dan bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu dan membuat perasan lebih tenang dan senang. Selain itu, juga membantumu agar selalu berpikir positif seharian.

Melatih disiplin
Alasan bangun pagi lebih menyehatkan tubuh yakni melatih kedisiplinan dan menjaga kesehatan mental kamu. Jika bangun pagi setiap hari kamu akan bisa mengerjakan segala sesuatu dengan baik tanpa dikejar oleh waktu. Pikiranmu tidak terpaksa karena waktu yang sempit. Kamu akan lebih santai dalam menyiapkan makanan, pakaian, peralatan sekolah atau pekerjaan.

Bisa olahraga dan mempunyai waktu luang
Salah satu manfaat bangun pagi yakni tubuh sehat dan semangat. Ketika kamu bangun lebih pagi, berarti ada waktu luang untuk berolahraga, beribadah atau melakukan hal lainnya. Olahragalah minimal 30 menit mampu mengeluarkan racun dan membakar lemak dalam tubuh.

Disamping itu olahraga membantu meningkatkan peredaran darah diseluruh tubuh. Jika aliran darah lancar, tubuh tidak mudah lelah, mengantuk dan terhindar dari tekanan darah tinggi maupun serangan jantung dan stroke.

baca juga : Inilah Penjelasannya Mengapa Bangun Subuh Bisa Mencegah Stroke

Membuat tubuh lebih langsing
Langsung merupakan tujuan bangun pagi dan itu disukai banyak orang. Para ahli di negara Inggris, menyarankan agar setiap orang bangun dan beraktivitas lebih pagi setiap hari. Menurut penelitian mereka yang terbiasa bangun pagi mempunyai bentu tubuh yang ramping, lebih bahagia dan sehat daripada mereka yang terbiasa bangun siang.

Peneliti di Universitas Roehampton Inggris mengungkapkan bangun pagi juga mempunyai manfaat lainnya seperti, datang tepat waktu, menyiapkan semua keperluan lebih awal dan dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan lebih cepat.

Setelah mengetahui alasan mengapa bangun pagi lebih menyehatkan, masih tidak mau bangun lebih pagi? Mulai sekarang, jangan lewatkan manfaat bangun pagi yang sebenarnya mudah kamu capai. Yuk, biasakan diri untuk hidup sehat!

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top