Connect with us
close

Virtual.co.id

Manfaat Dan Fungsi Softlens Mata Untuk Kesehatan

Uncategorized

Manfaat Dan Fungsi Softlens Mata Untuk Kesehatan

Semakin hari, jumlah pengguna softlens semakin banyak peminatnya. Salah satu alasan untuk memakainya yaitu untuk tampil lebih menarik dan memberikan kesan yang berbeda pada penampilan juga memberikan kenyamanan saat beraktivitas dibandingkan dengan memakai kacamata. Selain itu harganya juga semakin terjangkau dengan berbagai pilihan warna-warninya yang membuat softlens semakin banyak pemakainya. Banyak orang yang ingin mengetahui tentang dampak positif dan negatif memakai softlens, agar mereka sebelum memakainya mengetahui dampak yang ditimbulkan.

Berdasarkan fungsinya, softlens atau lensa kotak dapat dibedakan menjadi dua, yaitu vision use untuk alat bantu penglihatan dan cosmetic use yang ditujukan untuk mempercantik diri. Vision use dipakai bagi pengguna softlens yang memang benar-benar mempunyai gangguan refraksi pada mata. Kebanyakan yang memakainya adalah mereka-mereka yang mempunyai mata minus.

Dokter mata memang menyarankan menggunakan softlens bagi orang yang mempunyai mata minus yang berbeda antara mata yang sebelah kiri dan sebelah kanan. Misalnya, mata yang sebelah kiri minus satu dan yang kanan minus tujuh. Dalam hal seperti ini kacamata tidak bisa membantu karena pastinya kaca yang digunakan dimata sebelah kiri sangat tebal dan sebelah kanan tipis, ini membuat orang yang mengalami gangguan mata seperti itu akan merasakan penglihatan yang tidak nyaman dan bisa memberikan efek pusing pada saat menggunakannya. Terkadang juga mengakibatkan penglihatan akan semakin kabur.

 
Manfaat Dan Fungsi Softlens Mata Untuk Kesehatan
 
Sedangkan cosmetic use yang ditujukan untuk mempercantik diri adalah softlens yang mempunyai bermacam-macam warna seperti coklat, biru, hijau, ungu dan sebagainya. Selain itu juga mempunyai bermacam-macam gambar yang lucu dan unik-unik. Biasanya orang menggunakan softlens karena tertarik dengan warna dan gambarnya. Misalnya, jika ingin menggunakan baju warna biru maka juga memakai softlensyang berwarna biru sehingga lebih kelihatan modis dan tampil cantik Cosmetic use di desain untuk merubah penampilan mata. Lensa ini juga bisa mengkoreksi penglihatan. Tetapi sering terjadi resiko penglihatan kabur dan terjadi gangguan pada mata. Ini dikarenakan hasil dari warna dan desainnya. USA Food and Drug Administration mengatakan bahwa, cosmetic use juga disebut dengan decorative contact lense (lensa kontak hias) yang tidak memperbaiki mata dengan baik.

Baca Juga : Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur

Dalam penggunaan softlens harus banyak memperhatikan beberapa hal terutama dalam kebersihan, Apabila softlens mengandung banyak bakteri ataupun debu dapat mengakibatkan mata anda menjadi infeksi. Untuk itu kerugian dalam menggunakan softlens adalah penggunaanya harus memakan banyak waktu dalam perawatan agar mata anda tetap sehat.

Loading...

Semoga artikel tentang Manfaat Dan Fungsi Softlens Mata Untuk Kesehatan ini dapat menambah wawasan kita semua.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top